Ingin Usaha Ternak Ayam Bangkok? Temukan Caranya Yang Baik dan Benar

 Cara ternak ayam bangkok yang baik adalah hal yang harus sahabat kuasai lebih dahulu, jika sahabat tertarik untuk memulai beternak ayam bangkok. Karena dengan mengetahui teori cara ternak ayam bangkok yang baik, sedikit banyak akan membantu sahabat untuk kesuksesan usaha ternak ayam bangkok milik sahabat.

Apalagi saat ini persaingan ternak ayam bangkok terbilang tinggi, karena memang hasil yang menggiurkan, mengingat harga ayam bangkok ini terbilang sangat tinggi, terutama jika terbukti tangguh saat bertarung, maka akan menjadi buruan para pencinta ayam aduan.

Maka jika sahabat tidak ingan kalah saing dalam bisnis ini, maka tentu sahabat harus menguasai segala teknik pembudidayaannya agar bisa menghasikan ayam bangkok super.

Cara Ternak Ayam Bangkok Yang Baik

cara ternak ayam bangkok yang baik

1. Pemilihan Bibit Unggul

Di dunia peternakan, pemilihan bibit adalah hal yang sangat krusial sekali, karena akan sangat mempengaruhi kualitas anakan yang di hasilkan dan tentu akan berpengaruh terhadap harga jual nanti di pasaran.

Untuk itu, jika sahabat ingin beternak ayam bangkok dengan cara ingin mengembangbiakannya. maka tentu sahabat harus memilih bibit indukan ayam bangkok yang sangat bagus, baik indukan jantan atau indukan betinanya.

Begitu juga jika sahabat hanya ingin melakukan pembesaran ayam bangkok, pastikan sahabat memilih anakan ayam bangkok yang bersal dari indukan ayam bangkok yang super dan sudah terbukti kualitasnya.

Cara Mengetahui Bibit Yang Unggul Bagaimana?

Biasanya dilihat dari cicri fisiknya, seperti mata yang jernih, badan ayam berdiri tegap, pergerakan gesit, serta kaki ayam bangkok terbuka lebar dan normal, bentuknya proposional, lututnya menjorok kebelakang dan memiiki sisik yang kering.

Dan khusus untuk ayam aduan, maka sebaiknya sahabat membeli bibit ayam dari anakan ayam para juara.

2. Kandang Yang Bersih Dan Sehat

Seperti halnya mahluk hidup lainnya yang akan mudah terserang penyakit jika tempat tinggal mereka penuh dengan kuman dan bakteri akibat kotor dan tidak pernah di bersihkan.

Begitu juga dalam hal memilihara ayam bangkok. Kandang yang bersih akan membuat ayam terbebas dari segala macam kuman dan bakteri yang tentunya akan membuat pertumbuhan ayam sehat dan tidak terganggu.

Untuk itu, sahabat harus benar benar memperhatikan kebersihan kandang ayam milik sahabat, dengan membersihkannya secara rutin, Dan pastikan juga kandang ayam terkena sinar matahari pagi agar ayam bisa menyerap vitamin D yang sangat bagus buat pertumbuhan mereka.

Bersihkan juga kotoran ayam secara teratur. Agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap serta menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri.

3. Pemberian Pakan Yang Bergizi

Satu kesalah besar dari para peternak ayam adalah, tekadang memberi makan ayam mereka ala kadarnya dari makanan sisa atau nasi yang ada dirumah. Padahal setiap mahluk hidup didunia ini perlu makanan yang bergizi agar mereka bisa tumbuh dengan sehat dan kuat, tak terkecuali ayam bangkok.

Untuk itu jika sahabat ingin ayam bangkok sahabat tumbuh sehat, maka pastikan pemberian pakan ayamnya secara teratur serta gizinya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh si ayam itu sendiri.

Untuk mengetahui nilai gizinya, sahabat bisa melihat dari komposisi yang biasanya ada di bungkus/ karung paka ayam. Atau sahabat bisa juga dengan membuat campuran pakan ayam sendiri seperti dari dedak, ampas tahu, dan juga dedaunan yang merupakan sumber vitamin alami dari alam.

4. Pemberian Vitamin 

Terkadang sumber vitamin dari makanan saja tidak cukup maksimal untuk pertumbuhan ayam bangkok. Untuk itu untuk menjaga daya tahan tubuh si ayam sahabat bisa juga memberikan vitamin yang di jual di pasaran.

Untuk merk vitaminya sendiri saya rasa bebas, atau jika memang sahabat ragu, sahabat bisa mencari tahu dari para peternak ayam tentang jenis vitamin yang mereka gunakan. Karena biasanya masing masing peternak punya merk vitamin andalan tersendiri, tergantung dari pengaman mereka pernah memakai merek vitamin apa.

5. Amati Kondisi Dan Pertumbuhan Ayam Setiap Harinya

Hal ini juga sangat penting untuk sahabat lakukan, agar sahabat bisa mengetahui kondisi ayam sahabat setiap harinya, sehinga misalnya ada ayam yang sakit sahabat bisa segera mengetahuinya dan mengobatinya dengan cepat, sebelum menular kepada ayam lainnya.

Pengamatan terhadap ayam ini harus dilakukan setiap hari, bisa pada saat memberi pakan ayam ataupun saat membersihkan kandang, sahabat bisa sekaligus memperhatikan prlaku ayam milik sahabat, biasanya jika ada ayam yang sakit akan memiliki prilaku yang berbeda dari ayam lainnya.

Demikianlah cara ternak ayam bangkok yang baik, semoga bisa memberikan inspirasi buat sahabat yang membaca artikel ini. jangan lup baca juga artikel saya sebelumnya tentang : Usaha ternak paling cepat panen dan menguntungkan