Widget HTML #1

Contoh Pola Hidup Sehat Di Masyarakat

Mengetahui contoh pola hidup sehat Di Masyarakat bisa dikatakan sangat penting, karena kita sebagai bagian dari masyarakat haruslah menjadi contoh bagaimana menerapkan pola hidup sehat di masyarakat, minimal di lingkup keluarga dan diri sendiri lebih dahulu.

Contoh pola hidup sehat di masyarakat ini juga bisa jadi acuan buat sahabat pelajar dan para anak muda yang mungkin belum mengetahui dengan pasti tentang pentingnya pola hidup sehat bagi kehidupan pribadi dan masyarakat

Semoga dengan adanya contoh pola hidup sehat di masyarakat yang ada di artikel ini juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari sehingga bisa menjadi suatu kebiasaan yang sudah melekat di diri nantinya.

Apa saja contohnya? Yuk langsung saja kita bahas.

Contoh Pola Hidup Sehat Di Masyarakat

pola hidup sehat di masyarakat

1. Beraktifitas Fisik Setiap Hari

Beraktifitas fisik setiap hari adalah salah satu contoh pola hidup sehat yang harus dilakukan oleh sahabat di era yang penuh dengan kemudahan saat ini.

Karena di zaman ini, banyak yang dibuai oleh kemudahan dan kecanggihan teknologi, sehingga menjadi malas melakukan aktifitas fisik setiap hari, sampai ada istilah MAGER dikalangan para anak muda.

Tentu ini sangat di sayangkan, karena tubuh kita di ciptakan Tuhan agar selalu bergerak dan beraktifitas, sehingga fungsi didalam tubuh bisa dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Untuk itu, lakukanlah aktifitas fisik seperti olah raga setiap hari agar bisa jadi contoh di dalam keluarga dan masyarakat.

2. Menghindari Makanan Dan Minuman Instan

Menghindari makanan dan minuman instan juga salah satu contoh pola hidup sehat yang dapat dilakukan dikehidupan sehari hari. karena mengkonsumsi makanan dan minuman instan setiap hari tentu akan banyak menimbulkan masalah kesehatan, mengingat kandungan gizi didalam makanan dan minuman instan itu sangat sedikit sedangkan kandung lemak dan gulanya biasanya sangat tinggi.

Untuk itu pola hidup sehat dengan menghindari makanan dan minuman sehat ini harus mulai sahabat tegakkan dikalangan keluarga kecil dirumah dan juga terhadap diri sendiri, agar bisa terciptanya generasi masyarakat yang sehat dan peduli terhadap apa yang mereka makan dan konsumsi sehari hari.

3. Perbanyak Makan Buah Dan Sayur

Sebaliknya untuk terciptanya pola hidup yang sehat perbanyaklah makan buah dan sayur yang merupakan sumber vitamin, mineral dan juga anti oksidan alami bagi tubuh manusia, untuk mencegah terjadinya berbagai macam penyakit dan membantu terciptanya daya tahan tubuh yang kuat terhadap berbagai serangan virus dan penyakit.

Apalagi di zaman pandemi seperti sekarang ini, mengkonsumsi buah dan sayur adalah salah satu hal yang harus dibiasakan agar tidak mudah sakit dan mampu meciptakan kekebalan tubuh terhadap virus pandemi.

4. Tidak Minum Minuman Keras

Gaya hidup sehat selanjutnya adalah tidak meminum minuman keras yang mengandung alkohol, karena minuman keras bisa merusak organ organ di dalam tubuh selain itu bisa mengganggu ketentraman masyarakat, karena sering kali banyak terjadi tindak kriminal oleh orang orang yang sering mengkonsumsi minuman kerasa ini.

Untuk itu berkomitmenlah dalam diri dan juga ajarkan kepada lingkungan keluarga agar menjauhi segala jenis minuman keras yang bisa merusak badan.

5.Menjaga Kebersihan Rumah Dan Lingkungan

Contoh pola hidup sehat yang harus digalakkan di masyarakat adalah selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, agar selalu bersih dari sampah dan buanglah sampah pada tempatnya agar lingkungan tidak menjadi sarang penyakit dan bibit bibit virus.

Dan usahakan untuk selalu rutin bergotong royong membersihkan parit, ataupun sungai dan saluran pembuangan air dari sampah sampah plastik agar tidak terjadi pendangkalan yang bisa menyebabkan banjir.

6. Menjauhi Narkoba

Selain dilarang oleh pemerintah, penyalah gunaan Narkoba juga bisa berakibat buruk terhadap kesehatan saraf dan juga tubuh serta bisa menghancurkan masa depan generasi bangsa dan negara.

Karena kalau seseorang sudah ketagihan Narkoba ini akan sangat sulit untuk di sembuhkan dan segala cara mereka lakukan untuk bisa mendapatkan Narkoba kembali. Untuk itu jauhilah narkoba dan berikan pendidikan kepada anak anak disekitar lingkungan agar juga menjauhi segala jenih penyalah gunaan Narkoba ini.

7. Rutin Melakukan Cek Kesehatan

Gaya hidup sehat selanjutnya adalah rutin melakukan cek kesehatan agar bisa mencegah sedini mungkin jika ada gejala - gejala penyakit yang ada di tubuh. misalnya melakukan cek tensi darah, cek kadar gula, cek berar badan, cek kolestrol. Bila semua dilkukan secara rutin maka bisa medeteksi penyakit sedini mungkin sehingga lebih mudah dalam proses pengobatannya nantinya.

Untuk itulah mengapa pemerintah mengadakan BPJS kesehatan, agar setiap masyarakat bisa melakukan cek kesehatan secara berkala di puskesmas ataupun di klinik klinik kesehatan terdekat yang ada di sekitar.

Demikianlah contoh pola hidup sehat di masyarakat yang bisa sahabat contoh agar bisa di terapkan di kehidupan sehari hari. Baca juga : Penyebab rasa malas