Widget HTML #1

Sayuran Yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Memahami sayuran yang boleh dikonsumsi penderita asam lambung, " wajib" hukumnya bagi sahabat yang memiliki penyakit asam lambung ataupun sahabat yang mengalami gejala - gejala penyakit asam lambung, agar sahabat bisa terhindari darinya.

Karena dengan mengetahui sayuran yang boleh dikonsumsi penderita asam lambung, sahabat akan lebih berhati hati dalam memilih sayuran yang akan di konsumi dan tidak sembarangan lagi dalam mengkonsumsi sayuran. Karena jika sahabat masih sembarangan dalam makanan, bisa saja nanti penyakit asam lambung sahabat tambah parah, dan sedikit sulit diobati.

Jadi tidak ada salahnya sahabat mencari tahu apa saja sayuran yang boleh dikonsumsi penderita asam lambung, sebagai bekal bagi sahabat untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah terjadinya kembali penyakit asam lambung yang tentu sangat tidak mengenakkan.

Dan pada kesempatan kali ini saya sudah menyiapkan beberapa contoh sayuran apa yang cocok untuk penderita asam lambung, untuk inspirasi bagi sahabat. Yuk langsung saja kita simak:

Sayuan Yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Sayuran Yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

1. Sayur Brokoli

Sayuran yang pertama yang boleh di konsumsi dan dianjurkan untuk penderita asam lambung ataupun maag adalah sayur brokoli. Karena sayur brokoli mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga bisa menetralkan sifat asam.

Selain itu sayur brokoli juga banyak mengandung folat yang juga di percaya mampu mecegah peradangan yang di sebabkan oleh asam lambung, jadi sangat cocok untuk di jadikan lauk pauk setiap hari agar penyakit lambung sahabat cepat pulih.

2. Kentang

Sayur ketang juga merupakan salah satu makanan yang boleh untuk penderita penyakit lambung, karena merupakan sumber serat dan karbohidrat yang kandungan kalorinya sangat rendah namun tetap membuat perut kenyang lebih lama, sehingga bisa menetralisir terjadinya asam lambung.

Namun perlu di perhatikan, kentang yang di perbolehkan adalah kentang yang diolah dengan cara direbus ataupun di kukus dan bukan kentang yang diolah dengan cara di goreng yang mengandung banyak minyak dan lemak yang tentu akan menjadi pemicu asam lambung cepat naik.

3. Timun


Jenis sayur untuk asam lambung selanjutnya adala timun. Yang merupakan sayur dengan kandungan air yang tinggi sehingga bisa sedikit menetralkan asam lambung, serta kandungan antioksidan yang tinggi didalam timun juga bisa mencegah terjadnya peradangan akibat asam lambung berlebih.

Kabar baiknya untuk mengkonsumsi sayur timun ini bisa sahabat sesuaikan dengan selera sahabat baik itu diolah menjadi sayur bening, di buat rujak ataupun di makan secara langsung juga tidak masalah, yang terpenting jangan dimakan dengan sambel dan di campur dengan sayuran yang bersifat asam lainnya.

4. Sayur Kembang Kol

Dilansir di beberapa situs kesehatan, sayur kembang kol juga merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bagus di konsumsi oleh penderita asam lambung, karena kembang kol mengandung PH tinggi yang besifat basa yang sangat ampuh untuk mecegah terjadinya kenaikan asam lambung.

Selain itu sayur kembang kol juga sangat bagus untuk percernaan, karena sayur ini tinggi akan kandungan serat, sehingga jika sahabat mengkonsumsi sayur ini akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus, bukan hanya untuk mencegah kenaikan asam lambung saja.

5. Sayur Wortel

Sayur wortel tak hanya kaya akan kandungan vitamin A saja, melainkan memiliki kandungan vitamin B6 yang sangat baik untuk mecegah terjadinya asam lambung. sehingga mengkonsumi wortel juga sangat aman untuk sahabat penderita maag dan asam lambung.

Apalagi woretl ini rasanya manis dan sangat cocok untuk dipadukan dengan sayur lainnya, sehingga sahabat tidak akan bosan untuk mengkonsumsi sayur wortel setiap hari.

6. Sayur Bayam

Kandungan magnesium yang tinggi pada sayur bayam bisa mencegah terjadinya asam lambung berlebih yang bisa naik hingga ke tenggorokan. Untuk itu mengkonsumsi sayur bayam secara rutin juga sangat di anjurkan untuk para penderita asam lambung.

Apalagi bayam juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi lain yang juga sangat bagus untuk menjagi kesehatan dan kebugaran tubuh, maka ini adalah sayuran yang wajib menjadi daftar menu sahabat.

7. Sayur Aspargus

Meskipun harganya sedikit mahal. Asparagus juga merupakan salah satu sayuran yang baik untuk sahabat yang punya penyakit asam lambung, karena sayuran ini kaya akan serat yang mudah larut.

Selain itu asparagus juga tinggi akan kandungan kalium, magnesium dan juga vitamin B6 yang merupakan nutrisi yang sangat baik untuk para penderita penyakit asam lambung. Maka mengkonsumsi sayuran ini sangat aman dan dianjurkan.

8. Selada

Selanjutnya sayur yang bagus untuk asam lambung adalah sayur selada yang kaya akan kandungan air sehingga bisa melemahkan asam lambung dan juga mencegah asam lambung naik hingga kerongkongan.

Demkianlah beberapa contoh sayuran yang boleh di konsumsi oleh penderita asam lambung. Intinya sih jenis sayuran hijau pada umumnya bagus untuk penderita lambung dan juga jenis buah buahan yang banyak mengandung air dan tidak bersifat asam.