Besaran Modal Usaha Angkringan Kekinian + Tips Sukses

 Penasaran berapa modal usaha angkringan kekinian? atau ingin punya usaha angkringan tapi masih takut untuk memulainya? sahabat menemukan artikel yang tepat, karena disini kita akan membahas tentang rincian modal usaha angkringan + tips sukses menjalankan usaha angkringan untuk pemula.

Terutama buat sahabat yang tinggal di luar pulau jawa. Usaha angkringan ini potensinya masih sangat besar, karena masih sangat minim pesaing. Jadi mulai saat ini segera kumpulkan modal usaha angkirngan sahabat, dan jangan ragu untuk segera memulai.

Karena sebenarnya modal usaha angkringan ini tidaklah begitu besar, karena bisa disesuaikan dengan kondisi dan budget yang sahabat miliki. Biar gak tambah pensaran, yuk langsung kita simak saja ulasannya :

Besaran Modal Usaha Angkringan Kekinian

1. Gerobak Angkringan

modal usaha angkringan
Modal untuk gerobak angkringan ini adalah yang terbesar yang harus sahabat keluarkan untuk memulai bisnis angkringan, karena harganya cukup lumayan mahal, terutama yang berbahan kayu jati. Setelah saya cek di marketplace harganya berkisar antara : Rp.2.500.000 s/d Rp.4.000.000 , tergantung ukuran dan modelnya.

Namun jika memang sahabat memiliki modal yang cukup terbatas, maka sahabat bisa menyiasatinya dengan membuat meja angkringan sendiri, dengan menggunakan bahan yang lebih murah dan terjangkau.

2. Peralatan Angkringan

Untuk peralatan angkirngan ini cukup banyak yang harus sahabat siapkan diantaranya : Ceret ,alat bakaran, anglo, gelas gocek, gelas kopi, garpu, sendok makan, sendok kecil, tutup gelas, ember, tempat gula, nampan, kipas bambu, pisau, saringan teh, terpal, kompor dan gas. 

Saya fikir untuk estimasi modalnya sekitar Rp.1 jutaan

3. Bahan Makanan

Untuk bahan makanan sendiri, kisaran modalnya adalah sekitar Rp.1 jutaan yang terdiri dari gorengan, sate kerang, sate ayam dan sate-satean yang lain, nasi kucing , kopi teh dan minuman sachet lainya.

Namun kisaran modalnya bisa juga lebih murah tergantung dari jumlah porsi makanan yang akan sahabat jual, disini saya ambil perkiraannya saja.

4. Sewa Tempat

Untuk mendapatkan hasil penjualan yang lebih bagus, tentu harus mendapatkan tempat jualan yang strategis dan berada dipingir jalan. dan untuk itu biasanya harus mengeluarkan biaya sewa yang cukup lumayan yakni sekitar Rp.500.000 s/d Rp.1000.000 perbulannya.

Jadi, kalo ditotal. Perkiraan modal usaha angkringan kekinian adalah sekitar Rp.7000.000.

Tips Sukses Usaha Angkringan

Setelah sahabat melihat kisaran modal usaha angkringan diatas, apakah sahabat masih tertarik untuk segera berbisnis angkringan? jika ya, Berikut ini saya ada beberapa tips sukses usaha angkringan kekinian di era moderen ini.

1. Tempat Jualan Yang Bersih Dan Nyaman

Didalam usaha kuliner, tak terkecuali usaha angkringan, tempat yang bersih dan nyaman merupakan faktor yang sangat penting yang harus di perhatikan oleh sahabat. Karena ini akan menjadi penilaian tersendiri oleh setiap pembeli yang datang.

Walaupun mereka tidak akan berbicara secara langsung. Namun para pembeli akan mengamati dan memberikan penilaian, jika tempat jualan sahabat tidak bersih dan nyaman, maka bisa jadi mereka tidka akan pernah lagi membeli makanan di angkringan milik sahabat.

2. Desain Gerobak Yang Unik Dan Kekinian

Desain gerobak yang unik dan kekinian, akan menarik simpati dan rasa penasaran para pengunjung yang kebetulan lewat disekitar angkringan sahabat. Terutama para anak muda generasi milineal yang suka sekali mendokmentasikan tempat - tempat menarik untuk diupload di medsos seperti instagram . 

Ini akan menjadi nilai lebih dan menjadi ajang promosi gratis yang berjenjang.

3. Memiliki Menu Andalan

Agar usaha angkringan sahabat, mempunyai ciri khas tersendiri, maka sahabat juga harus memiliki menu andalan yang tidak dimiliki oleh pesaing lainnya. Untuk membuat menu andalan ini bisa dari resep keluarga ataupun bisa juga belajar dari tutorial di youtube. Sekarang ada cukup banyak koq yang berbagi resep secara gratis.

4. Fasilitas Tambahan

Yang terakhir adalah sahabat harus bisa menyediakan fasilitas tambahan seperti wifi ataupun permainan seperti catur dan domino, agar para pengunjung betah berlama lama di angkringan sahabat, yang artinya akan semakin banyak membeli makan dan minum dan bukan tidak mungkin mereka akan menjadi langganan.

Demikianlah besaran modal usaha angkirangan kekinian, semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca semuanya. Jangan lupa baca artikel saya yang lain tentang : Modal usaha laundry