Kunci Sukses Usaha Dagang Yang Tak Banyak Orang Tahu

Kunci sukses usaha dagang itu sebenarnya tidak sulit asalkan sahabat mau belajar dan mempraktekkan ilmu dagang yang sahabat dapatkan dari melihat, mendengar dari pengalaman orang lain yang sudah pernah berdagang dan menjadi seorang pedagang yang sukses.

Hanya saja kunci sukses usaha dagang itu terkadang tidak dapat disadari oleh sahabat karena terlalu fokus kepada hal hal teknis yang sebenarnya tidak begitu berpengaruh terhadap kesuksesan usaha dagang milik sahabat.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi kunci sukses usaha dagang, semoga bisa jadi panduan bagi sahabat dalam menjalankan usaha dagang yang saat ini sedang sahabat rintis agar bisa berkembang menjadi usaha dagang yang sukses dan menghasilkan omset yang maksimal.

Yuk langsung saja kita simak.

Kunci Sukses Usaha Dagang 

1. Diniatkan Untuk Ibadah Dan Membantu Orang Lain

Meskipun usaha dagang adalah kegiatan jual beli, namun niat awal sahabat memulai usaha ini sangatlah berpengaruh terhadap kesuksesan sahabat kelak, karena segala sesuatu itu tergantung niat dari yang melakukannya.

Termasuk dalam berdagang, dengan niat berdagang untuk ibadah dan mempermudah orang lain dalam memperoleh barang yang mereka butuhkan, maka tentu selain keuntungan sahabat juga akan dapat keberkahan dan juga nilai ibadah dari setiap barang yang terjual.

Kalau sudah demikian, tentu usaha sahabat akan mendapatkan ridho ilahi yang tentu akan menjadi lebih mudah sukses dan mampu bersaing dengan usaha serupa yang sudah ada di daerah sahabat.

2. Jujur Dalam Transaksi

Kunci sukses berdagang selanjutnya adalah sahabat harus jujur dalam setiap transaksi dan jujur dalam menawarkan setiap barang yang sahabat jual. Dalam artian jika barang yang di jual tersebut ada cacat atau rusak, jangan di tutup tutupi, dan harus di jelaskan dengan baik kepada calon pembeli, agar mereka tidak kecewa.

Sikap semacam ini selain berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen terhadap barang yang sahabat jual, juga menjadi penentu berkah atau tidaknya hasil dari barang dagangan yang sahabat jual, karena kalau sahabat menutupi kekurangan suatu barang dan melebih lebihkannya sama saja menipu konsumen.

Tentu hal semacam ini akan berpengaruh terhadap keberkahan uang yang sahabat dapat, yang akan berakibat sahabat akan sulit untuk sukses di dunia dagang.

3. Margin Keuntungan Yang Wajar

Kunci sukses selanjutnya adalah sahabat jangan sampai mengambil keuntungan yang terlalu besar dari barang yang sahabat jual, karena bisa mengakibatkan para konsumen jera dalam membeli, mengingat banyak pedagang lain yang tentu bisa menjual harga lebih murah dari sahabat.

Seperti ilmu dagang cina, untung sedikit tak masalah yang terpenting barang dagangan cepat habis dan laku sehingga bisa dapat keuntungan setiap hari yang bisa dijadikan moal untuk menjual barang dagangan lain.

Jadi pastikan, sahabat mengambil keuntungan secukupnya saja, yang penting barang bisa cepat laku dan berputar dengan cepat.

4. Sabar Dan Ramah Dalam Menghadapi Pembeli

Dalam dunia dagang kita akan bertemu dengan berbagai macam karakter konsumen yang berbeda beda dimana terkadang ada yang ramah, ada yang sedikit cerewet dan juga ada yang suka komplain. segala tinggakah laku konsumen ini harus sahabat layani dengan sabar dan ramah karena akan menjadi kesan yang baik bagi mereka.

Karena jika tidak, nantinya sahabat akan di cap sebagai pedagang yang judes, sehingga banyak orang yang enggan untuk membeli barang dagangan sahabat kecuali jika terpaksa. Karena sudah sifat dasar manusia tidak suka dengan orang yang tidak ramah tamah, maka sebagai pedagan wajib hukupnya ramah terhadap semua pembeli.

5. Kualitas Barang Dagangan

Kualitas barang dagangan yang sahabat jual juga menjadi salah satu kunci apakah usaha sahabat akan sukses atau tidak, karena tentu setiap konsumen hanya mau membeli barang dengan kualitas yang terbaik dan tidak mengecewakan.

Untuk itu pastikan setiap barang yang sahabat jual adalah barang barang dengan kualitas tinggi, sehingga setiap konsumen yang membeli akan merasa puas dan mereka akan merekomendasikan barang yang sahabat jual kepada orang lain.

6. Bersaing Secara Sehat

Dalam dunia dagang, akan ada banyak pedagang yang menjual barang yang sama dengan sahabat. Nah dalam hal ini sahabat harus bersaing secara sehat dan jangan sampai menggunakan cara curang ataupun cara yang tidak di benarkan oleh agama untuk menjatuhkan pedagang lain.

Karena persaingan dagang yang tidak sehat akan menyebabkan usaha sahabat jauh dari keberkahan dan tentu akan sulit berkembang menjadi usaha yang sukses.

Karena sukses itu datangnya dari ALLAH SWT, kita sebagai manusia hanya bisa berusaha, jadi jangan takut untuk bersaing dengan cara sehat dengan pedagang lain, karena rezeki tidak akan tertukar dan semua sudah ada takarannya masing masing.