Widget HTML #1

Penyebab Rasa Malas Dan Cara Mengatasinya

Ada banyak sekali penyebab rasa malas yang acap kali sering menghampiri seseorang. Entah itu karena memang sudah menjadi kebiasan yang menjadi tabiat, atau karena terlalu abai dengan diri sendiri sehingga akhirnya lebih suka bermalas malasan.

Penyebab rasa malas ini juga sering kali tidak di sadari oleh yang bersangkutan, karena dia merasa apa yang dilakukannya adalah hal yang wajar "menurut pikirannya", sehingga tanpa sadar akhirnya menjadi kebiasaan yang sulit untuk di hilangkan.

Untuk itu penting bagi sahabat mengetahui penyebab rasa malas sedini mungkin agar bisa dengan mudah di atasi dan sahabat bisa menjadi orang yang lebih produktif dalam menjalankan kehidupan ini.

Apa saja penyebab rasa malas dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk langsung saja kita bahas.

Penyebab Rasa Malas Dan Cara Mengatasinya

Cara menghilangkan rasa malas

1. Sering Menunda Nunda Pekerjaan

Terlalu sering menunda nunda pekerjaan bisa mengakibatkan pekerjaan menumpuk dan terasa berat, yang akhirnya membuat rasa malas timbul untuk mengerjakannya.

Walaupun sebenarnya itu adalah pekerjaan yang ringan, namun karena selalu di tunda tunda akhirnya terbentur dengan pekerjaan yang lain dan waktu untuk mengerjakannyapun semakin sedikit, akhirnya terasa sangat berat mengerjakannya.

Untuk itu untuk mengatasinya sahabat jangan pernah menunda pekerjaan dan lakukan sebaik mungkin karena di lain waktu masih banyak pekerjaan menunggu.

2. Gaya Hidup Yang Salah

Gaya hidup yang salah juga salah satu penyebab rasa malas timbul . karena gaya hidup yang salah banyak menimbulkan efek negatif kepada tubuh dan fikiran sahabat.

Contohnya sahabat bermain game seharian tanpa ingat waktu yang membuat sahabat kecanduan main game. Akhirnya fikiran sahabat hanya terfokus untuk bermain game saja dan malas untuk melakukan hal lainnya.

Atau sahabat hobi sekali begadang hingga dinihari, akhirnya sahabat sangat sulit bangun pagi dan menurunkan produktifitas dalam kegiatan sahabat.

Untuk mengatasi rasa malas semacam ini sahabat harus membatasi setiap kegiatan sahabat, agar tidak menjadi kecanduan dan kebiasaan yang sulit dirubah.

3. Tidak Memiliki Cita Cita / Tujuan Hidup Yang Jelas

Tidak memiliki cita cita dan tujuan hidup yang jelas juga bisa menjadi penyebab rasa malas yang berlebih. Karena cenderung sahabat akan menjalani hidup seadanya saja tanpa target apapun.

Akibatnya sahabat menjalani hidup dengan kegiatan yang cenderung monoton dan tidak menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupan di masa depan kelak.

Walaupun memang wajib kita mensyukuri hidup apapun keadaannya. Namun bukan berarti itu menjadi alasan buat bermalas malasan dan tidak berusaha meraih hidup yang lebih baik.

Cara mengatasi rasa malas semacam ini tentu sahabat harus memiliki target dan harapan yang ingin sahabat capai, agar bisa menimbulkan motivasi dalam diri untuk terus berbuat hal yang produktif.

4. Menganggap Remeh Sesuatu

Mengganggap remeh sesuatu yang kecil bisa saja menjadi boomerang bagi sahabat. Karena sesuatu yang kecil itu bisa saja menjadi besar dan tak terkendali.

Contohnya seperti menunda membayar tagihan wajib seperti listrik air dan kredit kendaraan, akhirnya membuat tagihan menumpuk dan membuat pusing tujuh keliling dan akhirnya rasa malas datang akibat kepanikan berlebih.

Untuk itu cara mengatasinya sahabat jangan pernah mengaggap remeh hal sekecil apapun nantinya.

5. Pola Makan Yang Salah

Pola makan yang salah bisa juga menyebabkan rasa malas timbul lho. Karena pola makan yang salah bisa menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi yang menyebabkan tubuh mudah lelah dan kekurangan energi, bawaannya selalu ingin rebahan.

Pola makan yang salah juga bisa menyebabkan tubuh sahabat mudah terserang penyakit yang akhirnya tidak bisa terlalu akitf beraktifitas.

Untuk mengatasi hal semacam ini sahabat harus benar benar memperhatikan makanan dan nutrisi yang masuk terhadap tubuh agar bisa lebih aktif dan produktif dalam menjalankan kehidupan yang lebih baik

6. Rasa Ragu Dan Takut Berlebih

Keraguan dan rasa takut yang berlebih bisa membuat sahabat malas untuk melaksanakan sesuatu. Itu karena sahabat selalu dihantui keresahan apakah hal yang mau dilakukan itu bakalan berhasil atau malah nanti bakal berujung kepada kegagalan.

Jika tidak segera di atasi sahabat akan terus terusan seperti ini, dan tetap ragu dalam mengambil keputusan.

Untuk itu segera atasi hal ini dengan cepat dengan mencoba memberanikan diri uuntuk melakukan apa yang sahabat ragu dan takuti dan menyerahkan hasilnya kepada Tuhan yang maha kuasa.

7. Ingin Hasil Yang Cepat Dan Instan

Penyebab rasa malas selanjutnya bisa datang dari menginginkan hasil yang cepat dan instan dari segala usaha yang sahabat lakukan. Sedangkan segala sesuatu tentulah butuh proses dan tidak ada hasil yang instan di dunia ini.

Menginginkan hasil yang instan akanbuat sahabat malas berusaha dan malas untuk memperjuangkan sesuatu karena mudah menyerah dan menganggap apa yang sahabat lakukan tidaklah berguna.

Jika sahabat merasa memiliki sifat demikian, segera buang jauh jauh. Karena di dunia ini tidak ada yang instan, semua butuh proses,perjuangan yang terkadang memakan waktu yang cukup lama.

Demikianlah penyebab rasa alas dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat : Baca juga : cara menghilangkan stress di rumah