6 Langkah Mudah Bisnis Clothing Brand Sendiri

Tertarik dengan bisnis clothing brand sendiri tapi bingung hendak memulai dari mana? tenang aja, di artikel ini sudah saya siapkan 6 langkah mudah bisnis clothing brand sendiri yang bisa sahabat terapkan jika nanti sahabat memulai bisnis cloting brand sendiri di rumah atupun langsung membuka toko.

Karena walaupun usaha ini tergolong usaha yang potensial, namun bukan berarti sahabat memulainya dengan buru buru dan asal jadi, yang bisa mengakibatkan keuntungan yang sahabat dapatkan nantinya kurang makismal.

Karena segala sesuatu yang dimulai dengan asal-asalan pastilah hasilnya tidak terlalu bagus dan cukup sulit untuk bisa menjadi bisnis yang bisa bersaing dengan bisnis serupa dan juga market leader yang sudah lebih dahulu menguasai pasar.

Bagimana langkah mudah bisnis clotihing brand sendiri tersebut? yuk kita simak ulasannya di bawah ini:

6 Langkah Mudah Bisnis Clothing Brand Sendiri

bisnis clothing brand sendiri

1. Siapkan Nama Brand Dan Logo

Untuk memulai usaha baju dengan brand sendiri, maka langkah paling awal yang harus sahabat siapkan adalah nama brand berserta logonya yang merupakan senjata utama yang akan sahabat gunakan nantinya dan yang akan menjadi identitas dari pakaian yang sahabat pasarkan.

Pilihlah nama brand yang bagus dan memiliki filosopi yang baik yang diharapkan akan menular kepada usaha sahabat nantinya, dan buatlah logo yang sesuai yang menggambarkan dari nama brand sahabat.

Jika sahabat tidak bisa membuat sendiri, jangan ragu untuk menggunakan jasa pembuatan logo dan brand yang berkualitas, karena ini akan menjadi aset utama yang tidak bisa dibuat dengan sembarangan.

Terutama terkait originalitas dan juga hak penggunaan yang jika tidak hati hati bisa terkena claim hak cipta dari roang lain, seperti yang pernah terjadi kepada beberapa brand besar yang ada di indonesia.

2. Lakukan Riset Produk Yang Hendak Di Jual

Langkah ke 2 adalah sahabat harus melakukan riset produk yang hendak sahabat jual, apakah mau fokus menjual kaos, hoody, celana dan lainya. Karena untuk pemula sangat tidak disarankan untuk menjual beraneka ragam produk sekaligus, karena modal yang di perlukan akan cukup besar nantinya.

Namun lebih baik sahabat fokus terhadap 1 atau item produk saja, jika nanti usaha sahabat sudah berkembang, baru sahabat berfikir untuk menjual produk produk lain yang masih dalam kategori yang sama.

Untuk itulah, sahabat harus melakukan riset produk sendiri secara langsung, produk apa yang lebih banyak disukai di daerah sahabat, sehingga sahabat nanti bisa menjualnya secara langsung.

3. Cari Supplier Yang Tepat 

Langkah selanjutnya sahabat harus mencari supplier yang tepat yang bisa memenuhi segala kebutuhan bisnis clothing sahabat dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.

Biasanya dalam langkah ini akan membutuhkan waktu yang cukup sulit dan panjang, karena untuk mencari supplier yang tepat itu tidaklah mudah, apalagi jika sahabat tinggal di luar pulau jawa yang mana sangat sedikit sekali adanya konveksi ataupun pabrik garmen yang bisa menyuplai pakain berkualitas dengan harga murah.

Untuk itu sahabat harus rela melauangkan waktu dan biaya lebih untuk blusukan hingga keluar daerah, agar bisa mendapatkan supplier yang tepat. yang sesuai dengan standar dari bisnsi clothing milik sahabat.

4.Buat Konsep Bisnis Dan Strategi Pemasaran

Didalam dunia bisnis tidak ada yang namanya menerka nereka semata, melainkan semua harus terkonsep dan tercatat dengan baik tentang bagaimana sahabat menjalankan bisnis dan strategi pemasaran apa yang sahabat gunakan.

Ini berfungsi untuk mempermudah sahabat dalam melakukan evaluasi setiap bulannya, apakah kosep dan strategi yang sahabat gunakan sudah tepat atau belum.

Konsep bisnis ini juga berguna sebagai panduan bagi sahabat dalam menjalankan bisnis nantinya, agar bisnsi yang sahabat jalankan tidak keluar jalur dari yang sudah di rencanakan di awal.

5. Buat Desain Yang Menarik Dan Kekinian

Dalam dunia clothing desain yang menarik dan selalu kekinian adalah hal utama yang harus sahabat perhatikan, karena umumnya setiap orang selalu mengikuti tren yang sedang terjadi di masyarakat dan tidak ingin ke tinggalan jaman.

Jadi sebagai pelaku bisnis clothing brand sendiri, jangan sampai sahabat membuat desain yang sudah dianggap ketinggalan jaman oleh masyarakat  yang membuat mereka tidak tertarik untuk membeli dan juga menimbulkan kesan yang negatif.

Untuk itu, sahabat harus selalu update desain desain menarik dan kekinian dari seluruh penjuru dunia, agar bisnis sahabat tidak ketinggalan jaman.

6. Promosi, Promosi Dan Promosi

Jangan malu untuk mempromosikan bisnis clothing sahabat, karena ujung tombak dari penjualan itu adalah promosi. Tanpa promosi maka bisnis sahabat akan sulit untuk di kenal oleh masyarakat dan tentunya akan sulit berkembang dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Untuk itulah buat jadwal promosi secara berkala baik melalui media sosial maupun dengan mengikuti bazar dan promosi secara langsung ke konsumen.

Demikianlah 6 langkah mudah bisnis clothing brand sendiri, semoga bermanfaat untuk sahabat semua. Baca juga : Usaha cuci motor sederhana