Widget HTML #1

Tips Menghindari Hutang Di Kehidupan Sehari Hari

Tips menghindari hutang di kehidupan sehari hari ini saya tujukan kepada sahabat yang mungkin sangat sulit untuk menghindari hutang di kehidupannya.

Padahal menghindari hutang ini sangatlah penting untuk bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik dimasa depan dan bisa menabung untuk keperluan usaha ataupun dana darurat yang bisa digunakan sewaktu waktu.

Untuk itu semoga tips menghindari hutang yang akan saya bagikan ini bisa sedikit memberikan gambaran bagaiman cara menghindari hutang yang seringkali menggerogoti keuangan keluarga.

Terutama buat sahabat yang masih muda dan saat ini belum bekeluarga, biasakanlah diri dari sekarang untuk menghindari hutang, agar nanti ketika sudah menikah dan memiliki anak tidak begitu kewalahan dalam mengelola keuangan.

Apa saja tipsnya? Yuk langsung saja kita bahas secara tuntas di ulasan di bawah ini :

Tips Menghindari Hutang Di Kehidupan Sehari Hari

Tips menghindari hutang

1. Belilah Semua Kebutuhan Pokok Di Awal Bulan

Tips menghindari hutang yang petama, di awal bulan, pada saat gajian, pastikan sahabat membeli semua kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya sampai kira - kira cukup selama satu bulan.

Sehingga nanti, kebutuhan yang harus sahabat beli setiap hari hanyalah berupa sayur mayur ataupun lauk pauk untuk makan.

Dengan cara ini sangat ampuh untuk menghindari hutang. karena jika sahabat membeli kebutuhan pokok secara nyicil, maka nanti uang cash yang sahabat pegang habis untuk keperluan yang tidak jelas.

2. Catat Semua Pengeluaran Setiap Hari

Sudah sifat dasar kebanyakan dari manusia, ketika mereka memegang uang terkadang tanpa sadar selalu membeli apa yang mereka suka, sehingga tau - tau dalam satu hari bisa menghabiskan uang bahkan hingga ratusan ribu rupiah.

Nah, dengan mencatat semua pengeluaran setiap hari, setidaknya bisa mengingatkan sahabat ketika sahabat sudah berbelanja terlalu boros, dengan melihat catatan yang sudah sahabat catat.

Jika pengeluaran sudah bisa sahabat kontrol dengan baik, maka tentu dengan sendirinya sahabat bisa menghindari hutang dengan mudah.

3. Jangan Mengikuti Tren

Sebenarnya tidak ada salahnya jika sahabat mau mengikuti tren perkembangan zaman. Hanya saja tentu harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan dan income yang sahabat dapatkan setiap bulannya.

Yang jadi persoalan, kebanyakan dari manusia zaman sekarang itu terkadang banyak yang memaksakan diri untuk mengikuti tren sehingga merasa gengsi jika tidak bisa membeli sesuatu yang sesuai dengan tren masa kini, yang menyebabkan terkadang harus membuang uang untuk sesuatu yang tidak begitu sahabat butuhkan.

Untuk itu, lebih baik sahabat tidak usaha terlalu memusingkan sesuatu yang sedang viral maupun trending, agar sahabat tidak terjebak dengan budaya mengikuti tren yang sangat menguras kantong.

4. Tidak Jajan Diluar

Cara ampuh untuk menghindari hutang selanjutnya adalah tidak jajan diluar, dan biasakan untuk memasak semua makanan sendiri dirumah. Karena selain lebih sehat, maka sahabat akan jauh lebih hemat nantinya.

Karena jika sahabat terbiasa jajan diluar, maka cukup banyak anggaran yang akan sahabat keluarkan nantinya, sehingga bisa sangat sulit untuk menghindari berhutang setiap bulannya.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Dengan mencari penghasilan tambahan, maka sahabat bisa mendapatkan income tiap bulan yang lebih banyak, sehinga segala kebutuhan bisa terpenuhi dengan mudah dan sahabat bisa punya uang lebih untuk menabung maupun berinvestasi.

Dengan mencari penghasilan tambahan juga, sahabat tidak akan begitu kesulitan jika ada keperluan mendadak yang terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit

6. Makan Sederhana Saja

Kebanyakan pengeluaran yang paling besar dan boros diakibatkan karena sahabat terlalu pilah pilih makanan dan ingin selalu makan enak. ini tentu akan menghabiskan budget yang cukup besar, yang kalau tidak sesuai dengan income yang sahabat dapatkan tiap bulan, maka sahabat tidak bisa menghindar dari hutang.

Untuk itu pastikan sahabat makan yang sederhana saja, karena banyak koq makanan murah meriah namun tetap miliki rasa yang enak.

7. Hindari Pemakaian Kartu Kredit Dan Sejenisnya

Saat ini ada banyak sekali kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi terkini yang seolah olah "mebantu" sahabat. Namun pada hakikatnya membuat sahabat mudah boros dan membeli sesuatu yang belum benar benar sahabat perlukan.

Contohnya seperti pemakian kartu kredit dan pay later. Jangan sampai sahabat tergoda untuk menggunakannya, karena bisa mengakibatkan sahabat gampang untuk berutang terhadap sesuatu barang.

8. Ikut Asuransi Kesehatan

Salah satu anggaran terbesar yang sering dikeluarkan oleh seseorang adalah untuk masalah kesehatan. Karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit maka tak jarang banyak yang terpaksa berhutang.

Untuk itu, pastikan sahabat mengikuti program asuransi kesehatan seperti BPJS, agar jika sewaktu waktu sahabat sakit, maka tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar nantinya karena semua bisa di tanggung oleh asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan.

Demikianlah beberapa tips menghindari hutang di kehidupan sehari - hari, semoga bisa membantu sahabat yang membutuhkan informasi ini. baca juga : Aplikasi catatan keuangan rumah tangga