Strategi Bisnis Kos Kosan Agar Sukses

 Untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis, tentu harus memilki strategi yang matang dalam memulainya. Tak terkecuali dengan bisnis kos kosan. Memiliki strategi bisnis kos kosan yang matang akan membantu sahabat meraih sukses dalam menjalankan usaha kos kosan sahabat.

Apalagi tingkat persaingan bisnis kos kosan ini cukup tinggi. Maka jika sahabat asal asalan dalam memulai bisnis kos kosan ini, maka sahabat akan sulit bersaing dengan  kos kosan yang lain yang sudah lebih dahulu ada, yang tentu mereka sudah lebih dikenal.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit strategi bisnis kos kosan agar sukses dan bisa bersaing dengan yang lain.

Strategi Bisnis Kos Kosan Agar Sukses

bisnis kos kosan

1. Bangun Kos Kosan Di Lokasi Yang Dekat Dengan Fasilitas Umum

Salah satu faktor penting yang menajdi pertimbangan para calon konsumen dalam meilih kost untuk tempat mereka tinggal adalah faktor lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti pasar, perkantoran, kampus dan pabrik.

Karena umumnya mereka ingin bisa pergi ke mana saja dengan cepat, sehingga bisa menghemat waktu dan ongkos.

Untuk itu, sebelum membangun kos kosan, sahabat harus memastikan bahwa lokasi yang akan sahabat bangun kos kosan tersebut cukup strategis dan dekat dengan salah satu fasilitas umum tersebut. 

Jika tidak, maka lebih baik sahabat mencari lokasi yang baru, agar nantinya tidak kesulitan dalam mencari pelanggan.

2. Tempat Kost Berada Dilingkungan Yang Aman 

Lingkungan yang aman, juga menjadi pertimbangan yang sangat penting sebelum orang memutuskan untuk mencari tempat kos. karena umumnya mereka yang mencari kos kosan tersebut orang baru, sehingga mereka sangat memperhatikan tentang lingkungan dimana lokasi kos tersebut berada.

Untuk itu, jangan sampai sahabat mendirikan kos kosan di tempat yang terkenal dengan lingkungan yang tidak aman, kalau mau cepat dapat konsumen

3. Tempat Kost Yang Nyaman Dan Layak

Pastikan juga tempat kost yang sahabat punya nyaman dan layak untuk di tinggali, sehingga bisa memberikan kesan tersendiri pada saat orang melihatnya. Karena tentu sudah sifat dasar manusia yang ingin tinggal di tempat yang nyaman dan layak.

Nyaman yang saya maksud disini, bisa dari segi desain bangunan yang menarik, fasilitas yang memadai, serta sirkulasi udara yang sejuk yang membuat semua orang betah untuk tinggal dilamnya.

Jangan sampai membuat kos kosan yang ala kadarnya, karena tentu setiap orang akan membandingkanya dengan kos kosan yang lain, sebelum mereka memihnya.

4. Harga Sewa Yang Terjangkau

Sebagai pendatang baru, sahabat jangan langsung mematok harga sewa yang terlampau tinggi, agar bisa menarik minat para calon konsumen, kalau perlu sahabat memberikan harga sewa yang lebih murah dari kos kosan yang sudah ada sebelumnya.

Misalnya sahabat kasih diskon Rp.50.000 saja, itu sudah bisa menjadi daya tarik lebih untuk orang lebih memilih kos kosan sahabat di bandingkan yang lain. jadi jangan ragu untuk memberikan harga yang lebih murah.

5. Memberikan Fasilitas Tambahan

Fasilitas tambahan yang saya maksud disini yang kira-kira bisa membuat orang betah, Misalnya memberikan fasilitas wifi gratis kepada penghuni kos. Tentu ini akan menjadi daya tarik yang kuat buat mereka. 

Karena umumnya setiap orang sekarang membutuhkan internet dalam keseharian mereka, sehingga jika sahabat memberikan fasilitas wifi gratis, saya yakin pasti kos kosan yang sahabat miliki akan cepat terisi.

Bisa juga dengan memberi fasilitas berupa perabot rumah tangga dan juga kasur dan tempat tidur, sehingga para penghuni kost tidak perlu repot repot lati untuk mebeli pekakas rumah.

6. Menjalin Hubungan Yang Baik Dengan Penghuni Kost

Ini sangat penting untuk sahabat lakukan, agar para penghuni kost merasa nyaman dan tidak canggung saat bertemu dengan sahabat. Dengan ada aja hubungan baik ini juga bukan tidak mungkin mereka akan ngekos di tempat sahabat dalam waktu yang cukup lama sehingga sahabat tidak perlu bersusah payah lagi mencari penghuni kost yang baru.

Anggap saja setiap penghuni kost tersebut seperti kawan, dan jangan ragu untuk mengunjungi mereka untuk sekedar mengajak ngobrol.

7. Bebas Tapi Sopan

Setiap orang tentu merasa tidak nyaman jika di kekang. Untuk itu beri kebebasan kepada setiap penghuni kost, selama mereka tidak melanggar etika dan kesopanan. maka mereka akan betah ngekost di tempat sahabat, bahkan mungkin hingga bertahun tahun.