Widget HTML #1

Cara Menghindari Makan Malam Yang Efektif

Artikel Cara menghindari makan malam yang efektif dan bikin sehat ini saya buat, untuk sahabat yang meresa kesulitan dalam menghindari makan di tengah malam yang dampaknya tentu tidak bagus untuk pencernaan tubuh, karena dimalam hari adalah waktunya tidur dan saat yang baik untuk mengosongkan perut.

Atau buat sahabat yang menghindari makan malam karena ingin cepat kurus, jangan sampai juga malah membuat kesehatan sahabat terganggu karena cara menghindari makan malam yang salah.

Karena walau bagimanapun dimalam hari tubuh kita juga membutuhkan energi yang cukup sebelum menjelang tidur, sehingga jika tidak ada asupun makanan sama sekali justru itu akan mengganggu keseimbangan tubuh sahabat.

Lalau bagaimana cara menghindari makan malam yang efektif dan bikin sehat? ini yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Yuk langsung saja kita simak

Cara Menghindari Makan Malam Yang Efektif

Cara Menghindari Makan Malam Yang Efektif

1. Kurangi Aktifitas Yang Melelahkan

Aktifitas yang berlebihan di siang hari, akan menyebabkan tubuh kita mudah lelah dan kekurangan energi menjelang senja dan malam hari datang. Disaat seperti inilah terkadang kita tidak akan bisa mengontrol diri lagi untuk mengkonsumsi makanan berat dimalam hari.

Untuk itu, sebisa mungkin kurangi aktifitas yang melelahkan di siang hari, agar kondisi tubuh sahabat masih bugar dan cukup energi, sehingga menjelang malam hari tiba sahabat masih tetap bisa mengontrol diri untuk tidak makan malam.

2. Makan Sebelum Jam 6 Sore

Agar dimalam hari sahabat tidak merasa lapar dan bisa menghindari makan malam, sahabat bisa menyiasatinya dengan makan sebelum jam 6 sore. Dengan cara ini, sepanjang malam sahabat tidak akan merasa lapar dan masih cukup energi hingga menjelang jam tidur tiba.

Makan sebelum jam 6 sore ini juga sangat baik bagi kesehatan, karena masih jauh dari jam tidur, sehingga makanan masih sempat dicerna dengan baik oleh tubuh dan tidak menumpuk lemak berlebih karena jam 6 sore kita masih dalam keadaan banyak beraktifitas.

3. Cukup Makan Buah Atau Sayur Dimalam Hari

Selanjutnya untuk menghindari makan malam yang berat, maka sahabat bisa menggantinya dengan buah buahan atau sayuran yang sudah diolah sedemikian rupa agar rasa tetap enak untuk dinikmati.

Karena makan sayur dan buah dimalam hari itu tidak masalah, karena bukanlah makan berat dan tidak mengganggu penceranaan, serta kandungan vitamin pada buah sangat bagus untuk meningkatkan vitalitas tubuh.

4. Banyak Minum Air Putih Atau Jus Buah

Cara lainnya adalah dengan banyak meminum air putih, jus buah ataupun air kelapa pada saat sahabat merasa lapar dimalam hari, sehingga rasa lapar bisa hilang dan sahabat tidak tertarik lagi untuk makan makanan berat dimalam hari.

Apalagi banyak minum air putih ini memang sangat dianjurkan oleh dokter untuk menjaga kesehatan ginjal agar tidak terlalu bekerja keras, jadi ini merupakan solusi yang tepat agar tidak makan di malam hari.

5. Hindari Begadang

Kebanyakan, kondisi perut kita akan merasa lapar itu sekitar pukul 10 hingga 12 malam. Jadi, kalau sahabat tidak ingin makan malam, pastikan sahabat tidak banyak begadang dimalam hari dan selalu tidur tepat waktu.

Karena apapun yang sahabat lakukan, kalau sahabat suka begadang maka tentu akan sulit untuk menghindari makam malam, karena tubuh yang di bawa begadang akan cepat lemas dan membutuhkan energi lebih.

Begadang juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena bisa menyebabkan tensi darah naik dan juga membuat banyak aktifitas yang harusnya sahabat lakukan di pagi hari menjadi terganggu.

Untuk itu pastikan sahabat menghidari begadang, kecuali memang dalam keadaan yang mendesak dan tuntutan pekerjaan.

6. Minum Susu Dan Madu

Sebagai pengganti makanan, sahabat bisa menyediakan susu ataupun madu dirumah. sehingga ketika rasa lapar menyerang sahabat bisa mengganjalnya dengan susu ataupun madu yang khasiatnya tentu tidak perlu di pertanyakan lagi.

Namun pastikan susu yang sahabat minum adalah susu yang rendah kalori dan juga sedikit kandungan gula agar bisa mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuh dan tidak membuat tubuh mudah gemuk juga.

7. Melakukan Olah Raga Ringan Dimalam Hari

Gerakan olah raga ringan sangat efektif untuk mengalihkan perhatian sahabat dari rasa ingin makan di malam hari, karena setelah berolah raga ringan tubuh akan sedikit lelah dan akhirnya menuntut untuk tidur dengan cepat.

Namun pastikan sahabat tidak melakukan olah raga yang berlebihan, karena itu justru akan membuat tubuh dehidrasi dan membuat nafsu makan semakin bertambah.

Kecuali memang sahabat sudah terbiasa tidak makan di malam hari itu tidak masalah, karena bisa disiasati dengan minum air putih ataupun minuman lain yang baik untuk tubuh sesudah berolah raga.

Demikianlah cara menghindari makan malam yang bikin sehat, semoga bisa bermanfaat untuk sahabat yang membaca artikel ini.