Widget HTML #1

Besaran Modal Usaha Laundry + Perlengkapan Yang Di Perlukan

Artikel besaran modal usaha laundry  + perlengkapanya ini, saya peruntukan buat sahabat yang ingin memulai usaha laundry, tapi masih bingung berapa rincian modal usaha laundry dan apa saja perlengkapan yang harus disiapkan. 

Mengetahui hal ini sangat penting, agar setidaknya nanti sahabat bisa mempersiapkan perencanaan usaha laundry dengan lebih matang, dan kalau memungkinkan bisa menghemat modal usaha laundry di awal, dengan menggantinya dengan produk-produk sejenis dengan fungsi yang sama.

Karena sebenarnya besaran modal usaha laundry ini sangatlah bervariatif, tergantung dari jenis, dan merek peralatan usaha yang digunakan. Kalau kata orang sih "ada harga, ada kualitas" tinggal disesuaikan saja dengan budget yang sahabat miliki.

Biar gak bingung, yuk langsung kita simak saja.

Besaran Modal Usaha Laundry + Perlengkapan

1. Timbangan

Karena umumnya saat ini usaha laundry dihitung dengan sistem kiloan, maka memiliki timbangan merupakan hal wajib untuk memulai usaha laundry.

Dalam hal in ada 2 macam timbangan yang bisa sahabat pilih :
  • Timbangan Analaog ( Manual)
modal usaha laundry


Merupakan timbangan yang pengukurannya masih menggunakan mode manual seperti penunjuk jaram jam. Modelnya ada bermacam- macam, namun untuk usaha laundy timbangan analog yang cocok adalah timbangan dengan model gantung, kisaran harganya antara : Rp.65.000 s/d Rp.150.000
  • TImbangan Digital 
modal usaha laundry kiloan


Jika ada modal lebih, sahabat bisa menggunakan timbangan digital untuk pengukuran yang lebih gampang. Namun untuk kisaran harganya setelah saya cek di marketplace cukup bervariasi dari mulai Rp.200.000 hingga Rp.1000.000 tergantung dari merek dan kualitasnya.

2. Mesin Cuci

Mesin cuci adalah peralatan pokok dalam usaha laundry, karena kebersihan pakaian tergantung dari mesin cuci yang digunakan nantinya. dan untuk modal dari mesin cuci ini juga sangat bervariasi tergantung dari merek, kapasitas yang digunakan.

Namun untuk sahabat pemula, saya fikir tidak perlu memaksakan untuk menggunakan mesin cuci dengan harga cukup mahal, atau kalau ingin berhemat bisa juga membeli mesin cuci bekas yang masih bagus dengan harga yang terjangkau.

Kisaran harga mesin cuci baru = Rp.1.500.000 s/d Rp.5.000.000

3.Deterjen

Saat ini ada banyak sekali yang menjual deterjen kering maupun deterjen cair khusus buat usaha laundry dengan kemasan 5 L di kisaran harga Rp.30.000 s/d Rp.50.000, saya fikir akan jauh lebih hemat dibandingkan sahabat membeli detergen biasa yang di peruntukan untuk sekala rumah tangga.

Namun sekali lagi, ini bukanlah patokan khusus. di awal memulai usaha, pakai deterjen yang biasa juga masalah koq, yang penting hasilnya berish dan rapi

4. Pewangi Dan Pelembut Pakaian

Pewangi dan pelembut pakaian juga merupakan hal yang sangat penting didalam usaha laundry, agar hasil pakain bisa lembut dan wangi pada saat di seterika nantinya.

Pewangi dan pelembut pakain laundry ini juga bermacam-macam, kisaran harganya antara Rp. 20.000 s/d Rp.100.000

5. Mesin Pengering

Walaupun setiap mesin cuci pasti sudah memiliki mesin pengering. Namun biasanya mesin pengering khusus ini memiliki daya kering yang lebih cepat dibandingkan pengering yang ada di mesin cuci. Sehingga kebanyakan para pengusaha laundry yang sudah besar memiliki mesin pengering khusus ini.

Untuk kisaran harga Rp. 3.000.000 s/d Rp.15.000.000

6. Hangger Pakaian

Hangger pakaian ini sebenarnya relatif aja sih, karena sahabat bisa juga mejemur pakaian walaupun tanpa menggunakan hangger. Namun untuk kerapian terkadang juga di perlukan hangger baju. Saran saya sih, pakai hangger baju yang murah murah aja dikisaran harga Rp.10.000 s/d Rp.20.000

7 Rak Baju

modal usaha laundry kiloan


Rak baju ini sangat penting untuk sahabat miliki, agar nanitnya tidak bingun ketika menyimpan baju-baju tiap custumer yang sudah dicuci. untuk membuatnya sahabat bisa memesan di mabel, ataupun membeli yang sudah jadi juga banyak koq.

Untuk masalah harga, tergantung dari bahan yang digunakan, serta ukurannya. kisaran modalnya antara Rp.600.000 s/d Rp.5000.000

8. Setrika

Umumnya para pengusaha laundry menggunakan setrika uap untuk menyentrika baju para pengguna jasa mereka, karena memang hasilnya jauh lebih rapi dibandingkan dengan menggunakan setrika biasa.

Tapi semua tergantung kepada sahabat. dan bisa disesuaikan dengn modal yang dimiliki.
Untuk kisaran harga setrika uap = Rp.200.000 hingga Rp.5000.000

9. Plastik Kemasan + Tagging

Plastik kemasan sangat berguna agar baju yang telah dicuci dan disetrika tetap rapi dan wangi serta tidak kusut kembali. Untuk itu ini juga merupakan hal wajib bagi sahabat untuk memilikinya.

Alat tagging berfungsi untuk menempelkan kwitansi di baju yang sudah dikemas dengan plastik, agar masing masing barang tidak tertukar.

Untuk kisaran modal plastik = Rp.10.000 s/d Rp.50.000 dan perlengkapan tagging = Rp. 80.000 s/d Rp.150.000

10. Meja Dan Peralatan Tulis

Meja dan peralatan tulis ini berguna agar perlengkapan administrasi seperti nota kwitansi, penyimpanan uang, komputer , mesin kasir dan lainnya tertata dengan rapi dan terlihat lebih profesional.

Kisaran hargnya Rp.500.000 s/d Rp.1000.000

11. Keranjang Pakaian

Sangat berguna untuk keperluan mencuci dan menjemur pakaian, karena tidak mungkin untuk mengangkat pakain satu persatu. untuk kisaran harganya = Rp.20.000 s/d Rp.50.000

12. Laptop + Mesin Kasir

Yang terakhir sahabat juga memerlukan laptop dan mesin kasir agar semua pengeluaran dan pemasukan bisa terdata dengan baik.

Kisaran harga mesin kasir = Rp.200.000 s/d Rp.3000.000 dan untuk laptop kelas menengah = Rp.2.000.000 s/d Rp.5.000.000

Catatan : Besaran modal usaha laundry diatas sifatnya hanya perkiraan saja, karena harga bisa saja berbeda tiap - tiap daerah dan bisa saja berubah sewaktu-waktu.