Widget HTML #1

Gerakan Olah Raga Ringan Dirumah, Untuk Hidup Sehat

Gerakan olah raga ringan dirumah ini sangat cocok bagi sahabat yang sangat sibuk dan mempunyai waktu yang sempit akibat banyaknya pekerjaan ataupun bisnis yang harus dikerjakan.

Karena gerakan olah raga ringan dirumah yang akan saya bagikan ini tidaklah memakan banyak waktu dan bisa dikerjakan kapanpun dirumah bahkan sesaat setelah sahabat bangun tidur bisa mencoba gerakan yang akan saya bagikan ini.

Walaupun terlihat sepele, namun jika sahabat rutin mengerjakan gerakan olah raga ringan dirumah, tentu akan sangat berdampak kepada kebugaran tubuh sahabat dan menjaga daya tahan tubuh tetap bugar saat melakukan aktifitas seharian penuh di luar rumah maupun saat bekerja dikantor.

Apalagi disaat situasi dunia masih dalam keadaan pandemi, yang walaupun sudah mulai reda, namun kita tak tahu dengan pasti bahwa virus virus itu sudah mati, maka jalan terbaiknya adalah dengan rutin berolah raga.

Dan mari luangkan waktu sahabat sejenak, untuk melihat dan mencoba beberapa gerakan oleh raga ringan di bawah ini :

Gerakan Oleh Raga Ringan Dirumah Untuk Hidup Sehat

gerakan olah raga ringan dirumah

1. Lari Lari Di Tempat

Tidak perlu menggunakan treadmill yang harganya mahal untuk bisa lari lari dirumah, karena sebenarnya cukup dengan lari lari kecil di tempat itu sudah cukup untuk bisa melatih kelincahan kaki dan menjaga kesehatan jantung.

Karena sejatinya lari lari di tempat juga merupakan salah satu olah raga kardio yang efektif, jika dilakukan secara rutin dirumah, terutama di pagi hari saat bangun tidur ataupun saat menghirup udara pagi di halaman rumah.

Lari lari di tempat ini bisa sahabat lakukan dengan cara lari lari kecil beberapa saat, kemudian lari lari dengan mengangkat kaki setinggi pinggul beberapa menit, dan kembali lagi kegerakan semua dan ulangi semampu sahabat.

Namun untuk mendapatkan hasil yang bagus bisa sahabat lakukan sekitar 5 s/d 10 menit setiap  hari.

2. Gerakan Push Up

Gerakan olah raga ringan yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi sahabat pembaca semua, karena dari kecil kita pasti sudah mengenal olah raga yang satu ini, namun karena malas dan sebab sebab lainnya olah raga ini sangat jarang dilakukan.

Padahal untuk melakukan gerakan push up tidaklah sulit dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, terutama di pagi hari setelah bangun tidur ataupun di malam hari sebelum tidur.

Lakukan gerakan push up ini minimal 20 kali sehari untuk melatih otot lengan dan bahu serta mengencangkan otot perut yang bisa mencegah kebuncitan.

Namun pastikan sahabat melakukan gerakan push up dengan benar yakni dengan cara  
  • Posisi badan tengkurap
  • Sejajarkan posisi pergelangan tangan dengan bahu
  • Turun naikkan dada ke arah lantai semampu sahabat.

3. Gerakan Sit Up

Gerakan olah raga sit up ini juga sudah cukup familiar dan sangat mudah dilakukan dimanapun bahkan saat hendak tidur di atas kasurpun bisa dilakukan. Jadi asalkan sahabat mau sangat mudah untuk menjaga kesehatan dengan olah raga.

Gerakan sit up sangat bagus untuk menjaga otot perut dan juga dada tetap kencang dan juga sangat ampuh untuk mecegah kebuncitan jika sahabat melakukan gerakan sit up secara rutin dirumah minimal 15 sampai 20 kali.

Untuk gerakannya sangat mudah sekali, sahabat tinggal berbaring di atas lantai atau dimanpun sahabat mau, kemudian tekuk kedua kaki namun telapk kaki tetap menyentuh lantai, kemudian angkat tubuh bagian atas hingga membentuk sudah 90* dan tahan beberapa detik kemudian ulangi.

Gampang bukan?

4. Gerakan Olah Raga Jumping Jack

Merupakan gerakan olah raga ringan yang sangat efektif untuk melatih semua otot tubuh dan juga melatih jantung dan paru paru agar tetap sehat. Jadi sangat cocok buat sahabat yang ingin hidup sehat untuk melakukan olah rarga jumping jack ini setiap hari.

Karena untuk melakukannya tidak perlu tempat khusus dan bisa dilakukan dimana saja di rumah ataupun diluar halaman.

Gerakan olah raga jumping jack inipun sangat mudah sahabat bisa melakukannya dengan cara : 

  • Berdiri Tegak
  • Angkat ke 2 tangan secara ke atas kepala sembari melompat dan merentangkan ke 2 kaki kemudian kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan ini hingga semampu sahabat.

Namun untuk hasil yang maksimal lakukan gerakan ini dengan hitungan 1 x 8 dengan menghadap kesemua penjuru.

5. Gerakan Squat


Gerakan olah raga ringan selanjutnya adalah gerakan olah raga squat, yang sangat ampuh untuk mengecilkan otot paha dan melatih pinggul dan punggungl agar tetap kuat dan sehat.

Gerakan ini juga sangat mudah untuk dilakukan, dengan cara berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kemudian turunkan pinggul kebawah secara perlahan hingga ke posisi jongkok dan tahan hingga beberapa detik sebelum kembali ke posisi semula.

Lakukan gerakan ini sebanyak mungkin sahabat mampu, dan lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang baik untuk tubuh sahabat.

Demikianlah beberapa gerakan olah raga ringan yang bisa dilakukan dirumah setiap pagi maupun sore hari, semoga bisa bermanfaat.