Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha Yang Cocok Untuk Pensiunan Pns

Masa pensiun bagi Pns adalah masa dimana penghasilan yang mereka dapatkan tidaklah sebesar pada saat mereka masih aktif sebagai Pns. Itulah mengapa banyak di antara mereka yang mencari usaha yang cocok untuk pensiunan Pns, agar bisa mendapatkan penghasilan yang cukup layak setidaknya hampir sama seperti pada saat berdinas.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini, saya sangat tertarik untuk membahas usaha yang cocok untuk pensiunan pns, semoga bisa memberikan sedikit gambaran jika sahabat nantinya sudah pensiun ataupun buat bapak atau ibu Pns yang saat ini sudah pensiun, maka bisa mencoba salah satu usaha yang cocok untuk pns yang akan saya bagikan ini.

Tenang aja, usaha yang akan saya bagikan ini tidaklah terlalu menguras tenaga, sehingga bisa dikerjakan oleh siapapun termasuk bagi bapak ataupun ibu pensiunan pns. Apa saja usaha tersebut? yuk langsung saja kita simak.

Usaha Yang Cocok Untuk Pensiunan Pns

usaha yang cocok untuk pensiunan pns

1. Usaha Warkop

Usaha warkop adalah salah satu usaha yang cocok buat pensiunan Pns, karena sembari berwirusaha, bapak atau ibu masih bisa menikmati masa pensiun dengan melayani tamu di warkop sambil bersantai di sana.

Karena usaha warkop ini tidaklah butuh tenaga ektra dalam mengelolanya dan juga sangat mudah untuk di jalankan, jadi saya yakin bapak atau ibu pensiunan pasti bisa mengembangkan usaha warkop dengan baik.

Untuk potensi usaha warkop ini mah, saya rasa gak perlu ragu, karena sampai saat ini kopi masih menjadi minuman favorit di seluruh dunia, termasuk di indonesia, jadi usaha warkop ini sangat mungkin untuk di kembangkan menjadi usaha yang besar nantinya.

2. Buka Toko Baju Muslim

Buka toko baju muslim juga sangat cocok untuk para pensiunan Pns, karena tidaklah membutuhkan tenaga lebih dalam mengelola usaha ini, dan memiliki potensi penghasilan yang cukup besar, karena negara indonesia sebagai negara dengan umat islam terbesar di dunia, maka kebutuhan akan baju muslim dan muslimah sangat besar.

Apalagi jika menjelang bulan ramadhan dan juga lebaran, maka toko baju muslim ini selalu di serbu oleh masyarakat yang umum selalu menggunakan pakaian baru menjelang hari raya lebaran ataupun pada saat mudik lebaran.

Untuk itulah, usaha ini sangat layak untuk di pertimbangkan, karena potensi pasarnya masih sangat besar yang jika dikelola dengan baik bisa menjadi sumber penghasilan yang memuaskan.

3. Usaha Ternak 


Usaha yang cocok untuk pensiunan pns selanjutnya adalah usaha ternak seperti ternak ayam, bebek dan lain sebagainya. Karena usaha ini bisa dijalankan di halaman belakang rumah sehingga sangat cocok untuk mengisi waktu senggang di pagi dan sore hari.

Selain itu, kebutuhan akan hewan ternak seperti ayam dan bebek sangatlah tinggi di pasaran, sehingga untuk menjual hasil ternak itu tidaklah sulit, asalkan usaha ternak yang bapak atau ibu jalankan bisa bekembang biak dengan baik

Terutama untuk ternak ayam kampung atau ayam broiler yang memang merupakan makanan paling favorit di masayarakat indonesia.

4. Usaha Waralaba

Jika bapak dan ibu mempunyai modal lebih, maka bapak dan ibu bisa mencoba usaha waralaba seperti alfamart dan indomaret yang merupakan salah satu usaha waralaba yang sangat sukes dimana gerainya hampir ada di setiap penjuru wilayah indonesia.

Hanya saja, untuk berinvestasi di usaha waralaba seperti alfamart dan indomaret ini di perlukan modal yang tidak sedikit, jadi akan cukup menguras kantong bapak dan ibu sekalian. Namun dengan imbal hasil yang juga cukup menjanjikan, karena jarang sekali gerai alfamat dan indomaret yang tidak sukses.

5. Usaha Kebun Kelapa Sawit

Usaha kebun kelapa sawit juga sangat cocok untuk para pensiunan Pns, karena usaha ini bisa memberikan penghasilan yang cukup menggiurkan, terutama pada saat harga kelapa sawit sedang tinggi.

Selain itu usaha ini juga terbilang usaha jangka panjang, dimana umur kelapa sawit bisa mencapai hingg 25 tahun, sehingga bisa memberikan penghasilan yang cukup lama selain dari uang pensiaun bapak itu semua.

Untuk masalah perawatan dan memanen mah, bisa membayar orang lain sehingga bapak dan ibu tidak perlu turun tangan secara langsung.

6. Usaha Warung Makan

Buat bapak dan ibu yang memiliki keahlian memasak, maka usaha warung makan adalah pilihan yang tepat, karena usaha ini akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat karena merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa di tunda.

Apalagi jika bapak dan ibu bisa mengolah sajian kuliner yang khas yang belum pernah ada di daerah lain sebelumnya, maka usaha warung makan ibu dan bapak akan jadi spesial di mata calon konsumen yang gemar akan kuliner khas yang memiliki rasa yang enak.

Demikianlah beberapa contoh usaha yang cocok untuk pensiunan Pns, semoga bisa memberikan sedikit inspirasi.