Usaha Ternak Paling Cepat Panen Dan Menguntungkan

Bagi peternak pemula, tentu mereka akan mencari usaha ternak paling cepat penen dan menguntungkan. Karena jika ternak cepat penen dan menguntungkan, maka tentu akan cepat juga mendapatkan keuntungan yang bisa di putar kembali untuk membeli bibit dan juga untuk keperluuan sehari - hari tentunya.

Kabar baiknya, ada cukup banyak usaha ternak dengan masa panen tidak sampai 30 hari, sehingga sangat cocok untuk sahabat yang ingin cepat punya penghasilan dari usaha ternak.

Tapi apa saja usaha ternak paling cepat penen dan menguntungkan tersebut? pada kesempatan kali ini saya akan coba berikan beberapa contoh usaha ternak paling cepat panen tersebut, berdasarkan dari beberapa sumber.

So, sahabat harus simak artikel ini sampai habis ya :

Ternak Paling Cepat Penen Dan Menguntungkan

Ternak Paling Cepat Panen Dan Menguntungkan

1. Ternak Kroto

Ternak kroto adalah usaha ternak paling cepat panen diantara budidaya ternak lainnya. Karena masa panen kroto yang sudah normal adalah 15 s/d 20 hari saja, jika dikelola dengan baik dan benar tentunya.

Dengan masa panen yang tidak sampai 1 bulan tersebut , tentu membuat ternak kroto ini juga sangat menguntungkan bagi peternak, karena bisa cepat mendapatkan uang dan untuk penjualannya tidak terlalu sulit, karena sangat diperlukan oleh para pecinta burung hias.

Apalagi saat ini kroto liar sudah sangat sulit ditemukan, maka budidaya kroto ini merupakan jalan satu satunya untuk memenuhi permintaan pasar.


2. Ternak Jangkrik

Terntu sahabat sudah pada tahu donk dengan hewan yang satu ini? hewan yang sering berbunyi krik krik dimalam hari ini merupakan salah satu usaha ternak paling cepat penen lho sahabat. Karena masa panen dari jangkrik ini hanya sekitar 35 hari saja, dan bisa lebih cepat, jika pemberian pakannya sangat baik.

Tentu ini merupakan peluang usaha ternak yang bagus, karena budidaya jangkrik tidak membutuhkan tempat yang terlalu besar, dan potensi pasar penjualan jangkrikpun sangat besar, karena tidak hanya untuk pakan hewan peliharaan saja, sekarang jangkrik juga digunakan sebagai bahan kosmetik.

Jadi, ternak jangkrik sangat layak untuk sahabat pelajari.
 

3. Ternak Ulat Sutra

Usaha ternak yang cepat panen selanjutnya adalah usaha ternak ulat sutra, yang merupakan kebutuhan utama untuk membuat benang sutra yang akan dipintal menjadi kain sutra yang lembut dengan harga yang mahal tentunya.

Menurut data yang saya dapat masa penen ulat sutra setelah menjadi kokon hanya sekitar 25 sampai 30 hari saja. dengan harga perkilonya berkisar Rp.25.000 s/d Rp.30.000 dan harganya bisa berlipat lipat jika sudah menjadi benang.

Tentu ini merupakan peluang usaha ternak yang sangat bagus untuk dikembangkan.

4. Ternak Ayam Potong

Selanjutnya yang paling populer diantara yang lainnya adalah usaha ternak ayam potong, yang merupakan kebutuhan utama masyarakat indonesia yang paling gemar menkonsumsi ayam.

Maka tak heran kalau permintaan pasar terhadap ayam ini selalu besar, apalagi menjelang hari hari besar seperti bulan puasa dan lebaran, para peternak ayam hampir tidak pernah kesulitan menjual ayam mereka.

Dan untuk masa penen sendiri ayam potong ini bisa sahabat panen hanya dalam waktu 40 hari saja

5. Ternak Cacing Sutra

Selanjutnya ada juga ternak cacing sutra, yang sangat dibutuhkan oleh para pembudidaya ikan seperti ikan patin, karena cacing sutra ini merupakan pakan terbaik karena kandungan gizi yang bagus untuk larva ikan agar cepat besar.

Untuk masa panen perdana cacing sutra ini berkisar antara 50 hari, dan untuk panen selanjutnya bisa dipanen 12 hari sekali, tanpa harus membeli bibit cacing sutra lagi.

Tentu ini sangat bagus untuk dikembangkan dan dijadikan usaha.

6. Ternak Burung Puyuh

Ternak burung puyuh ini juga merupakan salah satu ternak yang cepat panen, karena hanya dalam waktu 45 hari saja, buruh puyuh sudah siap bertelur dan tentu bisa dipanen dan di jual ke pasar.

Kalau sahabat ingin bisa lebih cepat penen, maka sahabat bisa memulai usaha ini dengan membeli bibit yang sudah berusia 30 hari, sehingga sahabat tidak perlu waktu lama untuk menunggu burung puyuh ini bertelur.

Untuk pemasarannya sendiri gak perlu khwatir, karena banyak sekali masyarakat yang menyukai telur burung puyuh ini