Widget HTML #1

Cara Menyusun Rencana Karir Untuk Menggapai Masa Depan Lebih Baik

 Merencanakan karir sejak dini sangat diperlukan jika sahabat ingin sukses dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik kedepannya. Karena dengan adanya rencana karir jangka pendek, menengah (5 sampai 10 tahun kedepan) dan jangka panjang, maka membuat hidup sahabat lebih terarah dan memiliki tujuan serta gairah untuk menggapai apa yang sudah sahabat rencankan.

Rencana karir yang sudah sahabat tulis juga bisa menjadi panduan hidup sahabat dan secara langsung menjadi program yang harus di gapai oleh sahabat. Sehingga sahabat tidak punya waktu lagi untuk bermain main dan bersantai - santai karena banyak yang harus di persiapkan untuk merealisasikan perencanaan karir tersebut.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana contoh rencana karir untuk menggapai masa depan yang lebih baik nantinya, semoga bisa memberikan inspirasi buat sahabat semua.

Mari kita simak ulasannya :

Cara Menyusun Rencana Karir Untuk Menggapai Masa Depan Lebih Baik

rencana karir

1. Kenali Diri Dan Tanyakan Apa Yang Benar Benar Anda Inginkan

Langkah awal dalam menyusun rencana karir adalah, kenali dan tanyakan pada diri sahabat apa yang benar benar sahabat inginkan dalam hidup ini dan karir seperti apa yang ingin sahabat mau di masa yang akan datang.

Kenali juga kelemahan dan kelebihan diri sahabat, dan cari tahu hal hal yang membuat sahabat nyaman dan seseuatu yang bisa membuat sahabat merasa buruk dan tidak percaya diri terhadapnya.

Tanyakan pada diri apakah dimasa depan sahabat ingin mengejar karir lewat jalur bisnis atau ingin menjadi abdi negara dan mengejar karir lewat jalur pendidikan formal, semua harus benar benar sahabat renungkan dan berkompromi dengan diri sahabat sendiri.

Meskipun tidak mudah, proses pengenalan diri ini sangat penting untuk sahabat lakukan, agar sahabat bisa menentukan langkah selanjutnya dalam menyusun karir yang ingin sahabat gapai di masa depan.

Jika masih bingung sahabat bisa mulai dengan pertanyaan pertanyaan dibawah ini:
  • Siapa saya?
  • Apa yang saya inginkan dalam hidup ini?
  • Pekerjaan seperti apa yang saya inginkan?
  • Apa Minat Dan Bakat Saya?
  • Saya Menyukai?
  • Saya Tidak Menyukai?

2. Analisa Karir Dan Temukan Yang Cocok 

Setelah sahabat melakukan pengenalan diri dan berusaha memahami apa yang benar benar sahabat inginkan, maka selanjutnya sahabat harus melakukan analisa karir apa yang benar benar cocok dan sesuai dengan sahabat inginkan.

Dalam hal ini sahabat bisa mencari tahu bermacam macam karir dan pekerjaan yang ada didunia ini, catat dan pahami yang mana kira kira sesuai dengan yang sahabat mau kedepannya, dan mampukan kira kira sahabat menggapainya.

Hal ini juga sangat penting untuk sahabat lakukan, agar sahabat tidak buru buru dalam memutuskan apa yang sahabat inginkan sedangkan sahabat belum mengetahui tentang beraneka ragam karir yang ada di dunia ini.

3. Persiapkan Strategi Untuk Menggapai Karir Yang Sahabat Mau

Proses selanjutnya adalah menyusun strategi untuk menggapai karir yang sahabat mau tersebut dengan sungguh sungguh dan berusaha menyiapkannya.

Saya ambil contoh : jika sahabat memutuskan untuk berkarir mejadi seoraang TNI ataupun POLRI, maka tentu sejak dari bangku sma sahabat harus sudah menyiap fisik mental serta hal hal lain yang mendukung agar sahabat berkompeten menjadi seorang TNI Atau POLRI.

Ataupun jika sahabat ingin berkarir sebagai seorang dokter, maka tentu sahabat harus menyiapkan diri sahabat agar memiliki nilai akademik yang bagus serta mulai mengumpulkan biaya dari sekarang, karena biaya kuliah di fakultas kedokteran tentulah tidak sedikit.

4. Buat Rencana Karir Cadangan

Seperti kita ketahui bersama, tidak semua yang sudah kita rencanakan dengan sebaik baik itu akan menjadi kenyataan, Karena sejatinya manusia hanya bisa berencana dan hanya Tuhanlah yang menentukan.

Untuk itu, selain membuat rencana karir utama yang harus sahabat capai, sahabat harus juga menyiapkan rencana karir cadangan jika seandainya karir yang pertama tidak bisa dicapai di akibatkan sesuatu yang diluar jangkaun sahabat.

Rencana cadangan ini juga berfungi agar sahabat tidak terlalu kecewa jika suatu saat karir yang sahabat impi - impikan tidak tercepai. Setidaknya sahabat sudah siap atas segala kemungkinan itu dengan adanya rencana cadangan ini.

5. Siapkan Fisik Dan Mental

Dalam upaya menggapai semua yang sudah sahabat rencanakan tentulah akan banyak rintangan dan tantangan yang akan sahabat hadapi, apalagi jika sahabat bukan berasal dari seorang keluarga yang berada.

Untuk itu sangat penting bagi sahabat menyiapkan fisik dan mental agar selalu kuat dan bugar dalam menghadapi setiap tantangan tersebut.

Sahabat bisa melakukannya dengan cara rutin berolah raga setiap harinya, dan juga selalu makan minum yang bergizi seimbang.

Demikianlah cara menyusun rencana karir untuk menggapai masa depan lebih baik nantinya, semoga bermanfaat buat sahabat pembaca semua. Baca juga Sekolah ikatan dinas yang cocok buat wanita