Widget HTML #1

Cara Jadi Manajer Perusahaan Dari Nol

Berbicara tentang cara jadi manajer perusahaan dari nol sebenarnya sedikit rumit untuk di jelaskan, karena untuk jadi seorang manajer di perusahaan biasanya jalan yang di tempuh cukup terjal dan panjang karena harus menjalani beberapa proses lebih dahulu.

Proses yang saya maksud disini adalah, dari mulai kualifikasi pendidikan yang memadai, leadership yang baik, serta mampu mengoperasikan dan menjalankan perusahaan dengan baik, secara teknis maupun non teknis.

Yang membuat rumit bagi seseorang yang ingin jadi manajer adalah, biasanya perusahaan yang membuka lowongan untuk posisi seorang manajer mengharuskan mempunyai pengalaman yang sama dibidangnya minimal 3 sampai 5 tahun atau lebih. Sehingga bagi sahabat yang hanya mengandalkan ijazah saja tanpa adanya pengalaman, tentu tidak bisa langsung menjadi seorang manajer.

Untuk itu jika memang sahabat ingin menjadi manajer di perusahaan, maka mau gak mau sahabat harus merintis dari bawah dimulai menjadi seorang staf sampai sahabat memiliki kamampuan dan pengalaman yang cukup, baru setelah itu menunggu peluang untuk menjadi seorang manajer.

Jika dituliskan, berikut ini step by step yang harus sahabat siapkan untuk menjadi seorang manajer di perusahaan

Cara Jadi Manajer Perusahaan Dari Nol

Cara Jadi Manajer Perusahaan Dari Nol

1. Pendidikan Yang Memadai 

Untuk level seorang manajer, pendidikan formal sangatlah penting, karena hampir setiap perusahaan menerapkan minimal pendidikan S1 sebagai syarat menjadi seorang manajer. Bahkan jika sahabat memiliki kemampuan yang cukup, dan pantas untuk menjadi seorang manajer, kalau sahabat hanya lulusan SMA biasanya sahabat tidak akan pernah di promosikan menjadi seorang menajer.

Ini pernah terjadi pada sahabat saya sendiri, yang saat ini menjabat sebagai seorang senior supervisor di tempat saya bekerja, secara kemampuan dia sangat mempuni dan mampu memimpin perusahaan, bahkan dia pernah dicalonkan menjadi seorang manajer namun gagal dipromosikan oleh kantor pusat karena terkendala ijazah yang hanya seorang lulusan SMA saja.

Saya yakin, hal semacam ini juga banyak terjadi di dunia kerja.

Untuk itu, jika sahabat ada niatan untuk menjadi seorang manajer, maka mau tidak mau sahabat harus menempuh pendidikan hingga sarjana, sehingga pada saat nanti ada peluang untuk promosi, tidak akan ada kendala yang sahabat hadapi.

2. Menguasai Semua Teknis Proses Produksi

Bagi sahabat yang ingin menjadi seorang manajer perusahaan, maka sahabat harus mampu menguasai semua teknis proses produksi sampai menghasilkan suatu barang yang sesuai dengan standar kualitas yang di tetapkan oleh perusahaan.

Sahabat juga harus mampu mengenal semua alat produksi dan mampu mengoperasikannya, sehingga bisa membuat standar operasional prosedur yang harus ditaati oleh semua karyawan nantinya.

Untuk itu, pada saat sahabat memiliki kesempatan bekerja di suatu perusahaan, sahabat harus benar benar mempelajari semua proses produksi dan mempelajari semua seluk belum perusahaan dari A sampai z, sampai suatu saat sahabat dianggap layak menjadi seorang pimpinan perusahaan.

Atau bisa juga melamar di perusahaan lain, dengan bekal pengalaman yang sudah sahabat dapatkan di perusahaan sebelumnya.

3. Membangun Relasi Di Kalangan Para Manajer

Kemampuan teknis saja tidak cukup, kalau sahabat ingin cepat menjadi seroang manajer, maka sahabat harus punya banyak relasi dan teman dari kalangan para manajer, karena dari mereka mereka inilah nantinya akan banyak masukan dan juga informasi seputar pekerjaan sebagai seorang manajer.

Pengalaman saya dulu ada teman saya yang hanya seorang staf sangat akrab dengan seorang manajer di tempat saya bekerja. Setelah manajer tersebut berhenti dan pindah keperusahaan lain dan di percaya menjadi seorang direktur, akhinya teman saya tersebut di rekrut langsung menjadi seorang menajer.

Inilah pentingnya membangun relasi dan petemanan yang baik dengan kalangan manajer di perusahaan, karena bukan tidak mungkin suatu saat mereka akan naik jabatan, dan jika mereka percaya dengan kamampuan sahabat, maka sahabat akan direkrut dan direkomendasikan oleh mereka.

4. Mengikuti Seminar Ataupun Traning Leadership

Jika ada waktu dan kesempatan, sahabat harus mengikuti seminar ataupun traning leadership yang diadakan di kota sahabat, karena hal semacam ini akan sangat cepat meningkatkan kemampuan sahabat dibidang kepemimpinan dan bagaimana mengelola sumber daya manusia di perusahaan nantinya.

Jangan hanya mengharapkan pelatihan yang diadakan oleh perusahaan saja, karena tentu akan sangat terbatas dan terkadang ada juga perusahaan yang tidak mengadakan seminar semacam ini.

Sahabat harus aktif mencari sendiri diluar dan harus rela berinvestasi lebih untuk bisa meningkatkan skill dibidang kepemimpinan ini, sehingga pada saat peluang datang, sahabat sudah siap dan mampu.

5. Disiplin Dalam Segala Hal

Mau sukses menjadi seorang pemimpin maka tentu sahabat harus punya disiplin yang tinggi terhadap segala hal baik itu disiplin dalam waktu dan juga disiplin dalam hal mengerjakan tugas dan mentaati segala peraturan yang ada di perusahaan haruslah menjadi karakter yang sahabat miliki.

Karena tanpa disiplin yang tinggi, sahabat tidak akan mampu untuk membawa diri sahabat menjadi lebih, apalagi untuk memimpin sekelompok orang di perusahaan.

Untuk itu, jadilah pribadi yang selalu disiplin dalam segala hal dan selama mengerjakan pekerjaan dengan sebaik baiknya, sehingga sahabat benar benar layak menjadi seorang pemimpin sejati nantinya.

Demkianlah cara jadi manajer perusahaan yang harus sahabat siapkan sejak dari sekarang jika sahabat bercita cita menjadi seorang manajer. Baca juga artikel saya yang lain : Cara menyusun rencana karir