Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatur Gaji 1,5 Sampai Dengan 3 Juta Perbulan Agar Terhindar Dari Hutang

Cara mengatur gaji adalah hal yang sangat vital harus di kuasai oleh seorang karyawan, yang kita ketahui bersama, hanya mendapat gaji setiap bulan yang sangat minim, berkisar 1,5 sampai dengan 3 juta rupiah saja.

Dengan besaran gaji yang sedimikian, tentu sangat penting memiliki keahlian dalam mengatur gaji, agar bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, dan bisa terhindar dari hutang. Karena jika salah dalam pengelolaan gaji tersebut, bukan tidak mungkin bisa mengakibatkan gaji hanya cukup untuk membayar hutang saja disana sini.

Hal ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis sendiri terhadap rekan kerja di tempat saya bekerja, mereka yang memiliki gaji 5 juta saja terkadang masih banyak terlibat hutang, karena salah dalam cara mengatur gaji mereka setiap bulannya.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi sedikit tips cara mengatur gaji 1,5 sampai 3 juta perbulan agar terhindar dari hutang, semoga bisa membuka pola fikir dan membantu sahabat dalam mengelola keuangan nantinya.

Cara Mengatur Gaji 1,5 Sampai 3 Juta Perbulan

Cara mengatur gaji 1,5 juta perbulan


1. Dahulukan Uang Gaji Untuk Membeli Sembako

Sebagai manusia biasa, Sembako adalah kebutuhan utuma yang harus di penuhi untuk menjamin keberlangsungan hidup kita dan keluarga kita, tanpa Sembako maka di pastikan hidup kita tidak akan berlanjut dan tidak bisa beraktifitas seperti biasanya.

Untuk itu, setiap gajian, maka hal utama yang harus sahabat beli lebih dahulu adalah Sembako sebelum membeli kebutuhan lainnya.

Jangan sampai, kebutuhan pokok belum dibeli malah uang gaji sudah habis duluan untuk membeli kebutuhan sekunder yang belum terlalu sahabat perlukan.

2. Jangan Berhutang Untuk Membeli Sembako


Kenapa saya tidak menyarankan berhutang dalam membeli sembako?

Karena dengan sahabat berhutang, maka pengeluaran sahabat tidak akan terkontrol dan cenderung membeli makanan yang terkadang belum benar benarsahabat perlukan.

Selain itu dengan berhutang di warung, nantinya uang yang seharusnya bisa untuk membeli kebutuhan pokok malah digunakan untuk membli hal hal yang terlalu penting, dan akhirnya hutang akan semakin menumpuk di warung nantinya.

Ya walaupun memang sulit menghilangkan kebiasan berhutang di warung ini, tapi harus sahabat lakukan jika memang sahabat ingin bisa mengelola keuangan dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik nantinya.

3. Menghindari Jajan Diluar


Coba sahabat bayangkan berapa pengeluaran sahabat dalam 1 kali saja jajan diluar? saya yakin dalam satu kali jajan rata rata bisa melakukan pengeluaran hingga Rp.100.000 perhari.

Kalau kita berfikir secara jernih maka uang Rp. 100.000 itu bisa kita gunakan untuk makan hingga berhari hari jika kita gunakan untuk memasak sendiri di rumah.

Ya, walaupun memang sebagai manusia pasti kita nantinya akan merasa bosan, tapi tetap harus sahabat paksakan dan minimal di batasi sebulan sekali jajan di luar , demiki kehidupan yang lebih baik nantinya.

4. Membatasi Pengeluaran 

Membatasi Pengeluaran juga adalah hal yang harus sahabat lakukan agar bisa mengatur gaji yang pas pasan bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 1 bulan. Karena sifat dasar diri kita yang cenderung boros dan ingin memenuhi semua keinginannya, maka wajib diri kita membatasinya agar bisa terlatih kedepannya.

Membatasi pengeluaran yang saya maksud adalah terkait keinginan keingain yang terkadang tidak sesuai dari keampuan keuangan kita, jangan sampai kita memaksakan untuk mebelinya yang ujung ujungnya akan memberatkan beban keuangan nantinya.

5. Paksa Diri Untuk Menabung

Yang Terakhir untuk bisa mengatur gaji agar terhindar dari hutang adalah memaksakan diri untuk menabung walaupun sedikit.

Katakanlah sahabat hanya bisa menabung Rp.100.000 dalam satu bulan, Maka dalam 10 bulan sahabat bisa mengeumpulkan sebesar Rp.1000.000 , tentu akan sangat membantu keuangan sahabat di saat saat kepepet nantinya.

Jika perlu sahabat bisa mencari penghasilan tambahan dari pekerjaan pekerjaan sampingan, agar sahabat bisa menabung uang dalam jumlah yang lebih besar lagi. karena di jaman sekarang ini ada banyak cara mendapatkan uang tanpa modal yang bisa sahabat coba, jika sahabat mau untuk berusaha.

Demikianlah cara mengatur gaji 1,5 sampai dengan 3 juta perbulan agar terhindar dari hutang dan bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama 1 bulan, semoga bisa bermanfaat buat sahabat pembaca semua.