Cara Liburan Hemat Bersama Keluarga

Cara liburan hemat bersama keluarga cukup penting untuk di ketahui, karena kita sebagai kepala keluarga tentu harus bisa mengatur keuangan sedemikian rupa agar bisa hemat namun tetap bisa melakukan kegiatan positif bersama keluarga salah satunya seperti liburan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara liburan hemat bersama keluarga agar sahabat tidak perlu takut merencanakan liburan bersama keluarga karena takut kantong bolong dan menguras semua tabungan.

Karena liburan bersama keluarga itu sangatlah banyak manfaatnya, jadi sangat di sayangkan jika harus dilewatkan begitu saja hanya karena sahabat tidak tahu cara liburan hemat bersama keluarga kecil sahabat.

So. Yuk kita simak cara agar bisa hemat saat liburan tersebut:

Cara Liburan Hemat Bersama Keluarga

cara liburan hemat

1. Cari Tempat Liburan Murah Namun Menyenangkan

Cara pertama agar bisa hemat saat liburan adalah sahabat harus mencari tempat liburan murah namun tetap menyenangkan, salah satu contohnya seperti pergi ke pantai, kebun binatang, taman bermain, dan tempat lain yang memiliki suasana dan pemandangan indah namun tidak perlu biaya yang besar.

Jadi, liburan itu gak harus pergi keluar kota dan semacamnya, yang penting sahabat bisa bersantai dan meluangkan waktu bersama keluarga sembari menikmati suasana alam yang indah yang sudah Tuhan ciptakan untuk manusia.

Bila sahabat tidak tahu tempatnya, sahabat bisa cari di pencarian google, disana ada banyak sekali rekomendasi tempat liburan di daerah setempat yang akan di tempilkan oleh google.

2. Jangan Berlibur Di Musim Liburan

Tips liburan hemat bersama keluarga selanjutnya adalah, jangan berlibur di musim liburan. Karena pada saat itu biasanya semua tempat wisata akan menaikkan tarifnya selain itu juga semua transfortasi menuju kesana juga ikut - ikuran naik.

Di tambah lagi, tempat wisata di musim liburan selalu ramai oleh pengunjung sehingga sausana menjadi kurang tenang dan tidak bisa menikmati keindahan alam secara maksimal karena terlalu banyak orang yang datang.

Jadi, jika sahabat merencanakan liburan lebih baik bukan di musim liburan seperti liburan lebaran dan tahun baru, lebih baik mencari hari lain, dimana tidak banyak orang yang berlibur maka pasti sahabat akan jauh lebih hemat dari segi akomodasi nantinya.

3. Siapkan Semua Kebutuhan Dari Rumah

Sudah bukan rahasia umum lagi, harga makanan dan minuman di tempat wisata bisa 2 sampai 3 kali lipat lebih tinggi di bandingkan di tepat biasa. Untuk itu, agar sahabat bisa berhemat saat liburan, sahabat harus sudah menyiapkan semua kebutuhan makan dan minum serta kebutuhan lain dari rumah, sehingga nanti tidak perlu membeli di tempat liburan.

Ya walaupun memang konsekuensinya sahabat harus membawa barang yang lebih banyak. namun tentu itu lebih baik dari pada sahabat harus mengeluarkan baiya yang lebih mahal yang bisa membuat kantong bolong.

4. Cermat Dalam Berbelanja

Disaat liburan terkadang banyak orang yang tidak bisa mengontorol diri untuk membeli barang barang sebagai oleh oleh ataupun kenang kenangan di tempat tersebut. Namun tanpa sadar akhirnya cukup banyak mengeluarkan uang untuk membeli barang barang tersebut.

Untuk itu, pada saat liburan sahabat harus cermat dan bijak dalam berbelanja, dan jangan sampai terlalu boros hanya untuk berbelanja oleh - oleh ataupun kenangan -kenangan. terkecuali memang sahabat sudah punya anggaran khusus untuk liburan. Atau jika sahabat punya penghasilan yang cukup banyak.

5. Persiapkan Biaya Liburan Dari Jauh Hari

Selanjutnya agar sahabat bisa hemat saat liburan, maka sahabat harus menyaiapkan biaya liburan dari jauh - juah hari agar uang yang sahabat gunakan untuk liburan tidak mengganggu uang untuk kebutuhan hidup sahabat sehari hari.

Dan sahabat mempunya anggaran khusus buat liburan, sehingga semua sudah terencana dan tidak membelanjakan uang lebih di luar anggaran. Karena biasanya yang bikin boros adalah tidak ada persiapan biaya khusus, sehingga uang untuk kebutuhan sehari hari juga ikut terpakai.

6. Manfaatkan Tiket Promo

Jika sahabat berencana berlibur ke luar kota, maka agar sahabat bisa berhemat, maka sahabat bisa memanfaatkan promo promo khusus dari agen pariwisata ataupun dari maskapai penerbangan. Karena biasanya setiap tahun akan ada di momen tertentu promo promo tersebut yang akan di keluarkan oleh mereka.

7. Catat Semua Pengeluaran

Yang terakhir, sahabat harus mencatat semua pengeluaran sahabat pada saat liburan, agar sahabat bisa mengetahui dengan pasti jumlah uang yang sudah sahabat keluarkan, sehingga sahabat bisa mengontrol diri pada saat hendak membeli suatu barang.

Karena sudah sifat dasar manusia terkadang terlena dalam mengeluarkan uang, sehingga tidak sadar sudah cukup banyak uang yang di keluarkan apalagi di momen liburan.

Dengan mencatat pengeluaran ini bisa menjadi pengingat yang bagus agar sahabat lebih selektif dalam membeli barang yang dibutuhkan saja.

Demikianlah cara liburan hemat bersama keluarga, semoga bermanfaat dan bisa menjadi pengetahuan baru bagi sahabat yang membaca artikel ini.