Strategi Investasi Tanah Agar Untung Besar

 Seperti kita ketahui, investasi tanah merupakan salah satu metode investasi yang cukup klasik, yang sudah lama dilakukan oleh masyarakat. Karena terbukti banyak yang berhasil meraih keuntungan yang cukup besar dengan rajin melakukan investasi tanah.

Untuk itulah pada kesempatan ini saya tertarik untuk mengulas bagaimana strategi investasi tanah agar untung besar. Karena menurut saya pribadi, investasi tanah ini adalah salah satu cara investasi yang terbaik dibandingkan yang lain.

Ya walaupun memang untuk mendapatkan untung yang besar dari investasi tanah ini juga diperlukan waktu yang cukup lama. Tapi saya rasa itu bukanlah alasan untuk tidak melakukannya demi masa depan yang lebih baik kelak.

Strategi Investasi Tanah Agar Untung Besar

investasi tanah

1. Pilih Lokasi Yang Strategis

Berbeda dengan investasi yang lain seperti investasi emas. Faktor lokasi, merupakan faktor utama yang paling menentukan apakah investasi tanah sahabat akan berhasil atau tidak kedepannya. Karena dengan berinvestasi di lokasi yang strategis maka tentu perkembangan harga tanah tersebut juga akan sangat cepat.

Jadi, sebelum sahabat membeli tanah, faktor lokasi ini harus difikirkan dan di pertimbangkan dengan matang, apakah memang benar - benar strategis dan apakah kedepannya bakalan ramai oleh penduduk.

Ciri ciri lokasi tanah yang strategis :
  • Dekat dengan simpang 4
  • Dekat dengan fasilitas umum seperti perkantoran, pasar, rumah sakit, pelabuhan ,dll
  • Masuk dalam rencana pelebaran jalan / gang
  • Dipinggir jalan raya

2. Membeli Dengan Cara Di Cicil

Membeli tanah dengan cara di cicil ini merupakan salah satu strategi investasi tanah yang sangat menguntungkan, karena dengan di cicil maka tentu pembayarannya tidak terlalu berat dan bisa di bayar setiap bulan.

Pengalaman dari beberapa teman saya, mereka sering melakukan negosiasi pembayaran ini langsung ke si penjual, dan alhamdulillah, banyak diantara teman saya yang bisa membeli tanah dengan cara dicicil ini.

Yang terpenting jangan malu aja untuk melakukan negosiasi bahwa ingin membayarnya dengan dicicil, maka suatu saat pasti ketemu koq dengan penjual tanah yang mau.

3. Mencari Tanah Dengan Harga Yang Murah

Mencari tanah dengan harga murah dilingkungan yang strategis memang tidaklah mudah, tapi bukanlah hal yang mustahil koq sahabat. Asal sabar biasanya nanti ada saja yang menjual tanahnya dengan harga di bawah pasaran, terutama mereka yang sedang butuh uang cepat ataupun mau pindah keluar kota.

Namun demikian, untuk mendapatkan harga murah ini harus extra sabar dan harus menyiapkan uang cash yang cukup besar. karena biasanya tanah dengan harga murah ini, para penjualnya minta dibayar secara cash.

Atau sahabat bisa juga membeli tanah murah di desa atau tempat yang masih terbilang sepi namun memiliki potensi untuk berkembang, biasanya harganya jauh lebih murah.

4. Membeli Tanah Kebun

Salah satu kelebihan memeli tahan kebun untuk investasi adalah, biasanya harganya cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga di daerah pemukiman. walaupun memang biasanya lokasinya sedikit agak jauh, Tapi gak masalah kog, untuk investasi jangka panjang ini sangat menjanjikan.

Karena tidak menutup kemungkinan tanah kebun tersebut dalam beberapa tahun kedepan menjadi tanah pemukiman, terutama di daerah yang petumbuhan penduduknya sangat cepat.

Untuk itu, sebelum membeli tanah kebuh tersebut, sahabat bisa cari informasi terkait di lokasi tersebut akan ada program apa dari pemerintah daerah, bisa dilihat di internet atau bertanya langsung ke orang yang bekerja di pertanahan atau anggota DPRD.

5. Membeli Tanah Kavlingan

Membeli tanah kavliangan juga salah satu cara investasi tanah agar untung besar, karena umumnya harga tanah kapilingan masih terbilang sangat murah dan bisanya dijual dengan cara kredit.

Namun demikian, faktor lokasi juga tetap harus sahabat pertimbangkan dalam membeli tanah kavlingan agar bisa cepat dapat untung nantinya.

6. Membeli Tahan Di Lokasi Yang Berpotensi Pemekaran Daerah Administratif

Terutama di daerah kalimantan, yang perbandingan antara lokasi dan jumlah penduduknya masih sangat timpang, seiring berjalannya waktu sering kali dilakukan pemekaran daerah administratif seperti desa, ataupun kecamatan baru.

Nah, lokasi seperti ini sangatlah strategis untuk sahabat berinvestasi tanah. Karena begitu diadakan pemekaran kelak, maka harga tanah di lokasi tersebut akan langsung melonjak tinggi dibandingkan dengan harga sebelumnya.

Namun demikian untuk mendapatkan informasi semacam ini, tentu tidaklah mudah, harus banyak bergaul dan mencari relasi yang bergelut dibidang kepemerintahan.

Demikianlah cara investasi tanah agar untung besar. Baca juga artikel saya sebelumnya tentang investasi jangka pendek