Home » » Tips Penting Dalam Menjalankan Bisnis Networking

Tips Penting Dalam Menjalankan Bisnis Networking

contoh iklan

cara sukses menjalankan bisnis networking terbaru.jpgJika anda adalah pemain baru dalam bisnis networking bisa jadi anda merasa banyak sekali kesulitannya. Sudah mencoba cara yang dilakukan senior anda, tapi masih juga belum membuahkan hasil? 
Sebenarnya bisnis networking sangat mudah dijalankan jika anda tahu hal-hal penting yang harus anda lakukan. 
5 hal berikut ini adalah poin-poin penting yang ingin DutaManis.com bagikan untuk pembaca setia blog ini.
Saya percaya dengan menerapkan tips ini anda dapat memiliki jaringan yang luas dan tentunya sukses dalam bisnis jaringan yang sedang anda bangun.

 5   Tips Penting Yang Perlu Anda Jalankan

1. Mengingat Nama Partner Bisnis Anda

Mengingat nama seseorang memang terlihat sepele, namun hal ini berdampak besar dalam dunia bisnis. 

Sebagai langkah pertama untuk menjalin hubungan baik, mengingat nama dan siapa orang yang anda ajak bicara adalah awal yang baik untuk memperluas jaringan anda. 

Jika memungkinkan, lebih baik lagi jika anda meminta kartu nama agar anda memiliki nomer telphone yang bisa anda hubungi lengkap dengan nama dan tempat orang tersebut bekerja.

Setiap orang pasti ingin diingat namanya oleh orang lain, apalagi di dunia bisnis. Mengingat nama partner bisnis anda akan membuat anda terlihat menghormati mereka dan membuat anda terlihat profesional karena tidak meremehkan hal-hal kecil. Dan hal itu sangat penting dalam bisnis networking.


2. Perhatikan Lawan Bicara Anda

Perhatikan mata lawan bicara anda untuk menunjukkan bahwa anda serius dan memberikan perhatian anda sepenuhnya pada mereka. 

Tentu saja tidak boleh berlebihan karena lawan bicara anda mungkin akan ketakutan dan merasa tidak nyaman jika anda terus memperhatikan mereka setiap detik. 

Tujuan dari tips ini adalah agar anda dapat menunjukkan bahwa anda mendengarkan dan memberikan perhatian penuh anda pada lawan bicara anda, sehingga mereka merasa dihargai dan dihormati.

Selain itu, dengan memandang mata lawan bicara anda, mereka akan merasa bahwa mereka penting untuk anda. Dengan mereka dapat melihat bahwa anda memang serius, maka anda akan mudah mendapatkan network.


3. Hindari Memotong Pembicaraan

Ini adalah hal sepele berikutnya yang kadang beberapa orang melakukan hal ini tanpa mereka sadari. 

Hal ini juga tidak kalah penting dan harus diperhatikan juga, jangan sampai anda memotong pembicaraan lawan bicara anda karena jika mereka melakukan hal yang sama pasti anda juga merasa kesal dan merasa tidak didengarkan.

Walaupun ketika partner bisnis networking anda sedang berbicara dan anda tahu bahwa mereka salah atau anda memiliki pendapat yang berbeda dengan mereka, sebaiknya anda tetap menunggu hingga mereka selesai berbicara. 

Dan setelah itu anda bisa mengungkapkan pemikiran anda pada mereka. Dengan begitu maka komunikasi antara anda dan partner anda akan berjalan dengan lancar.


4. Jaga Komunikasi

Setelah anda berhasil menjalin komunikasi yang baik dengan partner bisnis networking anda, maka anda juga harus tetap menjaga komunikasi dan follow up dari pertemuan pertama anda. 

Dengan ini akan dapat terus berhubungan dengan partner anda tersebut, dan sebelum mereka lupa dengan kesan pertama yang telah anda ciptakan di pertemuan pertama anda, maka sebaiknya tindakan follow up dilakukan tidak lama setelah bertemu.

Usahakan untuk tetap memenuhi janji dan perjanjian yang telah disepakati jika memang ada, seperti contohnya jika anda sudah berjanji akan follow up di hari berikutnya, maka segera lakukan hal tersebut keesokan harinya. 

Dengan itu partner anda dapat melihat anda sebagai orang yang kredibilitasnya tinggi dan dihormati.


5. Tetap Tersenyum

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah senyum. Senyuman dapat menciptakan kesan pertama yang ramah untuk partner bisnis anda. 

Usahakan untuk tersenyum dengan tulus dan tidak terkesan seperti dipaksa, ketika anda berjabat tangan dan berpisah dengan mereka. 

Dengan begitu anda dapat terlihat profesional namun tetap ramah.


Demikian beberapa tips dalam membangun bisnis networking, semoga tips-tips diatas dapat sobat DutaManis.com terapkan dengan mudah dan semakin memperluas jaringan networking anda. 

Salam hangat dan sukses bagi bisnis anda. Semoga tulisan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk berbagi dengan yang lain.

contoh iklan

0 comments:

Post a Comment