Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Investasi Jangka Panjang Yang Wajib Anda Miliki

 Kenapa investasi jangka panjang wajib dimiliki setiap orang. Jawabnya karena untuk memperisapkan masa depan dan masa tua nanti, yang penuh dengan ketidakpastian. Dengan memiliki investasi jangka panjang, maka kelak ketika tubuh tak kuat lagi buat bekerja, serta tenaga sudah tak sekuat dulu lagi, namun sahabat masih memiliki aset yang bisa digunakan untuk menyambung hidup kelak.

Untuk itu, memiliki investasi jangka panjang ini harus bisa di usahakan sekuat tenaga, walupun sulit memang bagi kita yang mungkin punya penghasilan yang pas-pasan, namun tetap harus diusahakan, agar bisa memiliki masa depan yang lebih baik kelak.

Tapi investasi jangka pajang apa yang wajib dimiliki tersebut? yuk simak ulasannya di bawah ini:

Investasi Janga Panjang Yang Wajib Anda Miliki

Investasi Jangka Panjang

1. Investasi tanah

Investasi tanah ini adalah yang paling utama harus sahabat miliki. Kenapa? karena setiap tahun harga tanah akan selalu meningkat, seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat. 

Jadi, jika sahabat tidak segera berinvestasi tanah, maka suatu saat sahabat akan kesulitan untuk membeli tanah yang sudah sangat mahal harganya.

Terutama buat sahabat yang mungkin masih tinggal di daerah yang belum begitu ramai, saatnya buat sahabat untuk membeli tahan, karena harganya yang masih cenderung murah. beli sebanyak-banyaknya. Saya yakin dalam jangka 10 s/d 20 tahun kedapan, maka harga tanah tersebut akan berkali-kali lipat dari harga pada saat sahabat beli.

Selain itu, tanah juga bisa digunakan untuk berkebun ataupun beternak, sehingga bisa menghasilkan kegiatan yang produktif.

2. Investasi Property / Rumah

Sama halnya dengan tanah, investasi property merupakan salah satu investasi yang tidak pernah rugi. Karena harga dari tahun ketahun tidak pernah mengalami kerugian dan cenderung naik setiap tahunnya.

Untuk itu sahabat juga wajib memliki investasi property ini, buat simpanan jangka panjang sahabat kelak, ketika tidak punya penghasilan lagi.

Tapikan harga property mahal banget?

Solusinya adalah, sahabat bisa membeli KPR subsidi yang pembeliannya bisa dicicil setiap bulan, sehingga tidak begitu memberatkan dan masih bisa diusahakan setiap bulannya dengan bekerja sampingan.

3. Investasi Kos-kosan

Jika sahabat punya modal lebih, maka investasi jangka panjang yang harus sahabat miliki adalah kos-kosan, atau rumah kontrakan. Kenapa? karena selain sebagi investasi, kos-kosan juga bisa dijadikan sumber penghasilan setiap bulannya.

Sehingga pada saatnya nanti sahabat tidak bekerja, maka sahaba masih memiliki sumber penghasilan yang cukup untuk bertahan hidup.

Apalagi jika sahabat bisa membangun kos-kosan dalam jumlah yang cukup banyak, maka penghasilannya juga akan lebih dari cukup dari gaji sahabat saat ini.

Ya, walaupun memang kendala utamanya adalah di modal. Namun setidaknya dengan memiliki niatan untuk berinvestasi, sahabat selalu memikirkan jalan untuk berinovasi dan mempersiapkan masa depan.

4. Investasi Tabungan Pensiun

Investasi tabungan pensiun juga sangat penting untuk sahabat miliki, karena sangat berguna pada saat tiba masa pensiun kelak. Dimana jika sahabat mengikuti program tabungan pensiun dari sekarang maka tidak terasa dana yang dikumpulkan kelak akan cukup besar.

Dana pensiun ini juga bisa berguna sebagai modal usaha, jika nanti sudah tidak bekerja di perusahaan, agar bisa bekerja mandiri dengan hasil yang memuaskan.

Namun demikian, sahabat harus hati-hati dalam memilih program dana pensiun, pastikan program dana pensiun tersebut berasal dari perusahaan-perusahaan yang sudah terpecaya. Atau alangkah baiknya kalau sahabat bisa menyiapkan tabungan pensiun secara pribadi.

5. Investasi Saham

Selain sebagai investasi jangka pendek, investasi saham juga bisa dijadikan investasi jangka panjang dengan memilih saham-saham perusahaan yang terbukti harga sahamnya selalu tumbuh dari tahun- ketahunnya.

Seperti yang pernah dilakukan oleh Lo Kheng Hong yang terkenal sebagai Warren Buffett-nya indonesia, beliau membeli saham dalam jangka waktu yang cukup panjang, bahkan hingga puluhan tahun sebelum akhirnya dia jual dengan keuntungan ribuan persen. Tentu dengan memilih perusahaan dengan sahamnya yang selalu tumbuh.

Untuk pilihan saham jangka panjang sendiri sangat banyak sekali, dan juga bisa dilihat dari histori pergerakan harga saham dan juga laporan keuangan dari perusahaan itu sendiri.

Demikianlah investasi jangka panjang yang wajib sahabat miliki, untuk perisapan masa depan yang lebih baik kelak.

Artikel terkait : Ciri ciri investasi bodong