Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Investasi Emas Agar Untung Bagi Pemula

Tahukah sahabat, cara investasi emas saat ini tak hanya bisa dilakukan secara offline dengan cara membeli melalui toko emas saja lho. Melainkan saat ini banyak kemudahan dalam cara investasi emas, karena bisa dilakukan secara online melalui aplikasi platform digitial yang sudah memiliki izin untuk jual beli emas.

Dengan kemudahan semacam ini, tentu sangat disayangkan kalau sahabat tidak ikut ambil bagian dalam investasi emas yang terbukti menjadi instrumen investasi yang sudah turun temurun sejak dulu kala.

Tapi bagaimana cara investasi emas agar untung bagi pemula? yuk kita simak ulasannya dibawah ini:

Cara Investasi Emas Agar Untuk Bagi Pemula

investasi emas

1. Investasi Emas Batangan

Investasi emas batangan ini adalah yang paling menguntungkan dalam investasi emas, karena kemurnian emasnya yang terjaga dibandingkan dengan emas perhiasan. Apalagi emas batangan ini biasanya langsung di jual oleh perusahaan yang memproduksi emas batangan seperti ANTAM,  sehingga kualitasnya sangat terjaga dan dilengkapi dengan sertifikat keasliannya.

Berikut cara investasi emas batang agar untung :
  • Membeli emas batangan dari perusahaan yang sudah populer seperti ANTAM
  • Beli saat harga emas sedang turun
  • Beli emas batangan dengan ukuran yang tidak terlalu besar

2. Investasi Emas Di Pegadaian

Yang menarik dari investasi emas di pegadaian adalah, sahabat tidak perlu membeli emas secara langsung melainkan bisa dicicil ataupun melalui program tabungan emas sehingga lebih aman.

Apalagi untuk menabung emas dipegadaian juga tak perlu datang langsung ke pegadain karena bisa dilakukan secara online melalui aplikasi pegadaian digitial, tentu akan semakin menambah kemudahan sahabat dalam berinvestasi.

  • Daftar tabungan emas pegadain 
  • Daftar aplikasi pegadaian digital
  • Beli emas pada saat harga murah
  • Jual pada saat harga emas sedang tinggi

3. Investasi Perhiasan Emas

Meskipun terbilang jadul, cara investasi emas yang satu ini juga masih menjadi favorit, terutama bagi ibu-ibu rumah tangga dan para perempuan. Karena dengan cara ini, selain untuk investasi, emas perhiasan juga bisa dipakai untuk menambah cantik penampilan.

Jadi selama masih belum butuh uang, maka selama itu pula emas bisa digunakan sebagai perhiasan, sehingga kegiatan investasi terlihat menyenangkan.

Namun demikian, sahabat harus jeli dalam investasi perhiasan emas ini, karena perhiasan yang dijual di toko emas tersebut memiliki kadar emas yang berbeda beda, jadi jangan sampai salah pilih.

Cara Investasi Perhiasan Emas Yang menguntungkan :
  • Beli emas perhiasaan dengan kadar emas 24 karat
  • Beli perhiasaan emas dalam bentuk kalung, atau cincin agar tidak terlalu mencolok saat dipakai
  • Beli pada saat harga emas sedang murah
  • Jual emas pada saat harga sudah naik minimal 50 %

4. Investasi Emas Di Bank

Layaknya di pegadaian, saat ini hampir di semua bank juga melayani program investasi emas dengan cara menabung emas, seperti di bank bca, mandiri bahkan di bank syariah indonesia juga sudah ada program tabungan emas ini.

Jadi jika sahabat tidak ingin repot dalam investasi emas, maka sahabat bisa memilih menabung emas di bank yang sahabat sukai.

Cara investasi emas di bank :
  • Pilih bank yang menurut sahabat memiliki layanan terbaik
  • Baca dan pahami program tabungan emas yang mereka tawarkan
  • Tentukan jangka waktu menabung dan target yang ingin sahabat capai dari investasi di bank
  • Jual pada saat targetnya sudah tercapai

5. Investasi Emas Di Marketplace Indonesia

Tak mau ketinggalan dengan yang lainnya, marketplace indonesia juga menawarkan investasi emas dengan cara menabung. dimana dari data yang saya dapat untuk shopee dan tokopedia bekerja sama dengan pihak pegadaian, sedangkan untuk bukalapak langsung bekerja sama dengan PT. ANTAM.

Jadi nanti, setiap tabungan emas sahabat yang dibeli melalu market place akan dititipkan di perusahaan yang menjalin kerjasama dengan mereka sehingga terbilang sangat aman.

Keuntungan lain investasi di marketplace ini biasnya sering ada promo murah dan diskon harga emas, sehingga bisa lebih cepat untung.

Demikianlah cara investasi emas agar untung bagi pemula, semoga bermanfaat buat sahabat yang membaca artikel ini.