Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang? Coba Tips Berikut

 Sahabat ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang? Tenang, sahabat tidak sendirian. Karena hal tersebut adalah masalah sejuta umat manusia di dunia ini. Apalagi di era sekarang, dimana harga kebutuhan pokok semakin meningkat sedangkan sumber penghasilan semakin sulit. Jadi wajar saja kalau ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang.

Namun demikian, bukan berarti sahabat harus pasrah dan diam berpangku tangan saja, karena hutang tetap suatu kewajiban yang harus dibayarkan dengan segara, mengingat orang yang meminjamkan uang terhadap kita juga terkadang sangat memerlukannya.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tips tentang beberapa hal yang harus sahabat lakukan agar keinginan melunasi hutang bisa segera tercapai walaupun mungkin saat ini sedang tidak punya uang.

Apa saja tipsnya? yuk kita simak.

TIps Bagi Yg Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang


1. Berdoa Dengan Sungguh-Sungguh Kepada Tuhan

Jangan pernah sepelekan doa, Karena doa inilah salah satu cara kita berkomunikasi dengan tuhan tentang segala keluh kesah dan apa yang sedang kita alami. Walaupun sebenarnya  Tuhan maha mengetahui terhadap apa yang terjadi di diri kita dan dunia ini. Namun tetap saja, dengan berdoa akan membuat kita lebih tenang dan tegar dalam menghadapi semua hal yang sedang kita alami.

Bagi yang beragama Islam, doa adalah perintah dari pada ALLAH Swt di dalam Al-Qur'an surat Al-Muminin ayat 60 yg berbunyi " Berdoalah kepadaku niscaya akan keperkenankan bagimu".

Diayat tersebut ada jaminan dari ALLAH, kalau kita berdoa dengan sungguh - sungguh dengan menjaga adab dan keyakinan kita kepada ALLAH, maka akan ALLAH perkenankan.

2. Bertaubat Atas Segala Dosa

Disadari atau tidak. sebenarnya segala musibah yang terjadi terhadap diri kita, termasuk hutungan itu sendiri, sebenarnya akibat dari dosa dosa yang telah kita lakukan, yang mana kita belum taubat dan mohon ampun terhadap dosa tersebut.

Sesuai dengan Firman Allah dalam Al-Qur'an Surat As Syura ayat 30 :“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” 

Maka sangatlah jelas, kalau kita selalu hiudp kesusahan dan penuh dengan cobaan, segeralah bertaubat terhadap segala dosa baik yang kita sadari ataupun yang tidak kita sadari.

3. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika sahabat merasa penghasilan sahabat tidak pernah cukup untuk bisa membayar hutang, karena habis untuk keperluan pokok saja, maka jalan satu-satunya tentu sahabat harus bisa mencari penghasilan tambahan.

Tapi mau kerja apa? waktu saya habis buat kerja seharian?

Tengan aja sob. saat ini ada banyak sekali jenis kerja sampingan malam hari, yang bisa dikerjakan tanpa menggangu pekerjaan utama. Atau sahabat bisa juga mencoba bisnis online terbaik untuk pemula yang merupakan bisnis / pekerjaan yang bisa dilakukan secara online kapanpun dan dimanapun sahabat mau.

4. Perbanyak Silaturahmi

Bukan hanya untuk mempererat tali persaudaraan. Dengan silaturahmi juga akan membuka pintu-pintu rezeki yang terkadang tidak disangka-sangka. Karena terkadang dengan silaturahmi, disitu kita akan mendapatkan informasi tentang peluang bisnis, ataupun tawaran pekerjaan dari teman yang kita datangi.

Dengan silaturahmi juga akan memperluan relasi dan juga jaringan petamanan yang akan sangat membantu jika sahabat sedang menghadapi masalah.

5. Menekuni Hobi Yang Menghasilkan Uang

Setiap manusia didunia ini, pasti memiliki kecenderungan menyukai sesuatu, atau yang biasa kita sebut sebagai hobi. diantara hobi ini ada yang bisa mendatangkan uang dan ada juga yang justru menghabiskan banyak uang.

Nah, buat sahabat yang memiliki penghasilan pas-pasan, pandailah dalam memilih hobi yang bisa menghasilkan uang, sehingg bisa menghemat pengeluaran dan bisa mendatangkan pundi-pundi penghasilan.

Contoh hobi yang bisa mendatangkan uang seperti : memancing, memilihara tanaman, beternak, dan berkebun.Jangan malas, untuk memanfaatkan waktu luang sahabat setelah bekerja untuk hal-hal yang produktif.

6. Memanfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Becocok Tanam

Memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercook tanam, akan sangat membantu keuangan keluarga, karena nantinya akan mengurangi pengeluran untuk belanja sayur mayur sehari hari seperti tomat, cabai, semua bisa dengan mudah ditanam di pekarangan rumah ataupun dengan menggunakan polibek.

Terlihat sepele, namun jika ditekuni hal ini akan sangat berdampak terhadap perekonomian sahabat lho. Seperti masyarakat pedesaan contohnya. Walaupun mereka tidak memiliki gaji yang besar, namun bisa mencukupi segala kebutuhannya, karena semua mereka tanam sendiri.