Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dana Darurat Berapa Kali Gaji? Dan Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya

Dana darurat berapa kali gaji sih sebenarnya?. Jawaban dari pertanyaan ini tidak ada yang pasti. Karena jika berbicara dana darurat ini, semua tergantung dari individunya masing- masing. Sudah bisa menyisipkan dana darurat dengan nominal kecil setiap bulanpun tidak masalah, kalau memang hanya sampai disitu kemampuan yang sahabat miliki.

Namun berbeda cerita, jika pertanyaanya adalah jumlah ideal dana darurat berapa kali gaji? maka dalam hal ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi besaran ideal dana darurat seperti besaran pengeluaran dan juga ingin digunakan untuk apa dana darurat ini kelak.

Status sahabat saat ini juga akan mempengaruhi besaran ideal dana daurat yang harus sahabat siapkan, karena jika sahabat masih lajang tentu pengeluaran yang diperlukan juga berbeda dengan orang yang sudah berkeluarga.

Jadi yuk, mari sama - sama kita simak ulasannya:

Besaran Dana Darurat Berapa Kali Gaji?

dana darurat

1. Untuk Yang Masih Lajang

Untuk sahabat yang masih lajang, jumlah dana darurat ideal yang harus sahabat siapkan tidaklah sebesar dari danan darurat yang harus disiapkan oleh pasangan yang sudah menikah. Karena didalam hal ini, sahabat hanya bertanggung jawab untuk diri sahabat sendiri.

Jadi, jumlah ideal dana darurat yang harus sahabat siapkan adalah antara 6 s/d 12 pengeluaran bulanan sahabat.

Contohnya : Jika pengeluaran bualan sahabat sebesar Rp.2.000.000 maka dana darurat yang harus sahabat miliki adalah sebesar Rp. 24.000.000.

Wah besar juga ya? bagaimana cara ngumpulinnya ya?

Ya tentunya sahabat harus bisa menghemat belanja bulanan dan juga mengatur gaji sedemikian rupa, agar masih bisa menyishkan setiap bulannya.

2. Untuk Yang Sudah Berkeluarga

Untuk yang sudah berkeluarga sendiri, jumlah dana darurat yang harus disiapkan tentu harus lebih besar, mengingat tidak cuma diri sendiri, melainkan anak dan istri juga menjadi tanggung jawab sahabat, maka tentu pengeluaran bulanan sahabat juga pasti lebih besar.

Maka untuk itu jumlah dana darurat yang ideal adalah 24 kali pengeluaran. Jadi jika pengeluaran bulanan sahabat sebesar Rp.3.000.000 maka dana darurat yang harus dimiliki sahabat adalah sebesar Rp.74.000.000.

Wah cukup besar juga yang dana darurat yang harus disiapkan?

Ya begitulah, namun sebanding dengan manfaat yang akan sahabat dapatkan nantinya, jika sahabat berhasil mengumpulkan dana darurat tersebut.

Manfaat Dana Darurat

Sedikit banyak pasti timbul pertanyaan di benak sahabat. Buat apasih pake ngumpulin dana darurat segala.? Kan gak gampang buat ngumpulin uang segitu banyak.?

Nah, ini yang harus kita semua sadari, dana darurat itu sangat penting lho keberadaanya, karena akan sangat membantu kita disaat nantinya kita benar benar dalam keaadaan darurat .
Berikut ini keadaan- keadaan yang memungkinkan kita menggunakan dana darurat:

1. Sebagai Dana Talangan Pada Saat Di Phk

Bagi sahabat yang bekerja sebagai karyawan, tentu tidak selamanya sahabat akan bekerja di perusahaan tersebut. Entah karena di PHK ataupun karena sudah memasuki masa pensiun. suatu saat sahabat tidak bisa bekerja lagi disana.

Nah, disaat seperti ini kita sangat membutuhkan cukup uang untuk bertahan hidup sebelum mendapatkan pekerjaan yang baru. Maka jika sahabat memiliki dana darurat bisa digunakan disaat seperti ini.

2. Sebagai Dana Berobat Pada Saat Sakit

Sebagai manusia biasa, tentu tidak akan selamanya jika akah sehat. ada masanya kita akan sakit dan memerlukan uang yang cukup untuk berobat kedokter. Bayangkan apa yang akan terjadi ketika ktia sedang sakit tapi tidak memiliki uang?

Itulah pentingnya kita harus bisa mengumpulkan dana darurat, meskipun mungkin sedkit sulit .

3. Sebagai dana talangan pada saat tidak punya uang

Disaat kantong kosong, namun ada beberapa kebutuhan yang mendesak. Maka biasanya pada saat tersebut kita akah berhutang kepada teman maupun keluarga. Nah, gak enak juga kan kalau kita harus selalu merepotkan orang lain.

Dengan adanya dana darurat ini, maka pada saat tidak punya uang dan benar benar ada keperluan yang sangat penting, sahabat bisa menggunakannya agar terhindar dari berhutang

4. Bisa Juga Sebagai Modal Usaha

Dana darurat yang sahabat miliki juga bisa digunakan sebagai modal usaha lho. Namun tentunya jika sahabat sudah benar benar tidak punya pekerjaan dan sumber pemasukan lainnya. Maka dana darurat ini bisa sahabat gunakan sebagai modal usaha agar kembali bisa mendapatkan pemasukan.

Demikianlah pembahasan kita pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.