Widget HTML #1

Manfaat Puasa Dari Segi Kesehatan Fisik

Tahukah sahabat, manfaat puasa dari segi kesehatan fisik itu sangatlah banyak sekali faedahnya, itulah mengapa puasa diwajibkan oleh Allah Swt kepada umat islam setiap bulan ramadhan, karena memang semua itu demi kebaikan manusia itu sendiri.

Walaupun terasa berat memang. Namun jika kita mengetahui manfaat puasa dari segi kesehatan fisik, maka rasa berat itu akan hilang, karena ada banyak kebaikan yang akan didapat tubuh kita selama berpuasa dengan baik.

Apalagi puasa merupakan perintah ALLAH swt, maka tentu bagi kita yang beragama islam merupakan suatu kewajiban untuk melaksanakan perintahNya. Dan untuk manfaat puasa dari segi kesehatan fisik yang kita dapat itu adalah bonus, karena yang terpenting adalah kita bisa menjalankan segala perintah agama dengan baik.

Apa saja manfaat puasa dari segi kesehatan tersebut? yuk langsung saja kita bahas.

Manfaat Puasa Dari Segi Kesehatan Fisik

manfaat puasa

1. Bisa Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih dan tidak ideal adalah salah satu penyebab yang menimbulkan banyak penyakit nantinya. Dan celakanya, kalau berat badan sudah berlebih ini terkadang sangat sulit untuk menurunkannya kembali.

Dengan rutin berpuasa, maka tentu akan bisa membantu menurunkan berat badan, karena dengan berpuasa jadi lebih mudah mengontrol asupan makanan dan juga nafsu makan kita sehari hari.

Namun dengan catatan, sahabat juga harus disiplin dan punya tekad yang kuat, untuk mengontrol makan terutama pada saat buka puasa dan jangan ada rasa "balas dendam" karena seharian tidak bisa makan.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dengan berpuasa juga bisa menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh hingga 30 %. Jadi,buat sahabat yang menderita penyakit diabetes maka sangat bagus untuk mengamalkan puasa sunnah secara rutin agar bisa cepat menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh sahabat.

Kabar baiknya menurut yang di lansir di situs dinkes sumatra utara, manfaat ini sudah bisa di dapat bahkan ketika baru beberapa hari puasa saja. Jadi bisa dikatakan puasa ini adalah obat diabetes paling ampuh.

Karena saat puasa sahabat bisa menjaga tidak ada makanan manis yang masuk, sehingga glukosa yang ada ditubuhlah yang dirubah menjadi energi oleh tubuh, maka kadar gula dalam darah pun bisa cepat normal kembali.

3. Bagus Untuk Sistem Pencernaan Tubuh

Dijaman sekarang sering kali pencernaan di dalam tubuh tidak pernah istirahat karena selalu di jejali makanan setiap saat. Nah dengan puasa, maka pencernaan didalam tubuh kita memiliki waktu yang cukup buat beristirahat, karena tidak adanya makanan masuk dan minuman masuk selama 12 jam.

Tentu ini sangat bagus dan baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh kita semua. Dan kalau pencernaan tubuh sehat, tentu zat zat baik dari makanan bisa diserap dengan baik oleh tubuh kita.

4. Bisa Mencegah Depresi Dan Menghilangkan Kecemasan

Menurut beberapa penelitian. Ketika seseorang berpuasa tubuhnya akan mengeluakan hormon endofrin yang merupakan hormon yang bisa memicu rasa tenang dan bahagia sehingga bisa membuat keseharian menjadi lebih menyenangkan dan jauh dari stress di rumah maupun di tempat kerja.

5. Mendetok Racun Dalam Tubuh

Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat di zaman modern seperti sekarang ini, sering kali mengakibatkan banyaknya racun ataupun zat yang tidak baik bagi tubuh masuk kedalam tubuh dengan mudah.

Nah, dengan berpuasa tentu akan menjadi detoksifikai bagi tubuh agar bisa mengeluarkan racun racun tersebut, sehingga badan terasa lebih fit dan bugar.

6. Menurunkan Kolesterol

Beberpa peneliti kesehatan menyebutkan bahwa puasa selama 8 minggu bisa menurunkan kadar kolestro hingga 25 %. Ini menunjukan bahwa jika puasa dilakukan secara rutin dan tidak hanya selama bulan ramadha saja tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita dalam kehidupan sehari hari.

7. Mecegah Penuan Dini

Selanjutnya dengan berpuasa juga bisa mencegah penuan dini, karena saat berpuasa bisa mempercepat terjadi regenerasi sel sel yang sudah mati dan mendaur ulang sel sel tubuh yang rusak, sehingga bisa mencegah terjadinya penuan dini dan juga membuat kulit lebih sehat.

Jadi, buat yang ingin awet muda, sebenarnya tidak perlu menggunakan obat obatan dan semacamnya, karena cukup dengan berpuasa secara rutin bisa membuat tubuh dan kulit bisa awet muda.

8. Daya Tahan Tubuh Dan Imunitas Lebih Kuat

Dengan sistem pencernaan yang punya waktu lebih untuk beristirahat dan mencerna makanan yang masuk lebih lama maka tentu membuat daya tahan tubuh dan imunitas semakin kuat.

Terutama jika didukung dengan asupun dan makanan yang sehat juga pada saat sahur dan berbuka puasa dan tetap mengatur porsi makan yang tidak berlebih di saat berbuka, maka imunitas tubuh akan semakin kuat dan sehat.

Demikianlah beberapa manfaat puasa dari segi kesehatan fisik, semoga semakin menambah semangat sahabat semua dalam menjalankan ibadah puasa.