Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kiat Sukses Usaha Coffee Shop Dari Nol

Usaha Coffe Shop kian hari kian menjamur, karena saat ini kopi sudah menjadi bagian gaya hidup manusia milenial dengan aktifitas yang sangat padat. Dimana dengan meminum secangkir kopi terbukti dapat membantu meningkatkan konsentrasi dalam bekerja. Sehingga sangat wajar kalau banyak yang melihat potensi bisnis dari usaha coffe shop ini.

Namun bagi sahabat yang masih pemula,  tentu tidak mudah untuk membangun usaha coffee shop yang sukses dari nol, karena minimnya pengalaman serta pengetahuan tentang bagaimana cara membangun usaha coffee shop yang sukses ini.

Namun juga, bukan suatu hal yang musatahil untuk bisa sukses dari bisnis coffee shop, karena semua bisa dipelajari asalkan mau bekerja keras dalam menjalankannya.

Dan untuk itulah pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi beberapa kiat sukses usaha coffee shop dari nol, semoga bisa memberikan inspirasi buat semua yang mebaca artikel ini.

Kiat Sukses Usaha Coffee Shop Dari Nol

1. Desain Coffe Shop Yang Menarik

Membuka Usaha coffee shop lebih dari sekedar hanya menjual kopi saja, melainkan juga sebuah jasa, memberikan tempat yang nyaman dan enak buat santai, dengan teman ataupun rekan kerja.

Untuk itu, jika ingin sukses dalam usaha coffee shop, sahabat harus benar-benar memperhatikan desain coffee shop milik sahabat, agar bisa memberikan rasa nyaman buat para pengunjung yang datang, sehingga mereka merasa puas, dan bakalan menjadi pelanggan di coffee shop sahabat.

Pastikan juga, desain coffe shop milik sahabat sangat instagramable, yang tidak hanya memberikan tempat yang asik buat nongkrong, melainkan juga tempat yang enak sebagai ajang photo untuk di posting di instagram. Sehingga secara tidak langsung coffee shop sahabat ikut di promosikan oleh custumer.

2. Sajian Kopi Yang Memiliki Citra Khas

Karena bisnis coffee shop ini memiliki cukup banyak pesaing. Maka jika sahabat ingin sukses dalam menjalankan bisnis ini, sahabat harus memiliki sajian kopi yang memiliki citra khas yang tidak bisa ditemukan di coffee shop lainnya.

Citra khas yang yang saya maksud bisa dari cara pengolahnnya, ataupun dari biji kopinya, pastikan sahabat bisa meracik dan mengolah kopi yang benar - benar akan menjadi ciri khas bisnis coffee shop sahabat.

Untuk itu, jika sahabat belum bisa mengolah dan meracik kopi, sahabat bisa belajar lebih dahulu baik secara otodidak ataupun dengan mengikuti workshop dan pelatihan menjadi seorang pengusaha coffee shop yang handal.

Ini, sangat penting lho. Karena dalam suatu bisnis, tanpa citra khas yang kuat maka tentu akan sangat sulit bersaing dengan usaha serupa yang mungkin sudah lebih dahulu ada dan sudah memiliki konsumen tetap yang loyal.

3. Buat Menu Yang Variatif

Setiap orang yang datang ke coffee shop, tentu mereka datang tidak hanya untuk sekedar ngopi saja, banyak juga konsumen yang datang untuk makan dan juga nyemil makanan makanan ringan sambil menyeruput kopi.

Untuk itulah, sahabat harus bisa menyediakan menu yang variatif, sehingga konsumen punya banyak pilihan menu, yang tentu akan membuat mereka nyaman.

Ada banyak sekali reperensi untuk membuat menu yang variatif yang bisa sahabat dapatkan dari youtube dan juga google, atau bisa juga dengan melakukan survei secara langsung ke coffee shop yang ada di daerah sahabat.

4. Pelayanan Ramah Dan Cepat Dalam Penyajian

Selanjutnya sahabat juga harus bisa memberikan pelayanan yang super ramah kepada semua konsumen yang datang, karena tidak sedikit konsumen yang enggan datang kembali jika mereka merasa pelayanan di suatu cafe itu tidak ramah.

Dan pastikan juga agar penyajian kopi dan makanan yang di pesan oleh konsumen bisa disajikan dalam waktu yang tidak terlalu lama, agar para konsumen tidka cepat bosan menunggu, yang bisa memberikan citra buruk  kepada usaha coffee shop sahabat.

Saya pribadi, paling tidak senang dengan penyajian yang sangat lambat dan pelayanan yang tidak ramah, dan saya cenderung enggan untuk datang lagi ke suatu tempat yang memiliki pelayanan yang buruk. Dan saya yakin, diluaran sana juga banyak orang- orang yang seperti saya. Karena konsumen adalah raja.

5. Berikan Fasilitas Tambahan

Fasilitas tambahan ini berguna untuk membuat konsumen betah bersantai dan merasa sedang berada di rumah sendiri, sehingga memberikan "ikatan" yang membekas dihati para konsumen.

Fasilitasnya bisa berupa apa saja, contohnya seperti area bermain untuk anak-anak, fasilitas karauke gratis, wifi gratis, atau sahabat juga menyediakan permainan seperti catur dan juga kartu domino sebagai hiburan buat para pelanggan.

Demikianlah kiat sukses usaha coffee shop yang bisa saya bagikan, baca juga artikel saya yang lainnya : Usaha yang cocok untuk anak muda