Tips Kerja Shift Malam Agar Tidak Ngantuk

Tips kerja shift malam yang akan saya bagikan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi, karena saya sendiri juga merupakan pekerja shift, sehingga cukup merasakan bagaimana sulitnya bekerja shift malam terutama dalam hal melawan kantuk. 

Apalagi  buat sahabat yang masih belum terbiasa bekerja shift ataupun baru pertama kali bekerja dengan sistem shift, tentu akan sedikit berat rasanya ketika sahabat harus bekerja shift malam, karena memang pada saat itu kondisi tubuh kita di desain untuk istirahat.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagai tips kerja shift malam agar tidak ngantuk, yang bisa sahabat paraktekkan ketika nanti sahabat memasuki kerja shift malam di perusahaan.

Yuk langsung saja kita bahas :

Tips Kerja Shift Malam Agar Tidak Ngantuk

1. Tidur Yang Cukup Sebelum Bekerja

Cara paling ampuh untuk menghilangkan kantuk pada saat kerja shift malam adalah sahabat harus menyempatkan untuk tidur di rumah minimal 2 jam, terutama pada malam hari. Jadi misalkan sahabat bekerja shit malam pada pukul 23.00 maka sahabat bisa tidur lebih dahulu dari pukul 19.00 s/d 21.00. Dengan cara ini maka tubuh sahabat akan lebih fit dan tidak mudah ngantuk.

Cara semacam ini sering saya lakukan dan selalu berhasil menghilangkan kantuk dan mampu melek hingga pagi hari, karena kita sudah tidur lebih dulu, sehingga tubuh dan mata masih sanggup di bawa bekerja hingga pagi tiba.

2.  Hindari Kegiatan Yang Melelahkan Di Siang Hari

Penyebab paling umum sangat mudah ngatuk pada saat bekerja shift malam adalah karena terlalu banyak kegiatan yang melelahkan di siang hari, sehingga pada saat bekerja tubuh sudah sangat lelah, sehingga ngantukpun tidak bisa terbendung.

Untuk itu, pada saat sahabat terkena jadwal shift malam, pastikan sahabat mengurangi kegiatan yang menguras waktu dan tenaga yang bisa membuat tubuh cepat lelah, agar tidak mudah ngantuk pada saat bekerja.

3. Makan Makanan Bernutrisi

Pada saat bekerja shift malam, tanpa sadar banyak energi dan tenaga yang kita kuras untuk bekerja, karena tubuh manusia memang di ciptakan Tuhan untuk beristirahat di malam hari, sehingga jika harus bekerja maka tubuh memerlukan nutrisi lebih untuk beraktifitas.

Untuk itu biasakanlah untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi setiap selesai bekerja shift untuk mencegah tubuh mudah lelah dan letih karena haru habis begadang. Contoh makanan yang bagus seperti buah buahan, madu, dan juga anek sayuran.

4. Minum Kopi Hitam

Sudah bukan rahasia lagi, kopi hitam adalah salah satu minuman yang bisa membantu kita agar tidak ngantuk karena kandungan cafein pada kopi. Namun demikian khasiat kopi ini baru bisa sahabat rasakan jika kondisi tubuh sahabat tidak dalam kelelahan yang berlebihan. Jika kondisi tubuh sahabat kurang fit tetap saja minum kopi tidaklah begitu banyak membantu.

Dan juga harus di ingat, minum kopi ini juga tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabakan rentan terkena penyakit maag dan juga asam lambung. jika mengkonsumsi kopi terlalu sering setiap harinya.

5. Banyak Bergerak

Rasa kantuk sering datang diakibatkan pada saat sahabat bekerja hanya duduk dan tidak banyak bergerak, sehingga timbul rasa malas dan jenuh dan tak lama rasa ngantuk akan datang.

Untuk itu, untuk menghilangkan rasa kantuk pada saat bekerja, sahabat bisa membawanya bergerak dengan berjalan di sekitaran kantor, sambil menghirup udara segar di sekitar, agar mata bisa kembali fresh.

6. Menonton Tv / Film

Menontoh tv juga bisa membantu untuk menghilangkan ngantuk pada saat bekerja, karena di televisi cukup banyak acara cara menarik yang bisa sahabat tonton, terutama film action dan horor sangat ampuh untuk membuat mata melek.

Atau sahabat bisa juga menonton film - film favorit yang ada di youtube ataupun di webstrime yang mana disna sahabat bebeas sesuka hati mau memilih film dan hiburan yang seperti apa, biar ngantuk tak datang.

7. Mendengarkan Musik

Selanjutnya yang juga cukup ampuh untuk menghilangkan kantuk adalah mendengar musik musik favorit di masa lalu agar bisa bernostalgia dan mengingati masa masa indah yang pernah terjadi dahulu kala.

Dengan cara ini akan membuat perasaan sahabat tenang dan juga mengingat memori memori dulu yang bisa mencegah rasa kantuk datang.

8. Membawa Cemilan Sehat

Selanjutnya untuk menghilangkan kantuk sahabat juga butuh beberapa cemilan sehat pada saat bekerja seperti telur rebus, buah, outmel, pisang dan popcorn. selain menghilangkan ngantuk cemilan tersebut juga membantu tubuh tetap bugar dan membuat suasana kerja jadi lebih menyenangkan.

9. Mencuci Muka

Yang terakhir cara yang paling instan untuk menghilangkan kantuk adalah dengan mencuci muka agar mata kembali segar, namun cara ini biasanya tidak bertahan lama jika tidak di barengai dengan minum kopi dan beberapa lain yang saya sebutkan di atas.

Demikianlah tips kerja shift malam agar tidak ngantuk semoba bermanfaat.