Contoh Skala Prioritas Kebutuhan Sehari Hari

Contoh skala prioritas kebutuhan sehari hari ini wajib di ketahui oleh sahabat yang ingin bisa mengatur keuangan dengan baik, mengingat kebutuhan dan keinginan manusia tiada terbatas namun kemampuan dari setiap individu berbeda beda. Jadi mengatur skala prioritas kebutuhan sehari hari adalah suatu hal yang bisa membuat sahabat menjadi lebih bijak dalam menggunakan uang yang sahabat miliki nantinya.

Terutama buat sahabat yang mungkin memiliki income ataupun pendapatan bulanan yang sangat terbatas, maka contoh skala prioritas kebutuhan sehari hari ini akan sangat membantu sahabat dalam mengalokasikan uang yang sahabat dapatkan untuk hal hal yang memang benar benar sahabat butuhkan dan bukan sekedar keinganan semata.

Atau bagi sahabat yang masih berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa, mengetahui sekala prioritas ini juga sangat penting, agar bisa memanage pengeluaran dengan baik mengingat kalian belum memiliki sumber penghasilan sendiri namun cukup banyak pengeluaran yang kalian butuhkan. Apalagi jika kalin kuliah di luar kota, tentu akan sangat baik untuk mempraktekkan contoh skala prioritas kebutuhan sehari hari ini.

Jadi mari kita langsung masuk ke pembahasan kita kali ini:

Contoh Skala Prioritas Kebutuhan Sehari Hari

Contoh Skala Prioritas Kebutuhan Sehari Hari

1. Belanja Sembako

Sembako adalah prioritas utama dalam setiap kehidupan manusia, karena sembako merupakan kebutuhan yang harus selalu tersedia agar manusia bisa bertahan hidup dan bisa memenuhi segala kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik.

Untuk itu, belanja sembako ini sebaiknya selalu menjadi yang utama dan jangan pernah di kesampingkan, yang bisa membuat keuangan sahabat menjadi kacau, karena harus berhutang untuk membeli sembako.

Maka sebaiknya setiap ada uang maka utamakan membeli sembako lebih dahulu, jika sembako sudah terpenuhi barulah sahabat untuk memenuhi kebutuhan hidup yang lain

2. Tagihan Listrik Dan Air

Tagihan listrik dan air juga merupakan skala prioritas utama dalam kehidupan manusia moderen, karena tanpa listrik dan air maka tidak bisa menjalankan kehidupan sebagaimana mestinya, karena hampir semua alat kini sangat ketergantungan dengan listrik dan untuk mendapatkan airpun membutuhkan listrik juga.

Kecuali jika sahabat tinggal di pedesaan, yang mana masih banyak sungai dan juga sumber air yang bisa dimanfaatkan, maka listrik dan air ini bisa sahabat kesampingkan dalam skala prioritas keuangan sahabat.

Namun jika sahabat tinggal di kota, maka tentu tagihan listrik dan air ini harus menjadi prioritas sebelum kebutuhan lainnya.

3. Bayar Uang Kos Atau Sewa Rumah

Bagi sahabat yang belum memiliki rumah pribadi, maka tentu yang harus menjadi prioritas bagi sahabat adalah membayar uang kos ataupun uang sewa rumah setiap bulannya, sebelum membeli kebutuhan yang tidak terlalu penting. Karena jika uang kos atau uang sewa rumah ini di kesampingkan maka nanti bisa menyebabkan sahabat sulit mendapatkan tempat tinggal dan harus mengeluarkan budget lebih untuk tempat tinggal.

Jadi, dalam setiap bulan sahabat sudah harus menyiapkan anggaran khusus untuk bayar uang kos ataupun sewa rumah, agar jangan sampai terjadi telat bayar dan juga tagihan yang berlipat lipat yang nanti akan sulit untuk di bayar.

4. Biaya Transportasi

Untuk saat ini baiya tansportasi juga merupakan salah satu skala prioritas kebutuhan sehari hari, karena untuk pergi bekerja tentulah membutuhkan transportasi apalagi jika tempat kerja sahabat jauh dari rumah. 

Selain itu, transportasi juga di perlukan untuk pergi bekerja, atau keperluan lain sehingga biaya untuk transportasi ini juga tidak bisa di elakkan, minimal untuk uang perawatan dan juga uang untuk mengisi bahan bakar setiap harinya.

5. Perlengakapan Mandi Dan Cuci Baju

Pelengkapan mandi dan cuci baju juga salah satu kebutuhan yang wajib ada, karena sebagai manusia kita bisa hanya bisa menjadi kebersihan diri dengan mandi dan mencuci pakian secara rutin yang tentu membutuhkan perlengkapannya seperti sabun, pasta gigi, deterjen dan lainnya.

Jadi, kebutuhan ini juga tidak bisa dilewatkan dan harus selalu ada, maka merupakan salah satu kebuthan yang masuk ke dalam skla prioritas kebutuhan sehari hari.

6. Biaya Pengobatan

Sebagai manusia biasa juga, ada kalanya suatu saat nanti membutuhkan biaya pengobatan karena kondisi tubuh sedang sakit. Untuk itu biaya pengobatan ini juga harus masuk kedalam skala prioritas di kehidupan sehari hari baik itu dengan cara mengikuti asuransi kesehatan atau dengan menabung sendiri di rumah.

Yang jelas, setiap bulanya, sahabat harus menyisihkan anggaran khusus untuk biaya pengobatan, sehingga pada saat di perlukan kelak, sahabat tidak gelabakan karena semua sudah disiapkan dengan baik.

7. Kebutuhan Anak

Kebutuhan anak, juga merupakan salah satu prioritas yang utama karena anak - anak, apalagi jika masih balita, kebutuhannya harus selalu ada dan tersedia misalnya seperti susu, pampers dan perlengkapan lainnya.

Selain itu sahabat juga harus memprioritaskan dana untuk pendidikan anak anak, agar mereka bisa mendapatkan pendidikan yang layak kelak haruslah di prioritaskan sedini mungkin, agar semua bisa berjalan sesuai rencana.

Demikianlah pembahasan kita pada kesempatan kali ini. baca juga artikel saya yang lain : Cara agar bisa membeli rumah di usia muda