Cara Mendisiplinkan Anak Di Sekolah

Cara mendisiplinkan anak di sekolah adalah kemampuan yang wajib di kuasai oleh para guru dalam mendidik anak anak di sekolah, mengingat para siswa yang ada di sekolah datang dari berbagai macam latar belakang dan juga memiliki karakter yang berbeda beda.

Untuk itu, para guru wajib untuk menguasai cara tepat mendisiplinkan anak di sekolah agar tidak terjadi tindakan yang diluar batas dari para siswa dan mereka juga bisa menjadi siswa siswi yang terbiasa disiplin dan taat dan patuh terhadap segala peraturan yang di terapkan di sekolah.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi cara mendisiplinkan anak di sekolah, yang semoga bisa menjadi inspirasi untuk mendidik para sisiwa di tempat bapak dan ibu guru mengajar.

Yuk langsung saja kita simak ulasannya :

Cara Mendisiplinkan Anak DI Sekolah

Cara Mendisiplinkan Anak Di Sekolah

1. Kenali Karakter Anak Didik Anda

Berbicara mendisiplinkan anak di sekolah, maka para bapak dan ibu guru wajib mengetahui karakter dari setiap anak didik anda, agar nantinya anda bisa memberikan cara yang tepat dalam mendidik kedisiplinan terhadap mereka sesuai dengan karakter masing masing.

Karena setiap anak itu biasanya memiliki karakter yang berbeda beda dan berbeda cara mendidikanya pula, contohnya ada anak yang justru semakin memberontak jika di didik dengan keras, dan juga ada anak yang memang harus di didik dengan sedikit keras agar bisa disipilin.

Jadi, sangat penting untuk bapak dan ibu guru mengetahui karakter dari anak didik anda, agar anda bisa memberikan porsi yang tepat dalam mendidik para murid di sekolah.

2. Melibatkan Orang Tua Murid

Agar tidak terjadi kesalah pahaman dengan orang tua murid, maka setiap rangkaian kegiatan baik yang berisifat hukuman dan semacamnya bapak dan ibu guru bisa melibatkan ataupun menjalin komunikasi dengan para orang tua murid. 

Dengan cara ini juga bapak dan ibu guru bisa mengenal karakter murid jauh lebih dalam dari orang tua mereka langsung, sehingga bisa leibh mudah dalam menggunakan cara yang tepat untuk mendisiplinkan mereka.

Untuk itu, undanglah para orang tua kesekolah untuk mengadakan diskusi bersama agar bisa menanamkan disipilin terhadap seluruh peserta didik di sekolah.

3. Terapkan Tata Tertib Sekolah Secara Konsisten

Yang paling penting untuk mendidik anak di sekolah menjadi disiplin adalah sebuah konsistensi dalam menerapkan dan mentaati tata tertib yang ada disekolah. Sehingga lambat laun para siswa bisa terbiasa dan menyesuaikan diri dengan segala tata tertib yang ada.

Jangan sampai, tata tertib disekolah tidak di jalankan secara konsisten yang bisa mengakibatkan para siswa menganggap enteng setiap pelanggaran disiplin yang mereka lakukan disekolah.

Untuk itulah, buat secara tertulis sega tata tertib di sekolah, kemudian sosilisasikan kepada mereka dan terapkan terhadap keseharian mereka di sekolah.

4. Berikan Hukuman Yang Mendidik

Setiap tata tertib akan menjadi percuma jika ada individu yang melanggar namun tidak di berikan hukuman. Tanpa ada hukuman juga akan membuat setiap sisiwa merasa enteng dalam berbuat kesalahan dan melakukan indisipliner.

Untuk itu, jika ada siswa yang melanggar disiplin maka harus di berikan hukuman yang mendidik yang sesuai porsinya, misalnya dengan cara menghukum untuk membersihkan wc selala 1 bulan, memotong rambutnya dan hukuman lain yang tidak mengandung unsur kekerasan namun membuat mereka jera.

5. Memberikan Reward Kepada Sisiwa Yang Paling Disiplin

Buatlah semacam kompetisi untuk menjadi sisiwa yang paling di siplin dalam setiap periode dan berikan reward kepada mereka yang tidak pernah melakukan pelangaran disiplin selama periode tersebut.

Cara semacam ini untuk merangsang dan memotivasi para siswa untuk taat dan disiplin terhadap segala peraturan sekolah dan unntuk membiasakan diri terhadap mereka. dimana lama kelamaan tanpa adanya reward dan semacamnya mereka akan terbiasa dengan sendirinya.

6. Bersikip Tegas Dan Beriwibawa

Sikap yang tegas dan berwibawa akan membuat para siswa sungkan dan akan mendengarkan segala nasihat yang bapak dan ibu guru berikan setiap hari. Sebaliknya jika bapa dan ibu guru terlalu santai dalam mendidik para siswa akan membuat mereka sedikit "melunjak" dan terkadang menggangap remeh apa yang bapak dan ibu guru katakan.

Untuk itu sangat penting untuk bapak dan ibu guru bersikap tegas dan berwibawa di dalam mendidik anak anak di sekolah baik di waktu jam pelajaran sekolah maupun di luar jam pelajaran selama di lingkungan sekolah.

7. Jelaskan Pentingnya Disiplin Dalam Kesuksesan Hidup

Selanjutnya para sisiwa juga harus di beri pemahaman bahwa disiplin adalah kunci dari kesuksesan di dalam kehidupan baik itu didalam karir juga di dalam kehidupan sehari hari, karena tanpa adanya disiplin semua hal yang dilakukan akan menjadi berantakan dan sia sia belaka.

Pemahaman semacam ini harus sering kali diberikan kepada siswa agar mereka bisa menyadari akan pentingnya disiplin didalam hidup, sehingga sedikit demi sedikit mereka mau belajar disiplin dengan baik.

Demikianlah cara mendisiplinkan anak di sekolah, semoga bisa bermanfaat dan memberikan sedikit inspirasi.