Widget HTML #1

Jenis Jenis Tabungan Bank Yang Harus Kamu Tahu

Saya yakin pasti masih banyak sahabat yang belum tahu bahwa jenis jenis tabungan bank itu ada cukup banyak, dan bukan hanya sekedar tabungan biasa seperti yang kita ketahui bersama.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang jenis jenis tabungan bank dan manfaatnya, agar sahabat bisa lebih mengerti lagi tenang beberapa jenis tabungan lain di bank yang bisa sahabat gunakan.

Siapa tahu, setelah mengetahui jeni tabungan bank ini, bisa membuat sahabat tertarik untuk mengikuti beberapa program tabungan yang sangat bermanfaat untuk menajemen keuangan keluarga sahabat kedepannya.

Apa saja jenis tabungan bank tersebut? yuk langsung saja kita mulai ulasannya:

Jenis Tabungan Bank Yang Harus Kamu Tahu

jenis tabungan bank

1. Tabungan Biasa ( Konvensional )

Ini adalah jenis tabungan yang paling umum dan sudah biasa sahabat gunakan, karena jika pertama kali membuka rekening di bank, pasti kita akan di arahkan untuk membuka tabungan konvesional ini, dan kita akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti buku tabungan + Nomer rekening, Atm, yang bisa kita gunakan untuk keperluan menabung ataupun melakukan transfer antar rekening dan juga bisa melakukan transaksi pembelian lewat aplikasi banking.

Saya rasa untuk jenis tabungan yang pertaa ini sebagain besar dari sahabat pasti sudah banyak yang menggunakannya, karena bahkan untuk kepentingan gaji saja sekarang hampir keseluruhan menggunakan rekening tabungan konvesional untuk menerima uang gaji.

2. Tabungan Untuk Anak

Sesuai dengan namanya, tabungan ini di peruntukan untuk anak anak yang masih di bawah pengawasan orang tua mereka. Tujuannya adalah untuk melatih anak anak agar mau disiplin dalam menabung sehingga menjadi suatu kebiasaan hingga mereka dewasa natinya.

Karena di peruntukan untuk anak anak, yang bisa membuka tabungan ini adalah orang tua dari si anak dan setoran untuk tabungan anak ini bisa dalam jumlah kecil saja, sehingga kalau anak mau menabung uang jajan mereka juga bisa.

Yang di dapatkan dari tabungan anak ini berupa buku tabungan + Nomor rekeningnya saja, dan tidak ada fasilita mobile bankingnya.

3. Tabungan Pendidikan Anak

Selain untuk tabungan anak, hampir di semua bank saat ini juga menyediakan tabungan pendidikan anak, yang di peruntukan untuk para orang tua dalam merencankan baiya pendidikan anak pada saat sudah memasuki usia sekolah nantinya.

Dengan harapan kalau di tabung dari sejak kecil nanti ketika sudah tiba masa anak sekolah maka uang tabungan pendidikan anak ini bisa mencukup untuk si anak melanjutkan kuliah ataupun di perguruan tinggi tergantung dari jangka waktu yang orang tuanya pilih pada saat awal membuka tabungan pendidikan anak ini.

4. Jenis Tabungan Pensiun

Selanjutnya di setiap bank juga ada menyediakan jenis tabungan pensiuan, yang di peruntukan buat orang orang yang ingin menabung untuk masa tuanya nantinya. Tabungan pensiun ini termasuk tabungan dalam jangka panjang, dan hasa bisa diambil ketika sudah mencapai masa usia pensiun ataupun tergantung dari peraturan yang di tetapkan oleh masing masing bank.

Kalau penulis sendiri dulu pernah membuka tabungan pensiun SIMPONi milik bank bni. Kebetulan kalau tabungan simponi ini bisa dicairkan minimal 10 tahun sebelum masa pensiun ( Pensiun Di Percepat ) jadi kalau kondisi kepepet uangnya bisa dicarikan juga.

Tapi sesuai dengan namanya, alangkah baiknya kalau sahabat ingin membuka tabungan pensiun ini memang di peruntukan untuk masa tua sahabat nantinya.

5. Jenis Tabungan Haji

Di setiap bank juga menyediakan jenis tabungan haji, yang di peruntukan untuk umat muslim yang ingin menabung untuk keperluan ibadah haji mereka. Jadi jika sahabat ada niatan untuk nabung buat naik haji, maka sahabat bisa membuka tabungan haji ini di bank.

Karena kalau sahabat program dari sejak dini tentu nanti akan lebih ringan dibandingkan langsung membayar sekaligus.

6. Jenis Tabungan Investasi ( Deposito )

Selanjutnya di bank juga tersedia jenis tabungan yang ditujukan untuk investasi dalam jangka waktu tertentu, dimana biasanya tabungan investasi ini akan memberikan bunga atau pembagian hasil yang cukup besar dibandingkan jenis tabungan lainnya.

Namun demikian untuk membuka tabungan investasi ini ada syarat minimal uang yang harus di investasikan, jadi sahabat tidak bisa membuka tabungan ini jika tidak memiliki sejumlah uang yang cukup.

7. Jenis Tabungan Giro

Jenis tabungan giro ini merupakan jenis tabungan yang sangat cocok buat perseorangan ataupun perusahaan yang membutuhkan transksi keuangan yang cukup besar tanpa batas limit perharinya.

Itulah mengapa umumnya rekening giro ini lebih banyak digunakan oleh perusahaan ataupun para pebisnis yang biasanya selalu melakukan transaksi perbankan dalam jumlah uang yang cukup besar.

Demikianlah jenis jenis tabungan bank yang harus sahabat ketahui semoga bisa menambah wawasan sahabat semua. Baca juga : Tips menghindari hutang