Widget HTML #1

Penyebab Susah Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate

Penyebab susah dapat kerja ini sangat penting untuk sahabat ketahui, terutama buat sahabat yang masih berstatus sebagai "Fresh Graduate" yang masih belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. 

Karena dengan mengetahui penyebab susah dapat kerja ini, sahabat setidaknya bisa mawas diri, kalau seandainya hal semacam ini terjadi pada sahabat nantinya, sahabat sudah tahu apa yang harus sahabat lakukan nantinya.

Ya walaupun mungkin, penyebab susah dapat kerja yang akan saya bagikan ini mungkin tidak sepenuhnya benar, paling tidak bisa sahabat jadikan bahan perbandingan dan referensi agar nantinya sahabat tidak sulit dalam mendapatkan pekerjaan.

Karena saya pribadi. Alhamdulillah, walaupun saya hanya lulusan SMA saja, namun sejak lulus SMA sampai sekarang alhamdulillah saya tidak mengalami kesulitan dalam mencari kerja. itulah mengapa saya ingin berbagi artikel ini.

Yuk langsung saja kita mulai ulasannya :

Penyebab Susah Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate

Penyebab Susah Dapat Kerja

1. Masih Minim Pengalaman

Alasan petama para fresh graduate biasanya sulit mendapat kerja adalah karena masih minimnya pengalaman atau bahkan NOL pengalaman, sedangkan bisa dikatakan sangat sedikit perusahaan yang membuka lowongan untuk fresh graduate dan lebih mengutamkan mereka yang berpengalaman.

Karena banyak perusahaan yang tidak mau repot untuk mengajari karyawannya dari nol dan ingin langsung karyawan yang siap kerja di perusahan yang mereka mau.

Namun bukan berarti tidak ada perusahaan yang menerima fresh graduate sema sekali lho sahabat, asalkan sahabat sabar dan selalu update info lowongan kerja pasti ada koq yang perusahaan yang mau menerima karyawan dengan minim pengalaman.

2. Minim Relasi

Dalam dunia kerja, relasi sangatlah penting. Karena terkadang banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja tidak untuk umum, alias hanya untuk kalangan kerabat dan keluarga dari karyawan mereka, dengan alasan akan lebih mudah dan hemat biaya.

Selain itu, dengan banyaknya relasi maka sahabat akan sangat mudah untuk mendapatkan info lowongan kerja dari perusahaan perusahaan tanpa harus sahabat mencari tahu sendiri di medsos ataupun di koran koran.

Untuk itu, bagi sahabat yang merasa masih belum pernah bekerja, saya sarankan untuk sahabat bergaul dan mencari teman yang sudah bekerja, sehingga sahabat nanti lebih mudah dalam mendapatkan info pekerjaan.

3. Tidak Memiliki Keterampilan Lebih

Banyak perusahaan yang menginginkan karyawannya memiliki keterampilan lebih, agar nantinya kalau perusahaan sedang membutuhkan tidak sulit dalam mencari tenaga yang di perlukan. Itulah mengapa banyak perusahaan yang kadang lebih memilih karyawan yang memiliki keterampilan ganda tak hanya sesuai dengan ijazah mereka.

Untuk itu, bagi sahabat fresh graduate, jika ingin cepat dapat kerja, bekalilah diri kalian dengan keterampilan keterampilan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan seperti mengoperasian komputer, teknisi komputer, menyetir, dan lainnya, agar nanti pada saat melamar sahabat memiliki nilai lebih dibandingkan kompetitor sahabat.

Dengan kata lain, sahabat jangan hanya mengandalkan ijazah sahabat saja, namun lengkapilah dengan keterampilan lain yang biasanya dibuktikan dengan sertifkat sertifikat yang dikeluargkan oleh lebmbaga kursus ataupun seminar.

4. Terlalu Pilah - Pilih Pekerjaan

Penyebab lain yang menyebabkan para fresh graduate susah mendapatkan kerja adalah karena banyak diantara mereka yang pilah pilih pekerjaan dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan hati mereka. Sehingga jika tidak ada lowongan kerja yang pekerjaannya tidak sesuai dengan keinginan mereka, mereka enggan untuk melamar.

Padahal, yang terpeinting bagi fresh graduate itu adalah, yang penting bisa dapat kerja aja dulu. Masalah jenis pekerjaanya itu tidak masalah. Karena dari sanalah sahabat nantinya akan mendapatkan banyak teman dan realasi yang akan memberi akses ke pekerjaan yang sahabat inginkan.

Dengan tidak pilah pilih pekerjaan juga sahabat nantinya akan banyak memiliki keterampilan baru, yang bisa jadi pendukung buat sahabat mengejar pekerjaan impian sahabat yang sesuai dengan passion sahabat.

5. Sengitnya Persaingan Kerja

Penyebab lainnya sahabat sulit mendapatkan pekerjaan adalah sengitnya persaingan kerja yang diakibatkan jumlah lowongan pekerjaan dengan jumlah yang melamar sangat jomplang, sehingga mengakibatkan banyak yang menganggur.

Untuk itu, dalam mencari pekerjaan pastikan sahabat bisa pandai melihat bidang pekerjaan yang minim persaingan, kalau perlu sahabat mencari lowongan kerja di luar daerah tempat tinggal sahabat, yang penting bisa dapat kerja lebih dahulu.

6. Tidak Percaya Diri Dalam Melamar Kerja

Berdasarkan pengamatan saya, banyak juga para fresh graduate sulit dapat pekerjaan karena tidak percaya diri dalam melamar pekerjaan di setiap lowongan pekerjaan yang ada dan terkesan "mudah menyerah" yang lama kelamaan menyebabkan mereka malas untuk mencari informasi lowongan pekerjaan karena merasa tidak pernah di terima.

Padahal, dalam hidup ini semua sudah diatur oleh Tuhan, asalkan sahbat tidak pernah gampang putus asa dan sabar dalam melamar pekerjaan saya yakin sahabat pasti bisa mendapatkan pekerjaan dan hanya masalah waktu saja.

Demikianlah beberapa penyebab susah dapat kerja bagi fresh graduate semoga bisa bermanfaat buat sahabat yang saat ini lagi sulit mendapatkan pekerjaan.