Segudang Manfaat Merantau Bagi Anak Muda

Manfaat merantau bagi anak muda mungkin tidak akan dirasakan secara langsung oleh mereka, karena pada saat itu mereka hanya bisa melihat dirinya yang sedang sendiri di tempat yang baru tanpa kenal siapapun.

Namun seiring berjalannya waktu sahabat pemuda akan mulai mengerti akan manfaat merantau bagi pembentukan karakter diri yang di tempa di tempat yang tidak dia kenal sama sekali sebelumnya.

Dan umumnya manfaat merantau bagi anak muda ini sangat positif di bandingkan mereka yang tidak pernah merantau dan selalu tinggal di kampung halamannya saja.

Apa saja manfaatnya? Yuk kita simak

Manfaat Merantau Bagi Anak Muda

manfaat merantau

1. Membuat Mental Jadi Lebih Kuat

Hidup di rantauan seorang diri, tanpa ada yang di kenal dan juga sanak family mengharuskan sahabat untuk bisa melakukan segala sesuatu sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

Hal ini tentu akan membuat mental sahabat akan jadi lebih kuat dan lebih siap dalam menjalani kehidupan yang konon katanya "sangat keras".

Jika sahabat tidak merantau tentu sahabat tidak akan tau bagaiman rasanya hidup seorang diri tak kenal siapapun dan tidak ada yang membantu jika sahabat tidak melakukannya semua seorang diri.

2. Merubah Mindset

Jika sahabat tidak merantau, sahabat akan seperti katak dalam tempurung, dimana yang sahabat lihat dan lakukan adalah hal yang sama setiap harinya, yang membuat mindset sahabat terkekang dengan lingkungan setempat.

Berbeda jika sahabat merantau, sahabat akan bertemu dengan orang orang baru, bahasa baru, adat istiadat baru dan juga lingkungan baru, membuat mindset sahabat jadi lebih terbuka dan mampu beradaptasi dengan hal hal baru dengan cepat.

Sahabatpun tak akan melihat segala sesuatu dari satu sudut pandang lagi, karena sahabat sudah bisa melihat jauh lebih luas tentang keragaman dunia.

3. Menjadi Mandiri

Karena sudah terbiasa melakukan segala sesuatu sendiri, sahabat akan jadi orang yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain dalam hal apapun. 

Sahabat juga akan lebih pintar dalam membagi waktu setiap pekerjaan berkat kebiasaan dalam mengerjakan semua sendiri tersebut.

Jika demikian, sahabatpun akan menjadi pribadi yang di hormati dan di segani karena mampu memenuhi semua kebutuhan sendiri.

4. Pekerja Keras

Para perantau juga akan menjadi seorang yang pekerja keras, karena dia tau kalau dia tidak bekerja maka dia tidak akan bisa makan dan tidak akan ada yang memberikan mereka uang secara cuma cuma.

Sehingga hampir semua pekerjaan bisa sahabat lakukan dengan baik, maka tentu hal semacam ini akan sangat bagus buat bekal masa depan sahabat kelak.

Sahabat juga tidak akan mudah putus asa dalam mengerjakan sesuatu karena mental sahabat sudah kuat dalam menghadapi segala tekanan.

5. Lebih Bijaksana Dalam Bertindak

Karena sudah terbiasa berinteraksi dengan orang orang yang berbeda suku, agama, adat istiadat , maka sahabat akan lebih bijak sana dalam bertindak dan menghadapi segala hal.

Tidak mudah tersinggung dan juga emosian, karena kesadaran diri sahabat sudah terbentuk bahwa dunia ini memang berbeda beda dan semua orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing.

Kalau sahabat tidak percaya, sahabat bandingkan saja, teman kalian yang tidak pernah merantau dan mereka yang sudah pernah hidup di rantauan, akan sangat jelas perbedaan sikapnya.

6. Merasakan Pentingnya Keluarga Dan Teman

Disaat kita bersama keluarga besar, ada kalanya cenderung cuek dan menganggap itu sesuatu yang biasa saja, karena setiap hari bertemu dan bercengkrama.

Nah, pada saat merantau sahabat akan tau bagaimana arti dari keluarga sebenarnya, betapa berartinya waktu berkumpul bersama dengan keluarga. Dan betapa sedihnya hidup sunyi seorang diri.

Sehingga nanti pada saat pulang kampung sahabat akan lebih menghargai setiap waktu bersama keluarga, dan tidak menganggap remeh hubungan keluarga dan teman.

7. Lebih Pandai Bersyukur

Merantau juga membuat sahabat akan lebih bersyukur terhadap segala nikmat yang dulu sahabat anggap biasa saja, seperti nikmat sehat, berkumpul dengan teman dan keluarga, yang tidak bisa sahabat dapatkan ketika jauh hidup di tanah rantau.

Sahabat akan lebih peka dan mensyukuri apapun yang terjadi dalam hidup, karena tau itu adalah anugerah yang luas biasa dari yang maha kuasa.

8. Pandai Mengelola Keuangan

Hidup di rantauan membuat sahabat mengerti pentingnya uang, karena beberapa rupiah bisa digunakan untuk menyambung hidup. Hal semacam ini akan membuat sahabat lebih pandai dalam mengelola uang dan tidak menggunakan uang untuk hal yang tidak penting.

Disisi lain sahabat akan lebih mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan dan sahabat bisa lebih mudah menabung uang untuk keadaan darurat ataupun hal penting lainnya.

Demikianlah manfaat merantau bagi anak muda yang memiliki segudang manfaat untuk menjalani kehidupan di masa depan.