Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan

 Menguasai cara hemat dalam membelanjakan uang jajan adalah hal yang harus dilakukan sejak dini, agar kelak ketika sahabat diberikan amanat untuk mengelola uang yang lebih besar, maka akan bijak dalam menggunakannya dan bisa menggembangkan menjadi lebih besar lagi.

Ya meskinpun memang cara hemat dalam mebelanjakan uang jajan ini cenderung sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari, karena berhubungan dengan kebiasaan, gaya hidup dan juga dari kesadaran diri kita masing masing.

Tapi setidaknya dengan mengetahui cara hemat dalam membelanjakan uang jajan ini, suatu saat sahabat bisa jadikan panduan dalam berhemat uang jajan anda. 

Apa saja hal yang harus dilaukan untu bisa berhemat tersebut? yuk kita mulai ulasannya :

Cara Hemat Dalam Membelanjaan Uang Jajan

cara hemat dalam membelanjakan uang jajan

1. Langsung Ditabung Setengahnya Sebelum Dibelanjakan

Cara ini sangat efektif, karena dengan langsung menabung setengah dari uang jajan kita, maka kita cenderung lebih hati hati dalam membelanjakan uang, karena jumlah uang yang kita pegang tidak terlalu banyak.

Berbeda jika kita membawa uang jajan kita kesana kemari, maka semua yang dilihat serasa ingin dibeli dan diborong. Untuk itu, agar bisa meredam perasaan tersebut maka lebih baik disisihkan setengahnya untuk menabung.

Giamana cara menabungnya? silahkan sahabat baca artikel saya sebelumnya tentang : cara menabung uang jajan 2000

2. Bawa Uang jajan Secukupnya Pada Saat Jalan Keluar Rumah

Cara hemat uang jajan yang ke 2 adalah dengan membawa uang jajan secukupnya saja setiap kali pergi keluar rumah ataupun pergi belibur. Hal ini untuk mencegah teman teman membelanjakan uang jajan terlalu sering dan membelanjakan uang secukupnya saja sesuai yang direncanakan.

Apalagi pada saat hendak pergi main kerumah teman ataupun keluarga, biasanya kecenderungan kita akan membelanjakan uang lebih banyak dari yang biasanya jika membawa uang lebih.

Bukan saya mengajari untuk pelit, tetapi semua pengeluaran harus tertata dan ada saatnya untuk berbagi, ada saatnya juga untuk memikirkan kedepan, karena jika uang jajan sahabat habis terlalu cepat, sahabat sendiri yang bakalan kesusahan, ia nggk?

3. Memanfaatkan Fasilitas Gratis Yang Ada Disekitar Kita

Seperti fasilitas wifi gratis di kantor, kampus dan tempat tempat umum lainnya, ini bisa sahabat mamnfaatkan untuk bisa menghemat uang jajan yang biasa digunakan untuk membeli kuota internet setiap bulannya.

Yang penting jangan nyolong wifi tetangga aja ya sob.. hehe

Pokoknya asal ada fasilitas gratis untuk umum maka manfaatkan aja sebaik mungkin, karena hal tersebut memang diperuntukan untuk umum. 

4.Sebisa Mungkin Membatasi Makan Dan Minum Diluar 

Sejauh pengalaman saya, makan dan minum diluar adalah hal yang paling poros dan seringkali membuat uang jajan habis sebelum waktunya. Untuk itu sebisa mungkin membatasi makan dan minum diluar dan lebih baik membuatnya sendiri dirumah.

Coba sahabat bayangkan untuk segelas kopi di cafe berapa coba uang yang harus kita keluarkan? bandingkan dengan kita membuatnya sendiri dirumah? Tapi kan suasanya enak dan gak bikin suntuk !. ada banyak koq cara lain yang gratis yang bisa menghilangkan suntuk misalnya dengan jalan kepantai ataupun ketaman.

Ya pilihannya ada di tangan sahabat sendiri sih.

5. Jadi Diri Sendiri Dan Gak Usah Ngikutin Tren

Salah satu penyakit yang sulit untuk duang adalah kebiasaan anak mudah sekarang sering mengikuti trends yang sedang booming, sehingga cenderung memaksakan membeli sesuatu yang diluar kemampuannya hanya agar bisa dikatakan trendy dan tidak ketinggalan zaman.

Gak masalah sih sebenarnya. Jika memang sahabat mampu dan sesuai dengan pemasukan keuangan sahabat. Jika tidak, maka hal ini akan membuat sahabat sangat boros, dan bukan saja uang jajan yang habis, uang yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan pokokpun terkadang juga habus terkuras jika kita terpengaruh dengan sifat ini.

Lebih baik kita bersabar dan bersakit sakit dahulu, karena ada waktunya kita bisa membeli semua hal yang kita inginkan, jika sudah mapan dan memiliki penghasilan yang mapan pula.

6. Jangan Mudah Tergiur Promo Dan Diskon

Promo dan diskon adalah hal yang menarik, namun terkadang membuat kita mudah tergiur dan memutuskan untuk membelinya, padahal sebearnya barang tersebut belum kita perlukan ataupun masih ada stok dirumah.

Jadi, berhati hatilah dengan promo dan diskon yang ada ditoko, jika memang barang yang sedang promo tersebut seuai dengan yang kita perlukan, maka tidak masalah, jika tidak maka tahan diri untuk membelinya.

Demikianlah cara hemat dalam membelanjakan uang jajan yang bisa sahabat terapkan dalam kehidupan sehari hari, semoga bermanfaat.