Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah Gak Pake Ribet

 Modal usaha yang cukup, merupakan hal utama yang harus dimiliki untuk membangun sebuah bisnis. Untuk itu sangat penting menguasai cara mendapatkan modal usaha dengan mudah bagi sahabat yang tertarik untuk membangun kerajaan bisnis sendiri.

Walaupun kata orang memulai usaha itu gak harus dengan modal uang. Namun kenyataannya tetap saja, mendapatkan modal usaha berupa uang akan mempermudah proses memulai usaha serta membangunya menjadi sebuah usaha yang besar.

Jadi sangat penting untuk sahabat memahami cara mendapatkan modal usaha yang akan saya bagikan di artikel ini, agar bisa membantu dalam menyusun perencanaan usaha yang ingin sahabat buat dan realisasikan.

Bagaimana cara mendapatkan modal usaha dengan mudah tersebut? yuk simak.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah

cara mendapatkan modal usaha

1. Mencari Investor / Rekan Bisnis

Mencari investor atau rekan bisnis adalah cara mudah mendapatkan modal usaha yang bisa sahabat coba. Karena tentu banyak orang diluar sana yang memiliki uang namun bingun dan tak tahu hendak usaha apa.

Nah, bagi sahabat yang merasa memiliki kemampuan untuk membangun usaha, tapi tidak memiliki modal, maka sahabat harus mencari rekan yang mau diajak bekerja sama membangun bisnis.

Buat rencana usaha, serta strategi dalam mengembangkannya, kemudian diskusikan dengan mereka, jika mereka tertarik, maka sahabat bisa dengan mudah mendapatkan modal usaha tanpa harus hutang ke bank.

2. Menabung + Kerja Sampingan

Jika sahabat hanya menabung dari gaji bulannya saja, tentu akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa mengumpulkan modal usaha, karena biasanya uang gaji habis untuk keperluan sehari-hari.

Untuk itu, jika ingin cepat mendapatkan modal, sahabat harus bisa mencari pekerjaan sampingan yang bisa memberikan tambahan penghasilan dan di tabung setiap bulannya.

Dengan cara ini, saya yakin, tidak butuh waktu yang lama, sahabat sudah bisa mengumpulkan modal usaha.

Tapi bingung mau kerja sampingan apa? tenang aja, ada banyak koq pekerjaan sampingan yang bisa sahabat lakukan. Silahkan baca di artikel saya sebelumnya tentang kerja sampingan malam hari

3. Menjual Aset Pribadi

Jangan ragu untuk menjual aset yang ada, jika sudah memiliki perencanaan usaha yang benar-benar matang. Karena jika usaha yang sahabat bangun tersebut berhasil, maka sahabat bisa membeli aset yang jauh lebih banyak lagi.

Namun tentunya dengan pertimbangan dan perhitungan yang matang, agar jangan salah dalam melangkah nantinya, dimana aset habis terjual tapi usaha tidak berhasil.

Untuk meminimalisir hal tersebut. sahabat harus melakukan studi kelayakan bisnis,ataupun melakukan survei langsung dilapangan tentang usaha yang potensial dijalankan. Atau bisa juga berkonsultasi dengan para pengusaha yang sudah berpengalaman dalam membangun sebuah bisnis.

4. Meminjam Kepada Teman / Keluarga Dekat

Kelebihan meminjam modal usaha kepada teman ataupun keluarga adalah, kita tidak dikenakan bunga yang besar, sehingga tidak begitu memberatkan untuk pengembalian modalnya kelak.

Namun demikian, untuk mendapatkan kepercayaan dari teman dan keluarga, Maka kita harus menjadi orang yang bisa dipercaya dan juga punya komitmen tinggi dalam membangun bisnis tersebut. Jika tidak maka akan sangat sulit untuk mendapatkanya.

Tapi tak ada salahnya juga dicoba, yang penting semuanya sudah terencana dengan sebaik mungkin.

5. Mendapatkan Modal Dengan Menggadaikan Barang Berharga

Jika sahabat tidak ingin menjual aset untuk dapat modal. Maka solusi lainnya adalah dengan menggadaikan barang berharga milik sahabat seperti emas, tanah dll. Dengan menggadikan maka aset tidak hilang, namun sahabat bisa dapat modal, dan dapat menebusnya kembali sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Sahabat bisa menggadaikan barang berharga milik sahabat kepada teman, rekan kerja, keluarga, atau bisa juga di kantor pegadaian terdekat dikota sahabat.

6. Mengajukan Pinjaman Ke Bank

Yang terakhir, jika tidak ada jalan lagi, maka sahabat bisa mengajukan pinjaman ke bank sesuai dengan yang sahabat butuhkan. Dimana biasanya jika hanya meminjam uang di bawah 20 juta, cukup menggunakan bpkb motor saja , maka uang sudah bisa mencairkan pinjaman dengan cepat.

Selanjutnya, jika nanti usaha sahabat sudah bisa jalan, maka sahabat bisa mengajukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR).