Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Peluang Bisnis Di Masa Resesi Yang Potensial Menghasilkan Cuan!

Dutamanis.com - Tahun 2023 sudah diwanti-wanti sebagai tahun resesi global. Meskipun demikian, Indonesia masih tergolong stabil dalam menghadapi resesi ekonomi mendatang. Lalu, apakah ada peluang bisnis di masa resesi yang bisa Anda lakukan. Dengan memanfaatkan peluang-peluang bisnis di bawah ini, Anda mungkin bisa mendapatkan penghasilan yang stabil.

Apa itu resesi?

Resesi ekonomi secara simpel bisa diartikan sebagai perekonomian negara yang sedang memburuk. Kondisi memburuk ini ditandai dengan Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, atau pertumbuhan ekonomi riil bernilai minus selama dua kuartal berturut-turut.

Peluang Bisnis Di Masa Resesi


Resesi memberikan dampak yang besar terhadap suatu negara. Dampak resesi diantaranya:

  • a. Terjadinya pemutusan hubungan kerja secara masif sehingga sektor iil menjadi tertahan kapasitas produksinya. Bahkan beberapa perusahaan menjadi bangkrut dan tidak sanggup beroperasi lagi.
  • b. Instrumen investasi akan mengalami penurunan sehingga investor akan menempatkan dananya pada jenis investasi yang aman.
  • c. Daya beli yang semakin menurun pasti karena dampak ekonomi yang semakin sulit. Masyarakat menjadi lebih fokus untuk menggunakan uangnya untuk memenuhi kebutuhan primernya terlebih dahulu.

5 Peluang Bisnis yang Cocok saat Masa Resesi

Dalam menghadapi resesi tahun depan, kita sebagai masyarakat Indonesia tidak boleh pasrah begitu saja. Karena ada beberapa peluang bisnis di masa resesi yang bisa Anda lakukan.

1. Bisnis produk digital

Bisnis yang sanggup bertahan di arus resesi 2023 adalah menjual produk digital atau bisnis online. Produk digital adalah produk yang memiliki bentuk digital.

Beberapa orang juga mengartikan bahwa produk digital adalah produk yang tidak memiliki wujud fisik dan dijual secara online. 

Misalnya saja produk digital yang paling dikenal oleh masyarakat umum adalah Google. Google tidak memiliki wujud fisik, namun masih tetap bernilai. Bisa dikatakan, aplikasi atau perangkat lunak adalah produk digital. Artinya orang-orang kini telah menggunakan produk digital.

Atau Anda bisa menjual hasil karya foto atau video kamu melalui beberapa website berbayar yang mau mendistribusikan karyamu di pasar digital. Misalnya, Shutterstock, Fotolia, dan Opensea.

2. Bisnis makanan dan minuman

Peluang bisnis yang satu ini sudah jelas akan bertahan di masa resesi nanti. Karena makan dan minum adalah kebutuhan dasar semua manusia.

Meskipun sedang dalam kondisi berhemat, biasanya setiap orang tetap memiliki keinginan jajan. Artinya bisnis makanan-makanan yang sedang trending akan selalu memiliki pasarnya sendiri.

Sebuah nilai plus, apabila Anda bisa menciptakan menu baru yang kreatif. Makanan kekinian yang selalu diburu orang-orang biasanya adalah makanan khas korea, roti bakar, sate, olahan mie, hingga rice bowl.

Minuman juga tidak bisa diremehkan pangsa pasarnya. Minuman seperti boba, kopi, dan susu sangat diminati oleh kaum-kaum muda. Jika Anda kesulitan untuk memulai bisnis dari awal, Anda bisa mengajukan kerja sama sebagai mitra kepada merek-merek yang sudah ada.

3. Bisnis Affiliate

Affiliate sekarang sudah menjadi kata yang tidak asing bagi para pengguna media sosial. Misalnya saja Shopee affiliate, Tokopedia affiliate, dan TikTok affiliate. Para affiliate akan mendapatkan komisi dari barang-barang yang terjual di platform tersebut.

Anda hanya perlu ponsel dan kreativitas untuk bisa menjadi seorang affiliate. Anda bisa mengajak orang lain untuk berbelanja melalui tautan yang Anda bagikan. Dengan begitu, Anda bisa meraup cuan dari komisi penjualan barang.

Karena modalnya yang sedikit, affiliate bisa menjadi alternatif solusi dalam menghadapi masa resesi nanti. Ini cocok untuk kalian yang ingin jualan online tapi tidak punya modal.

4. Pertanian dan budidaya

Peluang bisnis di masa resesi selanjutnya adalah bisnis di bidang hortikultura dan budidaya hewan. Misalnya saja seperti usaha budidaya ikan hias, ternak ayam, ternak ikan, hingga menjual hewan pakan burung seperti jangkrik dan sebagainya.

Anda juga bisa mencoba budidaya sayuran hidroponik dan tanaman hias yang sanggup menghasilkan cuan dalam jangka panjang. 

Jika Anda memiliki pekarangan yang cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kandang ayam. Harga anakan ayam potong dan petelur sangat murah. Anakan ayam bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 5 ribuan per ekor.

Harga pakan ayam juga terjangkau dan tergolong mudah untuk ditemukan di pasaran. Dalam kurun waktu 6-8 bulan, biasanya ayam sudah bertelur dan sudah siap untuk dijual.

Untuk ayam pedaging lebih cepat lagi, ayam jenis ini bisa dijual pada umur 30-35 hari karena pertumbuhannya yang sangat cepat. Dengan begitu, Anda bisa menjadi supplier untuk bisnis kuliner lain.

5. Warung kopi

Siapa yang tidak menyangka bahwa warung kopi adalah sebuah bisnis yang menjanjikan. Hampir di setiap sudut kota Anda bisa menemukan warung kopi yang terisi oleh orang-orang. Hal ini tak lain karena orang Indonesia yang memang hobi untuk bersantai dan bercengkrama selagi menikmati kopi hitam yang hangat. 

Bisnis warung kopi sederhana dengan modal yang kecil tapi tetap bisa menghasilkan uang yang lebih banyak. Anda bisa lakukan atau membuka usaha kecil-kecilan warung kopi sebagai alternatif untuk Anda, agar tetap bisa menghasilkan cuan di masa resesi.

Demikian mengenai peluang bisnis di masa resesi yang bisa Anda terapkan. Setiap peluang memiliki potensi keuntungannya sendiri-sendiri. Jadi, pilihlah peluang bisnis yang sesuai dengan minat dan modal Anda. Jalankan dengan konsisten dan semoga berhasil.