Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Deretan Mata Uang Tertinggi Di Dunia

 Udah pada tahu belum deretan mata uang tertinggi di dunia? kalau belum pas banget nih, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang negara mana saja yang nilai mata uangnya masuk kedalam deretan mata uang tertinggi di dunia.

Ya, walaupun mungkin gak penting - penting banget, tapi setidaknya kita juga harus tahu la ya, siapa tahu nanti suatu saat ada rencana pergi keluar negeri, maka mengetahui deretan mata uang tertinggi di dunia ini sangat penting, agar nantinya bisa memperkirakan budget yang harus di siapkan jika nanti pergi ke negara tersebut.

Dan bagi anda para pelajar dan mahasiswa, saya fikir wajib mengetahui deretan mata uang tertinggi di dunia ini, karena bisa saja pertanyaan ini akan muncul dari guru kalian ataupun bisa jadi salah satu soal di ujian nanti.

Nah kira kira mata uang mana saja yang paling tinggi? yuk langsung saja kita bahas :

Deretan Mata Uang Tertinggi Di Dunia

Deretan Mata Uang Tertinggi Di Dunia

1. Mata Uang Negara Kuwait 

Di posisi pertama yang termasuk kedalam mata uang paling tinggi di dunia adalah mata uang milik negara kuwait yang di sebuat dengan dinar kuwait ( KWD), yang mana nilai dari 1 dinar kuwait ini setara dengan US $ 3.30 . Tinggi banget bukan?

Itu karena memang negara kuwait merupakan salah satu negara penghasil minyak terbesar didunia dengan perkiraan kekayaanya mencapai US$71,38 Miliar. Itulah mengapa negara kuwait ini menjadi negara dengan nilai tukar uang yang paling tinggi di dunia.

2. Mata Uang Negara Bahrain 

Posisi selanjutnya ada mata uang negara arab lainnya yakni Bahrain Dinar ( BHD ) dimana 1 BHD nilainya sama dengan US $ 2.65  atau kalau di rupiahkan 1 BHD itu sama dengan Rp.40.672 . Maka sahabat jangan heran kalau negara Bahrain ini masuk kedalam 5 besar negara dengan mata uang tertinggi di dunia.

Itu karena selain mengandalkan industri gas dan minyaknya, sejak tahun 2000 pemerintah baharin juga sudah mulai membangun perekonomian dari industri lain seperti industri pariwisata, jasa dan manufaktur, yang menyababkan pertumbuhan ekonomi di Bahrain cenderung stabil hingga sekarang, dan hasilnya nilai tukar uang mereka sangat kuat.

3. Mata Uang Oman

Di posisi selanjutnya yang termasuk kedalam mata uang tertinggi di dunia adalah mata uang negara oman yang disiebut dengan Rial Oman (OMR), dimana besaran 1 OMR itu setara dengan US $ 2.60, hanya selisih sedikit dengan 1 BHD.

Itu dikarenan negara Oman juga salah satu negara timur tengah dengan cadangan minyak yang melimpah ruah, yang membuat perekonomian oman bisa dikatakan makmur.

4. Mata Uang Negara Yordania

Masih dari negara timur tengah lain. Di posisi ke 4 mata uang yang paling tinggi di dunia adalah Dinar Yordania yang yang di singkat dengan ( JOD ), dimana 1 JOD nilainya setara dengan US $ 1.40.

Dimana meskipun negara yordania tidaklah memiliki cadangan minyak yang besar layaknya negara timur tengah lain, namun pemerintah yordania berhasil membuat kebijakan ekonomo yang mampun mengaet investor dari luar untuk berinvestasi disana, yang menyebakan perkonomian yordania maju pesat dan jadi salah satu yang terkuat di dunia.

5. Mata Uang Inggris

Di posisi kelima ada mata uang inggris yang sudah kita ketahuai bersama yakni Pound Sterling yang disingkat dengan (GBP), dimana nilai dari 1 GBP ini sama dengan US $ 1.34 sehingga wajar, kalau mata uang inggris ini menjadi salah satu yang terkuat di belahan dunia.

Meskipun akhir ahkir ini perekonomian inggirs tidak stabil karena di sebabkan keluar dari Uni Eropa, namun tetap saja mata uang inggris masih menjadi yang terkuat No 5 di dunia sampai dengan saat ini.

6. Mata Uang Kepulauan Cayman

Selanjutnya ada mata uang dari negara yang berada di wilayah sebrang laut Britania Raya yakni Dollar Kayman ( KYD) yang menempati posisi ke 6 di dalam deretan mata uang tertinggi di dunia.

Hal itu dikarenakan kepulauan cayman ini merupakan negara yang terkenal sebagai surganya pajak dimana mereka berhasil menggaet ratusan bank dan perusahaan investasi untuk terdaftar disana. Dimana saat ini ada 50 Bank terbesar di dunia terdaftar di negara tersebut.

Kerena banget negara cayman ini ya?

7. Mata Uang EURO

Mata uang euro adalah mara uang resmi yang digunakan di sebagian besar negara Uni Eropa, maka tek heran kalau sampai saat ini, mata uang euro masih menajdi salah satu mata uang dengan nilai tukar terkuat di dunia, dan berada di posisi ke 7.

Apalagi negara yang tergabung ke dalam zoona euro ini adalah rata rata negara kaya, maka tak heran kalau mata uangnya selalu stabil dan perekonomiannya sangatlah maju.

Demikianlah deretan mata uang tertinggi di dunia, semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua yang membacanya.