Tips Sukses Bisnis Tanaman Hias Online Dengan Modal Kecil

Di tengah pandemi yang tak kunjung usai seperti sekarang. menekuni bisnis tanaman hias online merupakan salah satu potensi bisnis yang sangat menggiurkan. Karena semakin sering orang dirumah, dan semakin terbatas kegiatannya, maka semakin banyak orang yang mencari kegiatan positif seperti memelihara tanaman hias yang sekaligus bisa dijadikan sebagai alat untuk mempercantik ruangan.

Maka tak heran, jika bisnis tanaman hias ini sempat viral di medsos, terutama dikalangan para ibu rumah tangga ataupun mereka yang memang dari awal sudah menyukai tanaman hias.

Ini menunjukan bisnis tanaman hias online ini memiliki potensi kesuksesan yang cukup besar jika dikelola secara baik dan profesional dan di topang dengan pengetahuan akan perawatan tanaman hias ataupun jenis jenis dari tanaman hias yang banyak diminati masyarakat.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips sukses bisnis tanaman hias online dengan modal kecil, semoga bisa memberikan inspirasi.

Tips Sukses Bisnis Tanaman Hias Online Dengan Modal Kecil

bisnis tanaman hias

1. Pilih Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Hanya Tren Semata

Walaupun mengikuti trend itu penting, namun bagi para pemula saya tidak menyarankan untuk fokus kepad tren yang berlaku saja. Karena trend ini sifatnya bisa cepat berubah ubah dengan cepat, sehingga sangat sulit untuk menyiapkannya.

Lebih baik, sahabat pilih jenis tanaman hias yang sudah terbukti memiliki penggemarnya tersendiri dari dahulu hingga sekarang. yang terkenal akan keindahan bentuk dan warna warni bunganya ataupun struktur tanamannya yang menarik.

Sebut saja seperti bunga mawar, bunga anggrek, kaktus, sirih gading , lidah mertua dan masih banyak yang lainnya, merupakan jenis tanaman hias yang tidak kenal musim dan disukai hampir oleh semua kalangan.

Jenis tanaman hias yang seperti inilah yang bisa membuat sahabat sukses dalam menekuni bisnis tanaman hias secara online ataupun offline.

2. Fokus Pada Satu Jenis Tanaman Lebih Dahulu

Karena modal yang sahabat miliki terbatas. Maka di awal awal memulai usaha tanaman hias ini bisa dimulai dengan fokus pada satu jenis tanaman hias aja lebih dahulu. Nanti setelah budidaya tanamannya berhasil, baru bisa mengembangkannya dengan membudidayakan tanaman yang lainnya.

Gak usah terburu nafsu ingin memulai bisnis tanaman hias dengan lengkap yang bisa menyajikan aneka jenis tanaman hias. Maka tentu akan sulit terealisasi, karena modal yang di perlukan pastikan sangat besar.

Dan tentu akan sangat berisiko bagi para pemula, yang belum mengetahui tentang seluk beluk usaha tanaman hias.

3. Mengetahui Cara Perawatan Tanaman Hias Dengan Baik 

Untuk menjadi profesional dalam berbisnis, tentu kita harus mengetahui cara perawatan tanaman hias yang baik. Dan untuk itu sahabat harus bisa belajar dari sumber sumber yang tepat. Dan alangkah lebih baiknya lagi kalau bisa belajar langsung dari para pelaku usaha tanaman hias yang ada di daerah sahabat.

Pelajari dengan seksama bagaimana cara mereka merawat tanaman hias dari mulai penyemaian hingga dewasa dan sampai dipsarkan kepada masyarakat.

Ya, walaupun memang terkadang tidak semua para pelaku usaha mau untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Namun jika sahabat tekun dan rajin mencari informasi, maka sahabat bisa menemukan cara merawat tanaman hias dengan baik.

4. Media Tanam Yang Tepat + Desain Yang Menarik

Media tanam yang tepat akan membuat tanaman hias tumbuh dengan baik sesuai dengan waktunya. Sedangkan desain media tanam yang menarik akan menjadi daya tarik tersendiri bari para calon konsumen, karena walau bagaimanapun akan mempengaruhi tampilan dari tanaman hias tersebut.

Dimana, desain yang menarik dari media tanam, akan mampu menambah nilai jual dari si tanaman hias, karena akan mendukung tampilan dan bisa diletakkan diman saja.

Untuk itu, jangan asal dalam menggunakan pot yang akan digunakan sebagai media tanam. Dan perhatikan dengan seksama bentuk dan tampilan dari si pot tersebut dan kalau perlu membuat pot bunga dengan desain sendiri itu akan menjadi nilai lebih.

5. Teknik Promosi Yang Tepat

Setelah semua hal di atas bisa sahabat lakukan, maka untuk sukses dalam bisnis tanaman hias online adalah sahabat harus bisa melalkukan promosi pemasaran yang tepat melalu internet.

Salah satunya melalui media sosial seperti instagram, facebook dan juga melalui blog atau website sendiri.

Untuk promosi melalu instagram akan lebih maksimal jika sahabat bisa menggandeng para selebgram di daerah sahabat untuk ikut mempromosikan tanaman hias milik sahabat, maka hasilnya akan tidak di sangka sangka

6. Konsisten

Tanpa konsisten. maka sahabat tidak akan pernah berhasil dalam berbisnis termasuk dalam bisnis tanaman hias ini. Karena walau bagaimanpun bisa saja di awal memulai bisnis banyak mengalami kendala yang jika tidak disikapi dengan sabar akan membuat jenuh dan tidak konsisten.

Demikianlah beberapa tips sukses bisnis tanaman hias, semoga bermanfaat buat sahabat pembaca semua.