Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Pekerjaan Untuk Mahasiswa Yang Masih Kuliah ( Layak Dicoba )

Mendapatkan pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah adalah hal yang sangat penting. Karena selain bisa membantu meringankan beban kedua orang tua dalam membiayai kuliah, bekerja sambil kuliah juga sebagai upaya persiapan jika nanti saatnya tiba di dunia kerja, sudah terbiasa dengan sendirinya.

Hanya saja tidak semua pekerjaan cocok dilakukan sambil kuliah, dan juga tidak mudah untuk menemukan lowongan pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah, karena biasanya cukup banyak persaingan diantara mahasiswa.

Namun sebagai manusia sahabat wajib berusaha, dan kalau rezeki tidak bakalan kemana, kalau sahabat bekerja keras, dan rajin mencari informasi lowongan pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah, maka kalian pasti akan mendapatkannya.

Namun sebelum itu tentu sahabat harus mengetahui lebih dahulu apa saja jenis pekerjaan yang cocok sambil kuliah, agar bisa lebih mudah mencari informasinya. Dan untuk itu saya sudah siapkan daftar pekerjaan part time yang cocok buat kalian.

Pekerjaan Untuk Mahasiswa Yang Masih Kuliah

pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa

1. Content Writer

Ini adalah pekerjaan yang paling cocok buat kalian para mahasiswa. Kenapa? karena selain bisa dikerjakan paruh waktu dirumah, bayaran atau gaji dari seorang content writer juga cukup menjanjikan lho. Dengan catatan pengguna jasa content writer puas dengan hasil tulisan kalian, dan sesuai dengan yang mereka inginkan.

Selain itu pengguna jasa content writer ini semakin hari juga semakin banyak seiring dengan petumbuhan portal berita online, blog , website serta perusahaan perusahaan yang saat ini sudah semakin melek internet dan mengetahui pentingnya promosi melalui media online.

Untuk menjadi seorang content writer ini ada 2 cara : 
  • Membuka Jasa Sendiri
  • Bekerja Langsung Dengan Pemilik Blog, Portal Berita dan media online lainnya
Untuk yang point pertama, saya pribadi tidak begitu menyarankan, karena tentu untuk membuka jasa penulisan sendiri minimal sahabat sudah cukup berpengalaman dalam hal memproduksi sebuah tulisan berkualitas sesuai dengan keinginan client.

Untuk itu, lebih baik sahabat mencari pekerjaan sebagai seorang content writer langsung kepada pemilik blog, ataupun website yang sedang membutuhkan penulis tetap, atau bisa juga melamar pekerjaan disitus penyedia jasa content writer. Karena disana biasanya sahabat akan di bimbing dan di beri arahan oleh pemiliknya bagaimana membuat konten yang berkualitas.

2. Editor Blog Atau Youtube

Jika ada yang memproduksi konten, maka tentu harus ada yang melakukan editing sebelum konten tersebut di publikasikan agar hasilnya lebih maksimal dan bisa diterima oleh para pembaca dan penonton setia.

Baik konten tersebut berupa tulisan maupun vidio, semua akan lebih maksimal jika sebelum dipublikasikan harus melalui proses editor dahulu. Untuk itulah pekerjaan sebagai editor ini juga cukup menjanjikan, karena memegang peranan yang cukup penting.

Namun sekali lagi, memang tantangannya adalah bagaimana mendapatkan pekerjaan sebagai editor ini tentu tidaklah mudah, karena selain sahabat harus bisa membuktikan kemampuan sahabat dalam melakukan editing. Sahabat harus juga bisa aktif di forum blogger dan youtuber serta situs freelance seperti : fastwork.id, sribulancer.com ,freelancer.com.

Disana biasanya cukup banyak yang membutuhkan jasa untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, dan tak jarang juga dilakukan kerja sama jangka panjang , jika mereka merasa sahabat adalah orang yang tepat buat mengelola situs mereka.

3. Menjual Foto Di Situs Microstock Photo

Buat kalian yang hobi Photograpy, maka pekerjaan yang cocok untuk kalian adalah menjual foto di situs microstock photo seperti shutterstock.com, Dreamtimes, depositphotos. dll.

Kenapa saya sarankan ini?

Karena disana sistem penjualannya secara digital melalui website mereka, sehingga memungkinkan 1 photo untuk dijual berulang ulang kali, selama ada yang memerluka photo tersebut, sehingga tidak ada istilah basi dari photo yang sahabat upload disana.

Bayarannyapun cukup besar, karena bisanya menggunakan kus Us Dollar, dan biasanya untuk 1 photo yang terjual tak kurang dari $ 1. Lumayan bukan?

4. Membuka Jasa Pengetikan

Nah, selanjtunya pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa yang masih kuliah adalah mebuka jasa pengetikan. Karena saya yakin untuk para mahasiwa sudah terbiasa dengan mengetik dokumen dalam jumlah besar, maka pekerjaan ini sangat layak untuk dicoba.

Karena sepengetahuan saya juga cukup banyak yang membutuhkan jasa pengetikan dokumen ini, baik yang sekala kecil maupun sekala besar. Sahabat bisa cek disitus situs freelance seperti yang saya sebutkan diatas, disana juga cukup banyak yang membutuhkan jasa pengetikan.

5. Membuka Lest Private

Selanjutnya kalian juga bisa membuka lest private, terutama buat kalian yang sudah mahir bahasa inggris, komputer dan juga ahli dalam matematika. Karena biasanya 3 mata pelajaran ini paling banyak dibutuhkan oleh anak anak sekolah SD sampai dengan SMA .

Untuk bisa meningkatkan kemampuannya dengan cepat, biasanya para orang tua rela mengeluarkan uang lebih untuk memasukkan anak mereka ketempat kursus ataupun mecari guru private untuk mengajari anak mereka.

Nah tentu peluan ini juga harus sahabat manfaatkan jika sesuai dengan kahlian kalian.

6. Barista

Mau pekerjaan yang lebih kekinian?

Maka menjadi seorang barista jawabannya. Karena saat ini menkonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup mayoritas masyarakat indonesia, maka pertumbuhan coffeshop juga semakin pesat hampir disuluruh pelosok indonesia.

Dengan pertumbuhan coffeshop ini tentu juga diiringi dengan pertumbuhan profesi barista yang juga semakin banyak diminati.

7. Driver Transportasi Online

Dan buat sahabat yang memiliki kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor, maka saya pikir gak ada salahnya untuk kalian menjadi driver taksi online. karena pekerjaan ini paling mudah dan hasilnya juga lumayan besar, terutama jika mendapatkan banyak penumpang.

Daripada kendaraan hanya digunakan untuk mondar mandir gak jelas, maka lebih baik dimanfaatkan agar bisa mengumpulkan uang buat ditabung ataupun keperluan lainnya.

Demikianlah 7 pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah, semoga bisa bermanfaat buat kalian yang membutuhkannya.