Cara Menghadapi Kegagalan Dalam Karir

Cara menghadapi kegagalan dalam karir sangat penting untuk semua orang ketahui, Karena kegagalan dalam karir ini adalah hal yang wajar dan pasti akan dialami oleh semua orang yang merintis karirnya dari nol. Karena sebagai manusia biasa, suatu saat pasti kita akan melakukan beberapa kesalahan yang membuat kegagalan itu terjadi.

Untuk itu penting bagi sahabat semua mengetahui cara menghadapi kegagalan dalam karir ini, agar jika suatu saat sahabat mengalaminya, sahabat sudah tahu bagaimana cara menghadapinya dan tidak membuat sahabat merasa putus asa dan down.

Dan pada kesempatan kali ini sudah saya siapkan beberapa cara menghadapi kegagalan dalam karir, semoga bisa sedikit memberikan pencerahan buat sahabat yang sedang dalam kondisi terpuruk dan terendah dalam hidup anda.

Bagaimana caranya? yuk mari kita bahas sama sama.

Cara Menghadapi Kegagalan Dalam Karir

Cara Menghadapi Kegagalan

1. Sadari Bahwa Kegagalan Bukan Akhir Segalanya

Di awal sahabat mengalami kegagalan, sahabat harus sadari bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya. Karena sudah banyak buktinya orang yang mengalami kegagalan justru setelah itu mereka berhasil bangkit dan menjadi pemicu kesuksesan karir mereka.

Seperti kata pepatah, "kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda" karena dari kegagalan ini banyak hikmah dan pelajaran yang bisa di ambil asalkan sahabat mau berfikir dengan jernih dan yakin bahwa Tuhan memberikan kegagalan kepada sahabat, untuk menjadikan sahabat lebih tangguh dan siap naik ke level berikutnya.

Walau memang terkadang sulit untuk menimbulkan kesadaran ini, teruslah mencoba dan yakinkan diri, karena sudah banyak bukitnya.

2. Mencari Dukungan Sosial

Pada saat mengalami kegagalan, sangat penting bagi sahabat mencari dukungan sosial kepada teman, dan saudara, untuk bisa sedikit mengurangi beban kesedihan yang sedang sahabat rasakan, dan untuk menimbulkan motivasi untuk bangkit dan memulai kembali segalanya.

Karena dari teman dan keluarga ini, kita akan banyak mendapat masukan dan motivasi sehingga kita akan bisa cepat move on dan kembali bersemangat menjalani kehidupan dan mulai meniti karir kembali.

Dan sebaiknya hindari menyendiri pada saat menghadapi kegagalan, karena itu akan memperparah kesedihan sahabat karena sahabat masih dalam kondisi terbawa perasaan dan suasana yang tidak baik.

3. Mencari Tahu Penyebab Kegagalan

Selanjutnya sahabat harus mencari tahu penyebab kegagalan yang sahabat alami, agar sahabat bisa segera melakukan evaluasi dan proses perbaikan diri agar kedepan hal serupa tidak akan pernah terjadi lagi didalam karir sahabat.

Sahabat bisa Mencari tahu penyebab kegagalan dari faktor internal seperti :
  • Kurangnya motivasi dan semangat dalam bekerja
  • Keterampilan yang belum memadai
  • Pengalaman yang maish minim
  • Kurang fokus dan disiplin
Atau bisa juga dari faktor external seperti :

  • Konflik dengan rekan kerja atau atasan
  • Kebijakan organisasi yang buruk
  • Persaingan yang semakin ketat
Sangat penting untuk mengetahui hal hal di atas, agar sahabat bisa segera melakukan evaluasi kedepannya, dan bisa menjadi bahan pembelajaran yang penting.

4. Tingkatkan Kualitas Diri

Setelah sahabat mengetahui penyebab kegagalan yang sahabat alami, selanjutnya sahabat harus mulai bangkit dan tingkatkan kualitas diri sahabat baik itu dari segi keterampilan, mental dan juga disiplin semua harus sahabat tingkatkan.

Agar ketika nanti saatnya sahabat memiliki peluang karir yang lebih baik, sahabat sudah lebih siap dari sebelumnya, dan sahabatpun mampu menangkap peluang tersebut hingga kesuksesan dalam karirpun bisa sahabat raih.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas diri, salah satunya cara yang paling ampuh adalah bergaul dengan orang orang yang sukses dalam karir mereka, dari sana sahabat bisa belajar baik secara langsung maupun tidak langsung.

5. Mencari Peluang Baru Yang Lebih Baik

Jika kegagalan yang sahabat alami adalah karena faktor external, maka sahabat harus segera mencari peluang karir baru yang lebih baik, dan lupakan semua yang telah terjadi di tempat sebelumnya.

Karena bisa jadi kemampuan sahabat tidak di hargai di suatu tempat, di tempat lain justru malah akan terjadi sebaliknya, karena di setiap perusahaan pasti memiliki manjemen yang berbeda beda, terutama perusahaan yang sudah terbilang elit dalam pengelolaan manajemnnya.

Jangan takut sahabat tidak akan mendapatkan pekerjaan yang baru, karena rezeki kita sudah di ataur oleh yang Maha Kuasa, jika kita sudah mengelurakan segenap kemampuan kita dan tidak di harga, itu saatnya sahabat mencari peluang karir yang baru.

6. Berserah Diri Kepada Tuhan

Sebagai manusia, kita wajib menyerahkan segala sesuatunya kepada Tuhan yang maha  kuasa, karena dialah yang mengatur segalanya dan merencanakan segala yang terbaik untuk setiap hambanya.

Untuk itu, jangan pernah lupa untuk berserah diri kepadaNya apapun kondisi yang sedang kita alami di dunia ini, karena ALLAH SWT, tidak pernah memberikan cobaan yang melebihi batas kemampuan hambanya.

Asalkan sahabat berserah diri dengan sungguh - sungguh sahabat akan dengan mudah menemukan jalan keluar dan mendapatkan kesuksesan dalam karir dimasa depan.

Demikianlah cara menghadapi kegagalan dalam karir semoga bermanfaat.