Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menabung Untuk Menikah Dengan Gaji 1 Juta

Menabung untuk menikah memang tidaklah mudah, apalagi jika sahabat hanya memiliki gaji 1 juta perbulan. Tapi juga tidaklah begitu sulit kalau sahabat tau cara menabung untuk menikah yang efektif meskipun hanya dengan gaji 1 juta saja setiap bulannya.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tentang cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta. Dengan harapan agar sahabat tetap semangat dan tidak berkecil hati dalam menabung.

Karena segala sesuatu jika dilakukan dengan benar maka tentu akan berhasil, apalagi jika sesuatu tersebut bernilai ibadah, maka tentu Tuhan akan menunjukan jalan yang terbaik untuk kita semua.

Penasaran dengan cara menabung untuk menikah ala dutamanis.com. yuk simak ulasannya dibawah ini :

Cara Menabung Untuk Menikah Dengan Gaji 1 Juta

cara menabung untuk menikah

1.Ketahui Dahulu Jumlah Dana Menikah Yang Dibutuhkan

Kebutuhan dana menikah setiap orang itu berbeda-beda, tergantung dari status sosial kedua mempelai dan keluarganya, serta pengaruh dari adat dan tradisi dimana tempat mereka tinggal.

Sehingga, jika memang sahabat mau menabung buat menikah, pastikan sahabat sudah mengetahui perkiraan uang yang dibutuhkan untuk menikah tersebut, dimulai dari uang jujuran, uang untuk akad, uang resepesi pernikahan dan segala perlengkapannya.

Setelah sahabat ketahui dengan pasti, maka baru nanti sahabat bisa mulai menabung dan menyiapkan danan tersebut.

2. Buat Target Menabung

Setelah sahabat mengetahui dengan pasti jumlah uang yang dibutuhkan buat menikah. Maka selanjutnya sahabat harus membuat target berapa lama dana tersebut harus tekumpul, baik itu 1 tahun, 2 tahun, atau 3 tahun.

Semisal dana nikah yang diperlukan adalah sebesar Rp.30.000.000. Maka jika target menikah sahabat adalah 3 tahun, maka setiap bulannya sahabat harus menabung sebesar Rp.835.000.

Jadi jika gaji sahabat 1 juta perbulan, maka sahabat harus bisa bertahan dengan uang Rp.1000.000 - Rp.835.000 = Rp.165.000 setiap bulannya untuk bisa menyambung hidup agar dana buat nikah tersebut cepat terkumpul.

Tapi emang cukup uang segitu untuk satu bulan?

Ya untuk ukuran orang lajang saya rasa cukup-cukup aja sih, apalagi jika sahabat masih tinggal dengan orang tua. Jika tidak, maka sahabat harus mencari penghasilan tambahan dengan cara kerja sampingan untuk bisa memenuhi kebutuhan lainnya.

3. Buat Rekening Khusus Buat Tabungan Nikah

Sudah sifat dasar manusia yang seslalu ingin membelanjakan uang mereka, jika uang tersebut masih ada di tangan ataupun di atm. Untuk itu, buat sahabat yang ingin sukses menabung buat nikah, maka buatlah rekening tabungan khusus buat menikah, agar sahabat tidak bisa membelanjakan uang tersebut.

Atau bisa juga sahabat menabung uang tersebut kepada orang tua sahabat yang tentu lebih berpengalaman dalam mengelola uang, sehingga program yang sudah sahabat rencanakan bisa berjalan dengan lancar.

Jika tidak demikian, maka saya rasa sangat sulit buat sahabat buat mengumpulkan dana menikah tersebut, karena dan gaji yang terbatas.

4. Cari Pekerjaan Sampingan

Jika sahabat ingin dana tabungan menikah sahabat cepat tercapai, maka dengan gaji segitu, mau tidak mau sahabat harus mencari pekerjaan sampingan.

Tapi kerja apa ya?

Banyak koq sob pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan. Apalagi dijaman sekarang yang sudah bisa serba online ini, ada banyak pekerjaan sampingan dengan hasil yang memuaskan yang bisa sahabat coba.

Seperti yang sudah pernah saya bahas pada artikel saya sebelumnya tentang bisnis online terbaik dan kerja sampingan malam hari

5. Sabar Dan Komitmen

Yang paling menentukan kesuksesan dalam menabung adalah sabar dan punya komitmen yang tinggi untuk menggapai impian tersebut. Jika tidak demikian apapun yang sahabat lakukan tidak akan pernah berhasil.

Apalagi jika gaji yang kita miliki terbilang terbatas, maka bersabar untuk menahan keinginan keingan lain itu terasa sangat menyiksa dan memberatkan, jika tidak dilakukan dengan penuh kesabaran dan komitmen.

Namun jika sahabat sudah berkomitmen, maka rasa ikhlas akan timbul, dan semua akan berjalan tanpa beban dan menabungpun akan terasa ringan.

6. Berdoa Dan Tawakkal Kepada Allah

Sekuat apapun kita berusaha, jika Allah tidak mengijinkan maka semua tidak akan pernah terjadi. Untuk itu dalam hal apapun termasuk menabung ini, jangan lupa untuk berdoa dan bertawakkal kepada ALLAH.

Maka Insya ALLAH semua akan di permudah, dan sahabat akan menjalaninya dengan penuh semangat dan tanpa terasa semua sudah tercapai.

Itulah yang juga saya rasakan dulu, dengan bertawakkal kepada ALLAH, semua terasa ringan dan akan ada jalan keluar dari setiap yang kita kerjakan.