Cara Agar Bisa Membeli Rumah Di Usia Muda

Cara agar bisa membeli rumah di usia muda, sangat penting untuk di pelajari, karena bisa memiliki rumah di usia yang masih muda tentu akan mempermudah menata keuangan ketika nanti hendak membina rumah tangga sendiri. Karena membangun rumah ini memerlukan anggaran yang cukup besar, sehingga jika tidak di rencanakan sejak dini bakalan sulit untuk di wujudkan kelak.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya fikir sangat penting untuk membahas cara agar bisa membeli rumah di usia muda, agar sahabat bisa merencanakan dan menyiapkan semua sedini mungkin agar impian membeli rumah di usia muda bukan sekedar angan - angan belaka.

Tapi apakah mungkin bisa membeli rumah di usia muda?

Gak ada yang tidak mungkin, jika kita usahakan dengan sungguh sungguh dan melakukan segala upaya, maka tentu pasti akan ada jalan kemudahan untuk bisa memliki rumah dalam usia yang relatif muda.

Bagaimana caranya? yuk langsung saja kita bahas.

Cara Agar Bisa Membeli Rumah Di Usia Muda

cara agar bisa membeli rumah

1. Jadikan Rumah Sebagai Prioritas

Jika sahabat ingin bisa membeli rumah di usia muda, maka sahabat harus menjadi rumah sebagai prioritas yang harus sahabat beli dan mengesampingkan keperluan yang lain, agar sahabat bisa fokus mengumpulkan uang untuk membeli rumah.

Karena jika sesuatu sudah kita jadikan prioritas biasanya kita akan mengusahakan segenap upaya dan apa bila ada uang lebih maka di fokuskan untuk di tabung agar bisa membeli rumah tersebut.

2. Membeli Rumah Secara Kredit (KPR )


Membeli rumah secara kredit adalah cara paling cepat untuk memiliki rumah di usia muda,, karena membeli rumah secara kredit lebih cepat terjangkau di bandingkan dengan membeli rumah secara cash.

Karena untuk KPR itu sendiri mendapat subsidi dari pemerintah sehingga uang muka pembeliannya mudah terjangkau oleh anak muda sekalipun. Contohnya di daerah saya. Uang muka KPR itu hanya sekitar 11 jutaan saja. Jadi buat sahabat dengan gaji umr sudah bisa membeli rumah KPR secara kredit.

Apalagi buat sahabat muda yang belum memiliki tanggungan keluarga, maka tentu sangat mudah untuk bisa menyisihkan uang agar bisa membeli KPR.

3. Sisihkan Uang Gaji Setiap Bulannya


Cara selanjutnya adalah sahabat harus menyisihkan uang gaji setiap bulannya secara konsisten di khususkan untuk membeli rumah ataupun membangun rumah sendiri. Dan usahakan minimal jumlah uang yang sahabat tabung adalah 1/3 dari gaji, agar uang yang terkumpul bisa lebih cepat.

Dan pastikan hal ini sahabat lakukan secara konsisten hingga impian sahabat untuk membeli rumah bisa tercapai, atau setidaknya nanti sahabat bakalan punya cukup uang untuk dijadikan modal usaha agar uang sahabat bisa di kembangkan.

4. Memiliki Penghasilan Tambahan


Untuk bisa membeli rumah di usia muda, maka mau tak mau sahabat harus memiliki penghasilan tambahan di luar gaji yang sahabat miliki setiap bulan. 

Untuk itu sahabat harus punya cukup banyak keahlian dan keterampilan yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan untuk sahabat setiap bulan.

Dan kabar baiknya saat ini cukup banyak penghasilan tambahan yang bisa sahabat dapatkan dari internet tanpa harus mengganggu pekerjaan utama sahabat. Peluang semacam ini harus sahabat pelajari dan kuasai agar bisa cepat membeli rumah.

5. Berinvestasi


Cara yang kelima adalah sahabat harus bisa menginvestasikan sebagian penghasilan sahabat di produk produk investasi yang bisa memberikan keuntungan yang cukup besar seperti investasi emas, saham ataupun investasi tanah.

Dan pastikan investasi tersebut sahabat lakukan dalam jangka panjang, atau sampai target waktu sahabat dalam membeli rumah, barulah sahabat jual produk investasi sahabat untuk bisa membeli rumah.

Karena umnya produk produk investasi tersebut baru bisa memberikan hasil yang maksimal jika di simpan dalam jangka panjang minimal 5 s/d 10 tahun.

6. Menghemat Pengeluaran


Selanjutnya sahabat juga harus bisa menghemat pengeluaran setiap bulan, agar sahabat punya uang lebih untuk di tabung, dan mencegah sahabat berhutang untuk keperluan yang tidak penting.

Dengan menghemat pengeluaran juga, sahabat akan terbiasa dengan gaya hidup yang seadanya dan tidak boros, sehingga segala pemasukan yang ada sahabat gunakan untuk hal hal yang produktif.

Banyak cara yang bisa sahabat lakukan untuk berhemat ini seperti dengan cara tidak jajan di luar rumah, membeli saat diskon.

7. Hindari Kebiasaan Berhutang


Yang terakhir agar bisa membeli rumah di usia muda, sahabat harus menghindari kebiasaan berhutang yang bisa menyebabkan keuangan sahabat menjadi kacau dan tidak teratur.

Terutama berhutang untuk hal yang tidak terlalu penting atau cuma untuk gengsi dan gaya gayaan saja, harus benar benar sahabat hindari jika ingin punya keuangan yang sehat sejak muda.

Demikianlah cara agar bisa membeli rumah di usia muda, semoga bisa memberikan sedikit inspirasi buat sahabat yang membaca artikel ini.