Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Belanja Bulanan Hemat Agar Bisa Menabung

Tips belanja bulanan ini saya buat, karena belanja bulanan adalah salah satu hal yang paling penting untuk sahabat perhatikan didalam anggaran rumah tangga. Karena jika sahabat salah dalam mengatur budget untuk belanja bulanan ini, maka bisa saja sahabat akan selalu kekurangan uang yang terus menerus, karena besar pasak dari pada tiang nantinya.


Belanja bulanan ini juga sangat erat kaitannya dengan mengatur gaji bulanan agar semua kebutuhan dapat didahulukan dari pada keinginan, sehingga uang gaji bisa cukup selama satu bulan tanpa harus ngutang sana sini.

Jadi, sahabat sudah tahukan seberapa pentinganya kemampuan mengatur belanja bulanan ? maka sahabat wajib menyimak artikel tips belanja bulanan ini sampai habis. semoga bisa mengambil sedikit inspirasi dari tulisan saya ini :

Tips Belanja Bulanan Hemat Agar Bisa Menabung

Belanja bulanan

1. Membuat Daftar / List Belanja Bulanan

Mengapa harus membuat daftar belanja bulanan? karena sudah sifat dasar manusia, umumnya bakalan lupa jika tidak dicatat, yang terkadang bisa mengakibatkan salah beli barang ataupun membeli barang yang tidak diperlukan sehingga menyebabkan pengeluaran menjadi boros.

Untuk itu, jauh - jauh hari sebelum gajian, sahabat wajib membuat list belanja bulanan yang di catat di buku khusus ataupun selembar kertas yang bisa dibawa pada saat nanti berbelanja di pasar ataupun toko.

Terlihat sepele memang, namun dampaknya sangat besar dalam menghemat pengeluaran bulanan sahabat nantinya.

2 Pisahkan Uang Belanja Bulanan Dengan Uang Kebutuhan Lainnya

Setelah sahabat membuat daftar belanja bulanan, maka sahabat wajib memisahkan uang tersebut dengan kebutuhan lainnya seperti bayar listrik, air, telphon dan juga wifi atau kuota internet. Hal ini agar sahabat lebih mudah dalam mengelola dan menghindari uang terpakai untuk hal yang tidak perlu.

Untuk memisahkannya sahabat bisa menggunakan amplop ataupun dompet khusus budgeting rumah tangga.

3. Membeli Barang Secara Grosir

Tips hemat belanja bulanan selanjutnya adalah usahakan untuk membeli barang secara grosir dalam jumlah yang kira kira cukup untuk satu bulan, untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Hal ini bisa sahabat lakukan untuk kebutuhan pokok seperti beras, telur, mie instan, bumbu bumbu dapur. Dengan membeli dalam jumlah banyak maka biasanya sahabat akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibanding dengan membeli secara eceran.

4. Jangan Tergiur Dengan Merek Yang Mahal

Selanjutnya, jangan mudah tergiur dengan merek yang mahal, karena yang harus sahabat utamakan disini adalah menghemat pengeluaran. Yang penting barang tersebut bagus dan layak maka tidak masalah walaupun tidak bermerek.

5. Dahulukan Kebutuhan Pokok Dari Pada Keinginan/ Hobi

Ini sering kali banyak diulas oleh pakar keuangan, setiap membeli sesuau kita harus mendahulukan kebutuhan pokok dan sebisa mungkin menekan keinginan dan juga kebiasan yang bisa menyebabkan borosnya pengeluran bulanan.

Walaupun memang sulit untuk dilakukan, tapi jika dilakukan dengan sungguh sunggh dan niat untuk bisa meraih kehidupan yang lebih baik, maka pasti bisa dilakukan.

6. Hindari Berhutang Dalam Berbelanja Bulanan

Kenapa saya tidak menyarankan untuk berhutang dalam belanja bulanan? karena jika sahabat berhutang pada saat belanja bulanan. Uang gaji yang seharusnya cukup buat belanja kebutuhan tersebut malah habis digunakan untuk keperluan sekunder yang tidak begitu penting.

Akhirnya, setiap bulan gaji hanya cukup untuk mebayar hutang saja setiap bulanya dan kemudian harus berhutang lagi untuk memenuhi kebutuhan selama bulan berikutnya.

7. Jangan Ragu Untuk Membandingkan Harga Tiap Toko

Pengalaman pribadi saya sendiri pada saat berbelanja, jarak toko tidak sampai 50 m saja terkadang saya mendapati selisih harga hingga Rp.5000. jadi sahabat jangan ragu untuk membandingkan harga tiap tiap toko untuk mendapatkan harga yang paling murah.

Kalau perlu sahabat  telusuri seluruh toko yang ada di daerah sahabat, agar sahabat bisa mendapatkan harga yang super murah dengan kualitas terbaik.

Demikianlah tips belanja bulanan hemat yang bisa sahabat coba agar bisa menabung dan menyiapkan keuangan rumah tangga dengan jauh lebih baik. semoga artikel ini bisa memberikan sedikit gambaran dan juga inspirasi dalam mengelola keuangan rumah tangga.