Widget HTML #1

Bosan Menjadi Pengangguran ? Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Sahabat bosan menjadi pengangguran? Mencari kerja sana sini namun belum ada satupun pekerjaan yang bisa sahabat dapatkan? Tenang aja, saya ada beberapa tips biar sahabat tidak bosan menjadi pengangguran, dan sahabat bisa menjadi "pengangguran yang produktif".

Ah masa sih ada pengangguran produktif? Ada koq, kalau sahabat bisa melakukan apa yang akan saya uraikan ini, InsyaALLAH sahabat akan bisa menjadi lebih produktif dan tidak bosan menjadi pengangguran.

Dengan catatan, sahabat mau membuka diri dan melakukan instropeksi terhadap diri agar bisa melihat kesalahan dalam diri yang menyebabkan sahabat menjadi pengangguran dalam waktu yang cukup lama.

Yuk langsung saja kita simak ulasannya sampai habis :

Yang Harus Dilakukan Saat Bosan Menjadi Pengangguran

Bosan Menjadi Pengangguran

1. Update Skill Baru

Pada saat sahabat melamar kerja kesana kemari namun tidak ada yang menerima, itu artinya skill dan kompetensi yang sahabat milik kurang banyak di butuhkan di dunia kerja.

Untuk itu, hal paling produktif yang bisa sahabat lakukan saat menganggur ada melakukan update skill baru yang sekiranya banyak di butuhkan di dunia kerja.

Carilah tempat kursus yang sudah terbukti banyak menghasilkan lulusan yang trampil , sehingga sahabat bisa cepat memiliki keterampilan baru yang mudah di terima kerja maupun membuka usaha sendiri.

2. Banyak Silaturahmi Ke Rumah Teman Dan Saudara

Selain ampuh menghilangkan rasa bosan , bersilaturahmi juga merupakan salah satu pembuka pintu rezeki, karena dengan banyak bersilaturahmi sahabat akan banyak mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan maupun peluang usaha sendiri.

Untuk itu,, saat jadi pengangguran, sangat baik untuk sahabat memperbanyak silaturahmi, agar sahabat bisa cepat mendapat kerja dan setidaknya bisa menambah wawasan serta informasi terbaru.

3 . Beternak Di Pekarangan Rumah

Dari pada bosan menunggu dapat pekerjaan , lebih baik sahabat gunakan waktu untuk beternak ayam maupun bebek di pekarangan rumah.

Karena beternak ayam dan bebek ini sangat mudah dan siapa tahu bisa jadi pekerjaan utama nantinya. Mengingat kebutuhan daging ayam dan bebek di pasaran bisa di katakan selalu di cari oleh orang.

Untuk memulai ternak ayam dan bebek ini juga tidaklah di perlukan modal yang besar, jadi asalkan sahabat mau belajar hal baru pasti bisa tetap produktif saat nganggur.

4. Meananam Daun Sop Di rumah

Untuk menghilangkan bosan jadi pengangguran sahabat bisa gunakan waktu untuk bercocok tanam di rumah. Contoh nya seperti menanam daun seledri ataupun menan jahe di dalam poly bag.

Karena kedua tanaman ini sangat mudah di rawat dan sangat mudah juga untuk di jual, sehingga walaupun sahabat sedang nganggur, sahabat bisa tetap memiliki penghasilan. Dan bisa jadi penghasilan yang sahabat dapatkan bisa lebih besar daripada sahabat menjadi karyawan.

5. Memancing 

Memancing selain sangat ampuh untuk menghilangkan rasa jenuh, juga bisa dijadikan sumber penghasilan sambilan sebelum mendapatkan kerja.

Dengan memancing juga sahabat akan memiliki kegiatan dan bisa melihat pemandangan alam yang asri sehingga tidak jenuh menunggu di rumah sahabat.

Saya ada beberapa teman yang hobi memancing udang galah, dan mereka bisa mendapatkan penghasilan dari situ. Jadi menurut saya ini adalah salah satu cara efektif untuk menghilangkan jenuh saat menjadi pengangguran.

Ada banyak yang bisa sahabat pancing seperti ikan haruan , toman,  ataupun ikan ikan di laut dan di sungai.

6. Kerja Serabutan

Walaupun berat bagi sahabat yang tidak biasa kerja serabutan, namun dari pada nganggur dan jenuh di rumah, lebih baik sahabat bekerja serabutan lebih dahulu, seperti jadi kuli bangunan, kuli panggul dan pekerjaan kasar lain yang biasanya tidak terlalu sulit untuk di dapatkan.

Siapa tahu pada saat sahabat bekerja serabutan sahabat bisa punya lebih banyak teman dan jaringan yang akhirnya bisa mempermudah sahabat untuk mendapatkan pekerjaan tetap.

Kerja serabutan ini juga sebagai ujian mental dan juga batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, karena pasti Tuhan akan melihat keseriusan sahabat dalam bekerja, maka akan di beri yang lebih baik nantinya.

7. Ikut Seminar Atau Pelatihan

Di setiap kabupaten setiap tahunnya selalu di adakan seminar dan pelatihan keterampilan gratis yang di adakan oleh balai latihan kerja di dinas tenaga kerja masing masing daerah.

Nah hal semacam ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk sahabat ambil, karena selain mendapatkan pelatihan kerja secara gratis, pihak dinas tenaga kerja biasanya juga akan mencarikan informasi penerimaan kerja di banyak perusahaan.

Saya sendiri dulu pernah ikut pelatihan kerja dinas tenaga kerja ini, dan alhamdulillah, selesai dari sana bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan sampai sekarang.

Demikianlah beberapa hal produktif yang bisa sahabat lakukan saat bosan menjadi pengangguran, semoga bermanfaat.