Widget HTML #1

Cara Berbaur Di Tempat Kerja Baru Agar Gak Dicuekin

Cara berbaur di tempat kerja baru harus sahabat kuasai agar bisa cepat menyesuaikan diri dan betah ditempat kerja baru. Kalau tidak, maka sahabat akan merasa canggung dan merasa "dicuekin" oleh rekan kerja yang lain yang sudah lebih dahulu bekerja disana.

Karena kasus karyawan baru dicuekin umumya terjadi karena karyawan baru susah beradaptasi di tempat kerja dan belum terbiasa dengan lingkungan kerja yang baru pertama kali dia menginjakan kaki di perusahaan tersebut.

Untuk itu, sangat penting bagi sahabat mengerti cara berbaur di tempat kerja baru, agar sahabat betah bekerja dan seolah olah sahabat sudah lama bekerja di perusahaan baru tersebut. dan bisa mempunyai banyak teman dalam waktu yang singkat.

Penasaran? yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini:

Cara Berbaur Di Tempat Kerja Baru

Cara Berbaur Di Tempat Kerja Baru

1. Senyum, Sapa Dan Perkenalkan Diri Kalian

Sebagai karyawan baru, maka cara ampuh untuk bisa berbaur dengan cepat adalah senyum, sapa dan perkenalkan diri sahabat kepada rekan rekan disana. baik itu pada saat di tempat kerja, kantin atau pada saat berpapasan, selalu lakukan senyum dan sapa dan ajak bekenalan semua orang disana.

Dengan begitu sahabat akan cepat bisa beradaptasi dan sahabat tidak akan canggung lagi untuk menyapa semua orang yang ada di perusahaan.

2. Mengajak Bicara Lebih Dahulu

Sahabat juga harus bisa menjadi orang yang membuka pembicaraan lebih dahulu pada saat sedang kumpul ataupun hendak memperkenalkan diri agar suasana bisa menjadi cair dan rekan kerja yang lainpun tidak sungkan.

Kalau sahabat menunggu orang lain mengajak bicara dan berkenalan, maka tentu nanti sahabat yang akan merasa canggung karena tidak semua orang bisa ramah terhadap orang baru dan lebih banyak yang terkesan cuek.

3. Bersikap Ramah Dan Sopan Kepada Semua Orang

Selanjutnya agar cepat bisa beradaptasi di tempat kerja yang baru, sahabat harus bersikap ramah dan sopan terhadap semua orang yang ada di perusahaan, apapun jabatannya dan jangan pernah melihat orang lain dari status materi ataupun jabatannya.

Apalagi jika sahabat bekerja jauh di perantauan, tentu sahabat harus bisa menjaga sikap terhadap semua orang, agar tidak ada orang lain yang tersinggung dan semua orang bisa senang dengan sikap ramah tamah yang sahabat tunjukan.

4. Jangan Malu Untuk Bertanya

Selanjutnya jangan malu untuk bertanya seputar pekerjaan ataupun situasi dan kondisi di lingkungan kerja sahabat, karena selama sahabat bertanya dengan sopan dan ramah, justru ini akan menjadi bahan masukan serta bisa membuat sahabat lebih cepat akrab dengan rekan kerja yang ada disitu.

Sangat jarang sekalai orang yang tidak menjawab pertanyaan, terlebih lagi itu dari orang baru. jada jangan pernah sungkan bertanya ataupun meminta bantuan selama itu masih dalam batas kewajaran.

5. Maen Kerumah Rekan Kerja

Agar bisa lebh cepat berbaur, sahabat bisa bersilaturahmi dengan mengunjungi rumah rekan kerja sahabat yang ada disana, sehingga sahabat bisa mengenalnya lebih dekat dan juga mengenal keluarganya.

Cara semacam ini sangat bagus agar sahabat cepat beradaptasi, dibandingkan sahabat hanya bertemu dengan rekan kerja dikantor saja, karena jika kita berkunjung ke rumah seseorang tentu akan lebih dekat secara personal

6. Pelajari Adat Istiadat Dan Budaya Setempat

Sahabat pelajari juga adat dan istiadat serta kebiasaan setempat, agar sahabat tidak melakukan hal hal yang bisa saja merupakan hal hal yang dianggap tabu dilingkungan kerja yang baru, meskipun itu hal yang normal di tempat sahabat.

Mempelajari ada istiadat dan budaya setempat, juga membuat sahabat lebih membuka wawasan serta bisa memahami cara bersikap dilingkungan kerja dan memahami masyarakat yang ada disana.

7. Mengikuti Kegiatan Olah Raga Yang Ada Di Perusahaan

Disetiap perusahaan, biasanya menyediakan pasilitas untuk berolahraga bagi para karyawannya. Nah, sahabat harus juga mengikuti kegiatan semacam ini, agar sahabat bisa lebih akrab dan menikmati suasan kerja disana.

Karena dengan berolahraga bersama, tentu akan cepat kenal dan juga tidak ada rasa canggung untuk berbincang bincang satu sama lainnya

8. Jangan Suka Menyendiri

Sebagai anak baru, pantangan yang harus sahabat hindari adalah suka menyendiri dan terlalu asik dengan pekerjaan. Hal semacam ini akan membuat sahabat sulit untuk bisa beradaptasi dengan cepat dilingkungan kerja yang baru, dan sahabat akan di cap sebagai orang yang "sombong" oleh rekan kerja yang ada disana.

Untuk itu hindari menyendiri, meskipun sahabat adalah seorang yang introvet, setidaknya sampai sahabat sudah saling mengenal dengan seluruh rekan kerja disana, dan sudah mengerti suasana dan menyatu dengan lingkungan kerja baru sahabat.

Demikianlah beberapa cara berbaur di tempat kerja baru, agar sahabat bisa dengan cepat beradaptasi dan tidak di cuekkin rekan kerja yang ada disana.