Cara Memilih Pekerjaan Yang Tepat, Sesuai Tipe Diri

Berbicara tentang cara memilih pekerjaan yang tepat yang sesuai dengan tipe diri sebenarnya sangat tergantung kepada masing masing indvidu, karena setiap individu memiliki kecenderungan kesukaan terhadap segala sesuatu yang berbeda - beda antar satu dan lainnya.

Namun saya lihat ternyata juga masih banyak yang bingung bagaimana cara memilih pekerjaan yang tepat sesuai tipe diri, sehingga  saya putuskan untuk membuat artikel ini, agar bsia memberikan sedikit gambaran bagi sahabat agar bisa mengerti cara memilih pekerjaan yang tepat sesuai tipe diri.

Sehingga nantinya sahabat bekerja tidak asal - asalan dan bisa menekuni pekerjaan yang sahabat pilih dengan sebaik - baiknya sehingga bisa memiliki masa depan yang bagus nantinya. Yuk langsung saja kita simak.

Cara Memilih Pekerjaan Yang Tepat, Sesuai Tipe Diri

Cara Memilih Pekerjaan Yang Tepat

1. Pilih Pekerjaan Yang Sesuai Hobi

Jika sahabat menginginkan pekerjaan yang tepat yang sesuai tipe diri, maka sahabat harus mencari pekerjaan yang sesuai dengan hobi sahabat, karena hobi biasanya selalu terkait dengan tipe diri dan kesukaan diri sahabat.

Hanya saja, terkadang tidak mudah untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan hobi ini, sehingga sahabat juga wajib berfikir realistis dan tidak memaksakan diri jika tidak mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan hobi, maka sahabat bisa memilih pekerjaan lainnya.

2. Pilih Pekerjaan Yang Memberlakukan Sistem Pekerjaan Tetap

Pekerjaan yang tepat selanjutnya adalah pekerjaan dengan sistem karyawan tetap, yang mana biasanya merupakan jenis pekerjaan dengan jangka panjang dan biasanya memiliki gaji dan tunjangan yang lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan dengan sistem kontrak.

Kelebihan lain sistem pekerja tetap adalah sahabat tidak mudah terkena PHK dan juga memiliki jaminan yang lebih lengkap dari karyawan kontrak.

Jika sahabat memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan dengan sistem pekerjaan tetap ini, maka jangan sampai di sia-siakan, karena sahabat bisa bekerja dengan jangka waktu yang lama tanpa perlu khawatir di phk.

3. Pilih Pekerjaan Dengan Gaji Yang Lumayan

Jika gaji dari suatu pekerjaan tersebut cukup besar, maka walaupun mungkin tidak sesuai dengan tipe diri sahabat, maka itu juga salah satu pekerjaan yang tepat yang jangan sahabat lepaskan begitu saja.

Karena walau bagaimanapun tolak ukur dari suatu pekerjaan yang bagus dan tepat untuk sahabat sebenarnya adalah dari segi gaji. karena kalau gaji yang sahabat dapat lumayan besar maka tentu bisa menjadi penunjang sahabat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik nantinya.

Gaji yang besar juga akan mempermudah sahabat untuk menabung dan mengumpulkan modal, jika suatu saat sahabat ingin punya usaha sendiri yang sesuai dengan hobi.

4. Pilih Pekerjaan Dengan Jenjang Karir Yang Jelas

Selanjutnya sahabat harus memilih pekerjaan dengan jenjang karir yang jelas yang memberikan kesempatan kepada karyawan untuk bisa menduduki posisi posisi strategis di perusahaan tempat sahabat bekerja.

Jika sahabat menemukan pekerjaan semacam ini, maka sahabat harus bersungguh sungguh mengembangkan diri dan skill sahabat agar sahabat bisa bersaing dengan karyawan lain dan bisa mendapatkan jabatan yang cukup baik dimasa depan.

5. Pilih Pekerjaan Yang Tak Jauh Dari Rumah

Buat sahabat yang tidak memilih jiwa perantau, maka sahabat lebih baik memilih pekerjaan yang tidak jauh dari rumah, ataupun masih di dalam kota, karena jika sahabat memaksakan diri untuk bekerja jauh dari rumah, sahabat akan cukup kesulitan beradaptasi di perusahaan yang mengakibatkan tidak betah bekerja.

Terutama jika sahabat belum pernah merantau dan jauh rumah, maka usahakan sahabat untuk mencari pekerjaan yang didalam kota, apapun jenis pekerjaannya tidak masalah, karena lama kelamaan sahabat akan teribasa nantinya.

6. Pilih Pekerjaan Dengan Potensi Karir Yang Sesuai Dengan Perkembangan zaman

Selanjutnya yang harus juga menjadi pertimbangan bagi sahabat dalam memilih pekerjaan adalah apakah jenis pekerjaan tersebut memiliki potensi karir yang sesuai dengan pekermbangan zaman, sehingga jenis pekerjaan tersebut selalu bisa menyesuaikan diri dengan zaman dan tidak pernah ketinggalam jaman.

Salah satu contohnya bekerja sebagai seorang mobile develover dan juga web designer yang merupakan salah satu contoh pekerjaan dengan potensi karir yang bisa mengikuti perkembangan zaman, karena sesuai dengan kebutuhan tekonologi saat ini

7. Pilih Pekerjaan Yang Bisa Bermanfaat Untuk Orang Lain

Buat sahabat yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, maka pekerjaan yang cocok buat sahabat adalah jenis pekerjaan yang bisa bermanfaat untuk orang lain contohnya seperti menjadi seorang guru, perawat yang bisa membantu orang yang sedang sakit dan juga mendidik anak anak agar menjadi seorang yang cerdas.

Pekerjaan yang bermanfaat untuk orang lain ini selain sebagai pekerjaan juga menjadi ladang amal bagi sahabat, karena setiap ilmu dan bantuan yang sahbat berikan kepada orang lain akan menjadi amal yang tak terputus yang selalu di catat sebagai amal kebajikan.

Demikianlah cara memilih pekerjaan yang tepat, sesuai tipe diri semoga bermanfaat untuk sahabat semua.